wisata tanah paser

Inilah 5 Wisata Tanah Paser Yang Bikin Anda Betah Untuk Kesana

Advertisement

Tanah Paser atau wisata tanah paser adalah ibu kota dari Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Sebelumnya nama ibu kota Kabupaten Paser adalah Tanah Grogot. Perubahan nama dari Tanah Grogot menjadi Tana Paser ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2013.Tanah Grogot yang menjadi tempat kedudukan Ibu Kota Kabupaten Paser sejak tahun 1959, dalam perkembangannya terdapat aspirasi masyarakat setempat yang menginginkan adanya perubahan nama dari Tanah Grogot menjadi Tana Paser. Keinginan perubahan nama dari Tanah Grogot menjadi Tana Paser dilandasi oleh latar belakang arti dan sejarah pemberian nama Tanah Grogot yang menurut masyarakatwisata tanah Paser tidak mengandung arti, asal usul, dan sumber yang jelas, namun masyarakat pada umumnya mengartikan bahwa Tanah Grogot adalah berawal dari aliran sungai.Pemberian nama Tana Paser sebagai pengganti Tanah Grogot dengan alasan bahwa pemberian nama Tana Paser sebagai Ibu Kota Kabupaten wisata tanah Paser tersebut lebih memberikan kepastian berkaitan dengan sejarah dan arti namanya. Tana Paser mengandung arti “Tanah” adalah tempat hidup dan kehidupan, sedangkan “Paser” terdiri atas 2 (dua) suku kata yaitu “Pa” yang berarti terang benderang, cemerlang, kemilau dan kata “Ser” yang mempunyai pengertian keinginan, kemauan, harapan dari hati yang paling dalam. wisata Tanah Paser mengandung filosofi suatu harapan yang lebih baik dari masyarakat Kabupaten Paser dalam kehidupan yang terang benderang, cemerlang, dan kemilau menuju masyarakat agamis, sejahtera, dan berbudaya.

Selanjutnya, berdasarkan aspirasi yang berkembang di masyarakat Kabupaten Paser tersebut, Bupati Paser melalui surat Nomor 135.8/420/Pem.1/XI/2011 tanggal 24 November 2011 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Paser menyampaikan permohonan persetujuan perubahan nama Ibu Kota Kabupaten Paser dari Tanah Grogot menjadi Tana Paser. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Paser telah memberikan persetujuan perubahan nama ibu kota dari Tanah Grogot menjadi wisata Tanah Paser melalui Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Paser Nomor 20 Tahun 2011 tentang Persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Paser terhadap Perubahan Nama Ibukota Kabupaten wisata Tanah paser Grogot menjadi Tana Paser yang ditetapkan pada tanggal 1 Desember 2011.Atas dasar persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Paser, selanjutnya Bupati Paser melalui surat Nomor 135.8/438/Pem.1/XII/2011 tanggal 6 Desember 2011 meneruskan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Paser kepada Gubernur Kalimantan Timur. Selanjutnya, Gubernur Kalimantan Timur melalui surat Nomor 135.8/326/BKPW.B/I/2012 tanggal 18 Januari 2012 menyampaikan usulan kepada Menteri Dalam Negeri mengenai perubahan nama Ibu Kota Kabupaten Paser dari Tanah Grogot menjadi Tana Paser.

Salah satu provinsi yang tak boleh kamu lewatkan saat traveling adalah Kalimantan Timur (Kaltim). Samarinda adalah ibu kota dari provinsi ini yang bisa kamu akses dengan sangat mudah melalui berbagai moda transportasi. Jangan ngaku traveler hits deh, kalau belum pernah menikmati keindahan destinasi wisata tanah paser yang ada di Kaltim. Ya, berbagai destinasi menarik bisa kamu jumpai di sini, mulai dari liburan budaya kearifan lokal masyarakat hingga ‘surga’ wisata air yang tidak terkalahkan. Bahkan beberapa di antaranya menyaingi keindahan Bali lho.Nggak usah mikir dua kali lagi untuk liburan ke Kaltim, intip aja nih 25 bukti wisata tersembunyi Kaltim yang sangat menakjubkan, sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (23/9). Dijamin bakal bikin kamu takjub!

Pulau Derawan

Wisata tanah paser yang pertama adalah pulau derawan, mendengar nama Derawan sudah pasti terbayang hamparan laut biru jernih dan panorama bawah laut yang luar biasa indah. Disini kita bisa bermain bebas dengan penyu yang berlalu lalang di tepian pantai dan jika kita beruntung akan bertemu dengan gerombolan pari manta loh guys.

wisata tanah paser
Pulau Derawan

Jangan takut masalah akomodasi, di Derawan telah tersedia banyak penginapan mulai dari homestay yang disediakan oleh warga hingga resort mewah yang memiliki view dan dermaga yang langsung terhubung dengan laut, semua dapat disesuakan dengan budget kamu.

Pulau Kakaban

Pulau Kakaban letaknya tidak terlalu jauh dari pualu Derawan memliki luas 774,2 hektar ini memiliki keunikan yang sangat tersohor diantara wisatawan mancanegara. Terdapat sebuah danau purba dengan luas 5 km persegi yang bernama danau Kakaban. Danau ini semakin terkenal karena memiliki air payau.

wisata tanah paser
Pulau Kakaban

Air payau ini terbentuk dari rembasan air laut yang terperangkat di danau yang bercampur dengan air tanah dan air hujan. Satu lagi yang menjadikan Kakaban sebagai destinasi keren di Kalimantan Timur yaitu terdapat ubur-ubur tanpa sengat yang hidup di danau Kakaban. Kita bisa berenang bebas dengan ribuan ubur-ubur tanpa takut tersengat racun yang biasanya dimiliki oleh ubur-ubur di laut. Keunikan seperti ini hanya ada dua di dunia loh. Danau air payau dan ubur ubur tidak bersengat hanya dapat kamu jumpai di Palau, Mikronesia dan Kakaban, Indonesia.

Pulau Maratua

Pulau yang masih berada dalam gugusan kepulauan Derawan ini juga tidak kalah keren. Pualu ini masih sepi dan sangat jarang dikunjungi, sangat cocok bagi kamu yang ingin berbulan madu dengan pasangan atau sekedar menikmati keindahan pantai dan laut tanpa ingar-bingar.

wisata tanah paser
Pulau Maratua

Sayang rasanya saat berkunjung ke Kalimantan Timur .Tanpa menyempatkan diri mampir ke Maratua. Maratua menjadi surga bagi para penyelam yang mengagumi keindahan bawah laut. Bagaimana tidak, perairan laut maratua menawarkan cukup banyak spot keren yang membuat penyelam betah berlama-lama di dalam laut. Di pulau yang sangat indah ini kamu dapat dengan mudah bertemu cumi-cumi, lobster, gurita, kuda laut dan banyak lagi yang lain.

Danau Labuhan Cermin

Satu lagi tempat wisata keren di Kalimantan Timur yang sedang hits dikalangan pemburu keindahan alam. Danau yang terletak di Biduk-biduk, Kabupaten Berau ini baru saja diperkenalkan sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia. Kendati masih baru diperkenalkan namun karena keindahannya, sudah banyak wisatawan yang rela jauh-jauh datang ke kalimantan Timur untuk mampir ke Labuan Cermin.

wisata tanah paser
Danau Labuhan Cermin

Untuk mencapainya, kita harus menempuh perjalanan berjam-jam yang melelahkan. Namun jangan khawatir, sesampainya disana kita akan disajikan sebuah pemandangan luar biasa indah. Yang membuatnya istimewa adalah kejernihan air yang trdapat di danau ini membuat perahu yang berada diatasnya terlihat seperti melayang. Selain itu, danau ini memiliki dua rasa air yang berbeda yaitu air tawar di permukaannya dan air asin di bagian bawah danau. Biota yang hidup di dalamnya juga berbeda sesuai dengan jenis airnya. Di permukaan hidup ikan air tawar dan di bawah danau hidpu ikan laut.

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah ini terletak di Bontang, Kaltim, lebih tepatnya di Selat Makassar. Untuk mencapai tempat wisata ini, setidaknya Anda akan membutuhkan waktu kira-kira sekitar 3 jam dari Samarinda. Meski jauh, tapi perjalanan yang lama tersebut akan terpuaskan ketika Anda melihat keindahan Pulau Beras Basah.

wisata tanah paser
Pulau Beras Basah

Pemandangan pasir putih dan air jernih kebiruan akan membuat Anda melupakan perjalanan panjang menuju ke sini. Anda juga akan disambut oleh sebuah mercusuar tinggi yang sudah tak terpakai. Keindahan pulau ini tak hanya sebatas pasir putih dan panorama pantainya, alam bawah laut Pulau Beras Basah tak bisa dilewatkan.

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.