Inilah 6 Wisata Demak Yang Bikin Liburan Anda Sangat Romantis

demak

Demak merupakan sebuah kota kecil yang ada di bagian utara Semarang. Demak yang dikenal juga dengan nama kota wali ternyata mempunyai beraneka macam obyek wisata mulai dari wisata sejarah sampai dengan wisata alam dan wisata yang lainnya. Di bawah ini adalah beberapa obyek wisata yang ada di Demak dan sekitarnya yang patut anda kunjungi. Demak merupakan kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Menyimpan keindahan Alam yang tak kalah dari daerah yang lain.Demak juga  terkenal dengan sebutan Kota Wali.  Ada begitu banyak objek wisata yang dapat dikunjungi di Kota Demak ini.Kabupaten yang berlokasi di pesisir utara provinsi Jawa Tengah ini mempunyai potensi wisata yang begitu beragam. Mulai dari wisata alam, kuliner, religi dan masih banyak lagi yang dapat anda jelajahi.

Kota Wali ini berdekatan dengan destinasi wisata lainnya seperti Kudus, Jepara, dan Semarang. Dengan begitu,  jika anda sudah merasa puas mengunjungi Kota Wali ini.Anda bisa melanjutkan perjalanan ke objek wisata didaerah lain yang berdekatan. Akses jangkauan kota Demak pun sangat mudah. Dengan menggunakan perjalanan darat, anda dapat mengelilingi destinasi wisata yang berada di Kabupaten Demak.

Mesjid Agung Demak

Tempat wisata demak pertama yang wajib dikunjungi ketika berada di Demak adalah masjid Demak yang merupakan peninggalan wali songo dan juga Sultan Fatah. Arsitektur bangunan yang usianya sudah mencapai lebih dari setengah abad ini banyak memberi inspirasi untuk bangunan tempat ibadah serupa di seluruh pelosok nusantara. Filosofi bangunan ini begitu bermakna. Memilik 3 trap atap yang merupakan simbol islam, iman dan ihsan. Di ruang utamanya ada 4 soko guru yang dibuat wali songo. Ada 8 tiang penyangga serambi masjid yang diberikan Raja Majapahit (ayah Sulan Fatah).

wisata
Mesjid Agung Demak

Demak merupakan kota  yang identik dengan islam, hal itu dikarenakan kota ini menjadi salah satu kota dengan penyebaran agama Islam. Bukti peninggalan islam pada saat masa itu adalah masjid ini. Masjid merupakan masjid tertua yang ada di Indonesia.  Letak masjid ini ada di Desa Kauman, kelurahan Bintoro, kecamatan Demak. Dahulu masjid ini dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para wali Allah SWT untuk membicarakan soal Islam. Masjid ini begitu karismatik dan memiliki gambar seperti bulus. Gambar bulus itu memiliki makna, dimana kepala bulus diibaratkan sebagai angka satu, memiliki empat kaki berarti empat, badan bulus memiliki makna angka 1 dan ekor bulus adalah angka 1. Jika digabungkan menjadi angka 1401. Tahun 1401 Saka menjadi tahun dimana masjid ini didirikan.

Makam Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga yang terkenal sebagai salah satu wali penyebar ajaran islam di tanah Jawa ini makamnya berada dekat dengan Masjid Agung Demak (daerah Kadilangu). Cara penyebaran ajaran islam yang dilakukan sangat bijak, beberapa diantaranya adalah lewat tembang-tembang Jawa serta seni wayang. Sunan Kalijaga adalah salah satu sunan yang sangat disegani oleh masyarakat kala itu, dia meninggal di Demak. Makam ini sering dikunjungi oleh peziarah dalam berbagai wilayah di Indonesia aterutaam yang beragama islam.

wisata
Makam Sunan Kalijaga

Sayangnya bagi peziarah yang ada disini harus mentaati peraturan yang ada disana. Peziarah yang datang ke makam untuk ziarah dilarang untuk menggunakan dan membawa benda pusaka. Jika nekat membawa benda pusaka, benda pusaka yang dibawa peziarah untuk datang ke makam Sunan Kalijaga tersebut akan hilang kesaktiannya. Oleh sebab itu bagi peziarah yang membawa benda kesaktian atau benda pusaka di Makan Sunan Kalijaga sebaiknya menitipkannya di pos satpam. Hilangnya kesaktian benda pusaka yang dibawa oleh pengunjung itu adalah Ki Empu Suro adik ipar dari Sunan Klaijaga. Dulunya Empu Suro memiliki tugas untuk membuat senjata ampuh dana sakti yang digunakan oleh raja raja yang ada di Jawa

Museum Mesjid Agung Demak

Tempat ini lokasinya ada di utara Masjid Agung. Di sini terdapat beragam peninggalan diantaranya adalah serat-serat dan kitab yang ditulis oleh para wali, bedug, pintu asli masjid ketika awal pembangunan, gentong dari Campa, miniatur masjid, serta ilustrasi bentuk masjid sejak 500 tahun lalu sampai dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada bangunan tersebut (setelah renovasi). Museum Masjid Agung Demak ini bisa terlihat dari jalur pejalan kaki yang ada di luar masjid Demak. Di selatan dari Museum ini, pengunjung bisa melhat tempat wudhu yang dilingkari oleh pagar dan juga rantai.

wisata
Museum Mesjid Agung

Tempat wudhu jaman dahulu seringnya berbentuk kolam dan bisa digunakan untuk bersama sama. Kolam tersebut diberikan pagar dan rantai agar tidak ada pengunjung yang menyentuh air kolam tersebut. Hal itu dikarenakan air kolam tersebut masih ada. Museum ini tidaklah terlalu luas, di bagian tengah museum teapat soko asli hasil peninggalan dari guru masjid yang asli. Ada beragam koleksi yang bisa pengunjung temukan disini diantaranya adalah koleksi kita suci kuno alquran lengkap 30 juz, koleksi kitab tersebut berada di dalam lemari kaca dan kondisinya masih bagus. Koleksi lainnya adalah koleksi kayu tiang taal yang dibuat oleh Sunan Kalijaga, Kap Lampu peninggalan Paku Buwono dan masih banyak lagi koleksi lainnya.

Pantai Morosari

Tempat wisata yang seirng dikujunjungi oleh wisatawan adaalah pantai. Demak pun memiliki tempat wisata pantai yang indah. Tempat wisata di Demak yang indah tersebut adalah Pantai Morosari. Pantai ini berlokasi di Sayung dan mempunyai panorama indah dengan deretan hutan mangrove di dekatnya. Mirip sekali seperti Pantai Marina Semarang, akan tetapi lebih sepi wisatawan. Biasanya pantai ini akan ramai pada seminggu setelah idul fitri. Karena adanya tradisi syawalan dengan mengadakan lomba perahu dayung serta sedekah laut.

wisata
Pantai Morosari

Lokasi wisata ini sangat strategis dimana berjarak kurang lebih 3 km dari jalan raya. Tepatnya pantai ini lokasinya ada di Jalan Raya Semarang Demak km 9. Rutenya dimulai dari Jembatan Sayung dari arah Semarang menuju ke Demak belok kiri menyusuri sungai ke arah utara sepanjang 4 km. Pantai ini memiliki panorama yang indah terutama saat sore menjelang malam hari. Sebaiknya jika ingin mengunjungi tempat wisata demak ini saat sore hari atau pagi hari. Di siang hari lokasi wisata ini sangat panas. Berbeda dengan sore hari dan juga pagi hari dimana udara di pantai ini berubah menjadi sejuk.

Makam Raja Demak

Memang Demak merupaka kota yang penuh sejarah dan juga penuh dengan hal yang bebrau agamis. Tempat wisata selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai wisata budaya dan sejarah adalah Makam Raja-raja Demak. Letaknya di bagian utara Masjid Agung, tepatnya Desa Kauman, Demak. Makam yang ada di sini antara lain adalah Makam Pangeran Trenggono, Raden Patah, Syekh Maulana Maghribi, sampai dengan Arya Penangsang.

wisata
Makam Raja Demak

Ketika anda masuk ke dalam Masjid anda kan menemukan serambi yang berada di kolam untuk tempat wudhu.  Serambi itu ada lorong penghubungnya, lorong itu disertai dengan dua belokan. Jika anda mengambil arah kanan, anda akan berjalan menuju ke Museum Masjid Agung. Jika anda mengambil arah kiri, anda bisa menemukan makam raja raja Demak jaman dahulu. Makam Raja Demak itu terawat dengan baik dan ada juru kuni yang selalu merawat makam dengan baik. Di dalam makam tersebut ada beberapa bangunan misalnya saja adalah Pendopo, Paseban yang digunakan peziarah untuk duduk dan menghadap makam, makam kasepuhan, makam kanoman dan masih banyak lagi lainnya. Makam kasepuhan terdapat makam Raden Patah, Raden Patiunus dan permaisuri Raden Patah. Maka yang tidak lazim adaah makam Pangeran Benawa yang terlihat lebih panjang dibandingkan dengan makam yang lainnya.

Pantai Marina

Panorama pantai yang indah dan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di sini, seperti berenang, main pasir, dan lainnya membuat wisatawan banyak yang berkunjung ke Pantai Marina yang di wisata Demak ini. Harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp 3000,- per orang. Pantai ini memang ada di Semarang, kota yang lokasinya dekat dengan (kurang lebih 1 jam). Untuk menuju ke lokasi wisata ini ada beberapa rute yang bisa anda gunakan atau pilih. Berikut ini adaah rutenya :

wisata
Pantai Marina

Kabupaten Kendal, Batang dan Pekalongan. Ini dalah rute pertama yang bisa anda tempuh. Rute yang bisa ditempuh adalah menuju ke aarah timur bundaran kali banteng, kemudian menuju ke arah Surabaya. Sesampainya SPBU, anda belok kiri menuju ke Supermarket Giant.  Setelah sampai spermarket itu anda suah dekat dengan Pantai Marina.

Demak, Kudus dan Pati. Rute ini adalah rute terdekat yang bisa anda tempuh untuk menuju pantai ini.  Anda bisa masuk ke kota Semarang, biasanya waktu tempuhnya 1 jam dari Demak.  Anda juga bisa menuju ke Jalan Arteri. Setelah itu perjalana dilajutkan ke supermarket Giant. Setelah sampai Giant anda sudah dekat dengan pantai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *