Inilah 7 Wisata Bali Arah Gilimanuk Yang Patut Untuk Kamu Kunjungi

0
257
Taman Nasional Bali Barat

Wisata Bali arah Gilimanuk merupakan tempat yang cocok untuk melepaskan lelah dari perjalanan yang panjang. Ketika kamu akan menuju ke Denpasar Bali melewati arah Gilimanuk, kamu pasti akan menjumpai beberapa tempat wisata yang menakjubkan, selama melalui jalur darat dengan jarak sekitar 130 kilometer ini kamu mesti tidak akan merasa bosan dan jenuh karena untuk menghilangkan rasa jenuh itu kamu bisa singgah dan istirahat di beberapa destinasi wisata yang dilalui.

Jarak tempuh sepanjang itu tentu akan membuat perjalanan anda menjadi membosankan, apalagi mengajak anak-anak. Akan lebih baiknya untuk mengunjungi beberapa obyek wisata yang menarik sepanjang arah Gilimanuk-Denpasar. Berikut ini obyek Wisata Bali Arah Gilimanuk yang bisa anda kunjungi.

Lokasi obyek wisata ini berada tepat di pinggir jalan yang setiap harinya dijadikan lokasi istirahat atau rest area bagi pengguna kendaraan pribadi baik mobil maupun motor dan juga kendaraan travel. Berikut ini 7 destinasi wisata Bali arah Gilimanuk yang layak untuk anda singgahi.

Pantai Yeh Leh

Pantai Yeh Leh

Ketika melakukan perjalanan panjang tentu kamu semua akan merasa sangat lelah. Jadi, wisata Bali arah Gilimanuk ini sangat cocok untuk melepaskan lelah karena melakukan perjalanan yang panjang. Di  tempat ini juga sudah disediakan tempat parkir yang sangat luas dan beberapa tempat yang bisa digunakan untuk sekedar duduk sambil menikmati hembusan angin laut dengan pantainya yang sangat indah.

Dengan suasana laut lepas, deretan pohon kelapa dan patung sapi yang menjadi icon Kabupaten Jembrana ini terlihat banyak dijadikan tempat singgah oleh beberapa pengguna kendaraan yang melintas terutama kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.

Lokasi ini dilengkapi dengan beberapa warung kuliner sehingga dapat menghilangkan lapar dan haus dengan menu sajian warung Muslim. Mereka yang singgah bukan hanya untuk beristirahat tapi ada pula yang masuk ke dalam obyek wisata untuk mencari tempat teduh dan ada pula yang istirahat di pinggir jalan untuk melihat laut lepas sambil mencari pohon untuk sekedar berteduh. Jadi, untuk kamu yang sedang bepergian, Jangan paksakan diri Anda untuk mengemudi jika kamu dalam keadaan kelelahan atau mengantuk. Semoga Anda selamat sampai di tempat tujuan.

Pantai Soka

Pantai Soka

Pantai Soka bertempat di tepi jalan jurusan Denpasar –Gilimanuk dengan tempat parkir yang cukup luas yang jaraknya sekitar 43 km dari arah kota Denpasar. Lokasi pantai Soka ada di Banjar Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan.

Pantai Soka sering digunakan sebagai tempat mampir mobil pribadi maupun bus pariwisata yang sedang melakukan perjalanan ke arah barat maupun sebaliknya. Bahkan bus Antar Kota Antar Provinsi juga sering singgah disini untuk memberikan kesempatan bagi penumpang istirahat.

Di wisata Bali arah Gilimanuk ini juga dilengkapi dengan sederetan warung Muslim dan kamar mandi. Di kawasan ini juga terdapat museum ogoh-ogoh yang memperlihatkan puluhan ogoh-ogoh (patung raksasa yang di arak pada saat akan menjelang perayaan nyepi) dengan berbagai ukuran. View yang disajikan oleh pantai soka juga tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lainnya yang berpasir hitam di bali.

Pantai Soka juga menawarkan keindahan dan eksotisnya pantai Bali dengan panorama alamnya yang masih alami sampai sekarang. Lokasi pantai Soka ini langsung menghadap ke selatan dengan menyuguhkan pesona alam berupa hamparan lautan yang biru samudera hindia yang bikin hati menjadi tentram bagi yang memandangnya.

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat

Jika kamu ingin melihat burung jalak Bali, ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk anda karena taman nasional Bali barat ini menyimpan berbagai jenis tumbuhan dan binatang. Sehingga sangat cocok untuk liburan keluarga anda. Tarif tiket untuk memasuki kawasan Taman Nasional Bali Barat ini adalah Rp 2.500,00 per orang (wisatawan domestik) dan Rp 20.000,00 (wisatawan asing).

Ada banyak sekali kera-kera yang ada disini sehingga kamu harus hati-hati ketika kamu sedang beristirahat disini. Sepanjang jalan yang masuk wilayah hutan Bali Barat itu tidak terlalu menyeramkan karena banyak kendaraan yang berlalu lalang dan terang. Tapi memang yang perlu diwaspadai adalah banyaknya kera yang sering keluar hutan dan diam di pinggir jalan.

Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali

Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali

Ketika kamu melakukan perjalanan melalui arah gilimanuk, pasti kamu akan menjumpai monumen yang satu ini yaitu Monumen Operasi Lintas Laut Jawa – Bali. Monumen ini merupakan salah satu monumen yang dibangun untuk menghormati dan mengenang jasa para pejuang-pejuang Republik Indonesia yang sudah gigih melakukan pertempuran pada April 1946.

Monumen ini dibangun dilahan yang cukup luas di mana daerah sekitarnya itu adalah kawasan Taman Nasional Bali Barat. Diatas Monumen ini ada sebuah patung jangkar kapal, dan dipinggir monumen terdapat jalan yang mengitarinya untuk mencapai puncak yang dapat dijadikan tempat berfoto ria dan juga jalan ini dipagari oleh senjata dan bambu runcing yang digunakan oleh bangsa kita untuk melawan penjajah.

Teluk Gilimanuk

Teluk Gilimanuk

Keberadaan teluk Gilimanuk ini menjadi sangat mudah untuk dikunjungi, karena lokasinya berada tepat depan Pelabuhan Gilimanuk dan bersebelahan tepat dengan Terminal Gilimanuk. Di teluk ini ada sebuah taman dengan beberapa bale bengong (gazebo) yang digunakan sebagai tempat untuk beristirahat. Lokasi taman ini begitu mempesona karena tempatnya berada tepat di pinggir pantai. Selain fasilitas itu, di kawasan obyek wisata ini juga tersedia perahu motor yang biasanya digunakan wisatawan untuk berkeliling teluk dengan panorama yang sungguh memukau.

Lokasi wisata Bali arah Gilimanuk ini sangat pas sekali buat kamu dan keluarga untuk piknik gitu, sambil membawa makanan sendiri dari rumah. Wisata ini juga menawarkan panorama hutan mangrove yang menentramkan hati.

Selain bisa piknik, kamu juga bisa lho snorkeling dan diving disini, dan kamu juga bisa sambil menyelusuri Teluk Gilimanuk, Pulau Kalong, Pulau Gadung, dan Pulau Burung menggunakan perahu  motor ataupun water bicycle yang sudah disewakan sama masyarakat setempat.

Tempat ini selalu menjadi daya tariknya wisatawan domestik maupun mancanegara lho. Maklum disamping komplit-komplit, tempat ini juga dekat dengan daerah tujuan wisata lainnya seperti Museum Manusia Purba, Karang Sewu, dan Taman Nasional Bali Barat.

Pantai Karang Sewu

Pantai Karang Sewu

Pantai Karang Sewu ini tak seperti pantai lainnya di Bali yang menawarkan pantai berpasir ataupun berkoral, kawasan pesisir pantai Karang Sewu ini terdiri dari berbagai tanah padat dari endapan lumpur yang mengeras, endapan lumpur tersebut seperti karang yang membentuk daratan datar yang cukup luas ditumbuhi oleh rumput, sehingga tempat ini memiliki keindahan yang berbeda.  Jika saat musim kering pantai ini terlihat tandus dan ketika musim hujan rumput dan pohon terlihat hijau bersemi. Ketika kamu akan berkunjung ke sini, kamu tidak dikenakan tiket masuk, alias gratis.

Tak jauh dari pelabuhan gilimanuk kurang lebih 300 meter, terdapat sebuah pantai yang dikenal dengan nama pantai karang sewu. Pantai ini terletak di Banjar Arum, Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana.  Pantai ini mempunyai panorama alam yang sangat indah dan memukau dengan hamparan padang rumput hijau nan luas. Tempat ini sangat cocok untuk istirahat sebentar untuk melepaskan lelah akibat perjalanan yang jauh. Karena pantai ini menyajikan kedaiaman pada setiap pengunjungnya yang datang kesini.

Taman Kota Pecangakan

Taman Kota Pecangakan

Tepatnya di Kota Negara (ibu kota kabupaten Jembrana) kamu akan menemukan sebuah taman yang berada tepat di pingir jalan raya dengan sebuah patung yang dikelilingi air mancur. Patung tersebut terlihat sama seperti patung Dewa Ruci yang berada di simpang siur Kuta. Kawasan di taman kota pecangakan ini sangat rindang karena terdapat beberapa pohon sebagai penghijauan.

Jika kamu ingin pergi ke taman ini, kamu tidak perlu khawatir karena pemerintah Kabupaten Jembrana sudah menyediakan area parkir yang cukup luas. Jika pengunjung ingin menginap, maka tak jauh dari Taman Kota Pecangakan tersebut sudah terdapat beberapa hotel yang cukup lengkap fasilitasnya.

Semoga saja artikel ini dapat membantu kamu semua untuk memberikan informasi tentang wisata Bali arah Gilimanuk. Selamat liburan untuk kamu dan rekan-rekan dan jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan baik sebelum pergi berlibur. Agar liburan kamu  semakin nyaman, aman dan mengesankan.

 

By : KiKi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here