Inilah Kuliner Malam Medan Yang Bikin Anda Ketagihan

Advertisement

Medan memang kota yang sangat unik. Penduduknya yang muncul dari beragam etnis menjadikan Medan kaya sejarah dan budaya. Hal ini juga berdampak pada sisi pariwisata, terutama kulinernya. Makanya, sangat disayangkan kalau kamu berkunjung ke ibu kota Sumatera Utara ini tanpa mengeksplor kuliner wajib di medan. Sambil berwisata, para wisatawan juga bisa berburu kuliner. Berburu kuliner di Medan tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat kulliner legendarisnya. Di tempat kuliner legendaris tersebut dapat dijumpai sajian kuliner yang telah populer di Medan sejak puluhan tahun lalu. Tentu jadi pengalaman berkesan jika dapat menyantap kuliner legendaris tersebut. Berikut ini beberapa tempat kuliner wajib di medan, berikut kuliner malam medan yang dapat dikunjungi di Medan.

Restoran Tip Top

jika berkunjung ke Kota Medan, singgahlah ke wisata kuliner malam medan yang terkenal yaitu restoran Tip Top di kawasan Kesawan, Jalan Ahmad Yani, Medan. Restoran ini konsisten pada dekorasi tempat konsep lawas dan proses pemasakan menu makanan juga, yaitu dengan menggunakan tungku kayu bakar sejak tahun 1930-an.

Restoran Tip Top

Restoran Tip-Top sebelumnya berdiri di Jalan Pandu, 3 km dari tempat yang sekarang. Masih menggunakan nama Restoran Jang Kie, sesuai dengan nama pendirinya. Baru pada tahun 1934 Jang Kie memindah tokonya ke kawasan Kesawan dan merubah namanya menjadi Restoran Tip-Top. Perubahan nama dan perpindahan tempat tersebut memiliki tujuan untuk menggaet pengunjung Belanda, karena lokasi barunya berada tak jauh dari kantor perkebunan Belanda.

Es Krim Restoran Tip Top

Tidak sembarang, yang dibuat adalah es krim dengan cita rasa tempo dulu menggunakan resep nenek moyang. Dari tekstur, es krim di restoran Tip-top terlihat sama dengan es krim kebanyakan. Tapi tidak rasanya. Karena, begitu sentuhan es sampai di lidah, baru bisa dibedakan apa yang membuatnya berbeda. Es krim di restoran Tip-top terasa lebih bersalju dan padat.

Kuliner Malam Jalan Semarang

Kuliner malam medam hari di Jalan Semarang, Jalan semarang adalah sebuah jalan di kota Medan yang menjadi kawasan kuliner sejak pukul 17.00. Bisa dibilang, Jalan Semarang ini merupakan kawasan pecinan di Medan. Makanya, kamu akan menemukan banyak chinese food di sini.

Kuliner Di Jalan semarang Medan

Tidak ada suasana kuliner sama sekali di sepanjang jalan Semarang di siang hari yang terik. Suasana hiruk pikuk toko yang berjualan spare part dan aksesoris mobil ini kemudian mulai perlahan reda ketika sore tiba, diiringi oleh beberapa gerai yang mulai dipasang, meja yang direntangkan panjang, sepanjang ruas jalan Semarang, dan malamnya cling! Bagaikan disulap… menjadi sebuah distrik kuliner malam medan yang sudah melegenda di kota Medan.

Perkembangan kuliner di sepanjang ruas jalan Semarang sudah melalui beberapa generasi. Awalnya nge-top di tahun 60-an, daerah ini merupakan kawasan pusat perbelanjaan kuliner malam yang ngetop dan ramai dikunjungi, walaupun sempat sepi di awal tahun 2000 dengan kehadiran Kesawan Square. Beberapa gerai yang populer masih tetap bertahan, sedangkan beberapa lagi lainnya sudah berganti. Yuk ikuti perjalanan kuliner kami.

Jangan khawatir, makanan-makanan di sini enak-enak. Kamu bisa mencicipi samcan goreng, ifumie, ciongfan, atau wokfen. Suasana di Jalan Semarang ditambah hiruk pikuk orang berlalu-lalang mencari makanan bakal bikin kamu makin menikmati petualangan kulinermu.

Merdeka Walk

Merdeka Walk Medan

Merdeka Walk adalah salah satu tempat wisata kuliner malam medan yang terbesar. Di sini kalian bisa menemukan sekitar 30 outlet kuliner yang menyediakan berbagai menu seperti soto, lontong sayur, sushi, steak, sop buntut dan masih banyak menu lainnya. Untuk menikmati wisata kuliner Medan dengan menu-menu tersebut pengunjung disediakan bangku sebanyak 700 buah. Selain menikmati sajian menu yang lezat, di tempat ini juga dijadikan tempat kegiatan seperti lomba dan juga bareng pertandingan bola. Terletak di Jalan Denai, di depan SPBU Denai. Tempat makan ini menyediakan mie Balap yang merupakan mie khas Medan dengan rasa yang lezat  dan harga bersahabat yakni 5000 rupiah. Selain di Jalan Denai, merdeka walk juga bisa dinikmati harga mulai dari 6.000 rupiah.

Soto Udang Kesawen

Soto memang menjadi makanan khas Indonesia yang dimiliki oleh berbagai daerah, tak terkecuali kuliner malam medan ini. Di sini, Anda bisa mencoba semangkuk soto udang hangat yang akan menggugah selera makan. Tak hanya soto udang, tempat makan Soto Kesawan Enak Tenan ini juga menawarkan soto ayam dan soto sapi. Selain itu, ada pula soto kombinasi berisi daging udang, ayam, dan sapi bagi penyuka segala jenis lauk. Dengan hanya melihat banyaknya varian soto saja kita bisa tahu betapa kayanya ragam kuliner nusantara.

wisata kuliner
Soto Udang Kesawan

Di Medan, Sumatera Utara, ada satu gagrak soto yang sangat unik dan sulit dijumpai di tempat lain, yakni soto udang. Berbeda dengan soto pada umumnya yang menggunakan bahan baku daging sapi atau ayam, Soto Medan yang satu ini menggunakan udang sebagai isiannya.Untuk mencicipi kelezatan soto udang anda bisa singgah ke Kedai Soto Kesawan “Enak Tenan” di Jalan Ahmad Yani (Kesawan) 116, Medan. Kedainya berada di seberang Tjong A Fie mansion, sebuah bangunan kuno yang menjadi salah satu situs bersejarah di kota ini.

Soto Kesawan ini sudah sangat kondang di kalangan pecinta soto khas Medan. Tidak mengherankan karena usaha soto ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, bahkan kabarnya sudah lebih dari 40 tahun. Sementara nama “Enak Tenan” tersebut menunjukkan bahwa sang pemilik adalah seorang putra Jawa alias pujasema (putra Jawa kelahiran Sumatera). Kedai Soto Kesawan ini tempatnya sederhana dan tak begitu luas. Jika sedang ramai, pengunjung harus rela sedikit berdesakan ketika menikmati soto.

Soto Medan RM Malam

wisata kuliner medan murah Resto ini menyajikan menu seperti Gurame tim saus medan, Gurame tahu tausiwisata kuliner medan malam , Gurame tim kecap, Gurame goreng saus kecap, Gurame asam manis, Ayam lada hitam, Ayam goreng saus mentega, Udang goreng tepung saus mentega, Cumi goreng, Sapi cah wisata kuliner medan yang enak dan wajib coba cabai ijo dan masih banyak lagi. Cumi goreng rasanya gurih dan renyah. Gurame goreng saus kecap rasanya enak dengan saus yang nikmat serta daging yang lembut.

Soto Medan

Sapì cah cabai ijo rasanya enak dengan bumbu yang nikmat serta daging yang empuk.Ini rumah makan keluarga yang sangat2 nikmat, porsinya banyak dan rasanya juga enak, memang harganya cukup mahal cuman rasanya seimbang, hampir semuanya enak sih di sinar medan wisata kuliner medan malam atau kalo kamu ga mau pilih menu2 chinese food  ada model nasgor2nya yang lumayan juga.. porsi juga besar.. harga juga cukup mrogoh kocek kalo dibanding nasgor tektek abang

Pilihan menu wisata kuliner keluarga medan cukup beragam dan secara lokasi cukup strategis,berada di sepanjang jl. Boulevard Kelapa Gading. Lebih cocok untuk makan bersama keluarga, karena 1 hidangan bisa buat 4 orangwisata kuliner medan malam. Secara harga menurut saya cukup mahal, 1 lauk bisa dibandrol minimal Rp 50.000,- Soal rasa menurut saya lumayan dan lingkungannya nyaman.Katanya rumah makan ini biasanya sebelum jam 11 sudah tutup. Rumah makannya bergaya jadul tapi itu yang menambah daya tariknya.

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.