Inilah Kuliner Rujak Medan Yang Bikin Anda Ngiler

0
236
Rujak Buah Uleg Medan

Kuliner Rujak medan adalah salah satu makanan yang mengasyik kan karena selain sehat, dan juga nikmat. Sehat sebab komposisi utamanya adalah beragam jenis buah buahan segar yang dipotong-potong. Nikmat karena buah disiram dengan bumbu yang menawarkan rasa manis, gurih, sekaligus pedas.

Makanan apa yang paling kamu sukai saat berlibur ke Medan? Buah durian atau kelezatan es krim dari restoran tiptop dengan aneka topping? Semuanya memang spesial, termasuk kuliner rujak medan yang namanya sudah terkenal hingga seantero negeri. Namanya Rujak Kolam Medan yang tidak hanya pedas tapi juga unik karena bumbunya. Penasaran keunikan dari camilan ini. berikut informasinya.

Rujak Kolam Medan

Bagi pecinta kuliner rujak medan, jangan ngaku pernah ke Medan kalau belum mencicipi rujak kolam deli Medan, yang berada tidak jauh dari Masjid Al Mashun di Jalan Mahkamah Medan, Sumatera Utara. Rujak kolam deli atau yang akrab di kenal dengan Rujak Kolam Deli, merupakan makanan khas para bangsawan Melayu Deli. Selain bumbu dan buah, rujak ini juga menggunakan buah pisang batu muda, agar yang mengkonsumsi rujak tidak sakit perut.

Warung Rujak Kolam Medan

Rujak kolam deli memiliki campuran rasa yang membuat penikmat rujak tak berhenti mengunyah. Rasa manis dan asam serta pedas menyatu di bumbu rujak tersebut. Pedagang Rujak kolam deli, Erna, mengatakan Rujak kolam deli sudah 38 tahun berjualan. Turun temurun dan dulunya yang makan bangsawan Kerajaan Sri Deli.

Sama dengan rujak lainnya, rujak kolam deli juga menggunakan berbagai macam buah dan bumbu. Namun ada rasa yang berbeda dan unik pada rujak kolam deli.

Rujak Kolam Medan

Rasa yang unik dari Rujak Kolam Medan tidak hanya karena bumbunya. Namun dari isi buah yang di gunakan juga banyak. Setidaknya ada sekitar 8 sampai 10 buah yang terdiri dari semangka, nanas, jambu air, jambu glutuk, bengkoang, pepaya, kedondong, timun, dan mangga. Menariknya masih ada tambahan  buah pisang muda yang membuat jajanan ini berbeda dari lainnya.

Tak sempat ke Medan? Kamu masih bisa merasakan lezatnya salah satu wisata kuliner di medan yaiturujak ini. Letaknya berada di pusat perbelanjaan Mangga Dua. Jangan khawatir, resep rujak di sini berasal dari Medan. Bahkan, beberapa bahan seperti petis udang di datangkan dari ibukota Sumatera Utara. Menariknya, kamu bisa memesan porsi komplit atau sesuai selera. Rasanya tentu saja tak jauh beda. Nah, sudah tahu kan bentuk dari Rujak Kolam Medan yang namanya sudah kondang ini? Bagaimana, tertarik untuk mencobanya bukan.

Rujak Uleg Medan

Yang membuat kuliner rujak medan ini istimewa adalah metode pembuatan rujak nya yang masih diuleg menggunakan gilingan batu. Proses ini membuat komposisi bahan-bahan kuah rujak menjadi lebih menyatu. Selain prosesnya, kuah rujak di sini juga menggunakan beberapa bahan-bahan unik seperti pisang batu yag diiris tipis-tipis, hingga penggunaan belacan.

Rujak Buah Uleg Medan

Pisang batu berhasil memperkaya tekstur dalam kuah rujaknya. Sementara itu belacan sukses menghadirkan rasa gurih, di antara citarasa kuah rujak yang manis-manis pedas. Manis berasal dari gula merah, dan pedas berasal dari banyaknya cabe rawit yang digunakan.

Saat kami cicipi, ternyata penggunaan pisang batu berhasil menghadirkan tekstur krenyes dalam kuahnya, selain tentunya penggunaan kacang tanah. Nikmat! Jangan lupa untuk pesan kuah yang pedas, biar sensasinya semakin membahana. Hahaha. Seporsi rujak buah uleg di sini sudah bisa dinikmati seharga Rp 14.000. Buat kamu yang kemari dan pesan untuk dimakan di rumah atau di tempat kerja, kuah rujak dan buahnya juga bisa dipisahkan.

Lokasinya berada di halaman sebuah rumah. Sebuah steling kaca untuk meracik rujak diletakkan di depan rumah, sementara beberapa meja dan bangku disediakan bagi mereka yang ingin makan langsung di tempat.

Rujak Aceh LLF Medan

Bisnis rujak Aceh LLF sampai saat ini masih merupakan produksi rumah tangga yang dibuat oleh Ny Lily Fong sendiri yang biasanya dibuat berdasarkan pesanan konsumen dari promosi mulut ke mulut serta beberapa titipan sepertitoko kue Ahua di pasar Beruang dan Salon Abeng. Biasanya pesanan dapat diambil di kediamannya di Kompleks Cemara Hijau blok N, No 19.

Rujak Aceh LLF Medan

Kami di informasikan bahwa saat yang tepat untuk mencicipi cemilan ini ialah pada temperatur yang rendah. Setelah selesai dinner, kami membuka rujak yang dibungkus dalam plastik yang beratnya kurang lebih 1kg setelah didinginkan di kulkas. Satu mangkuk besar pun penuh terisi, dan kami taksir porsinya cukup untuk 6-7 orang. Ada beberapa jenis buah seperti timun, bengkoang, kolang kaling, kuini, nenas, pepaya iris yang sudah diasinkan, kemudian dilumuri saos yang bahan utamanya terbuat dari kuini dan cabe. Wangi kuini membuat selera bertambah ditambah cita rasa cabe dengan tingkat kepedasan yang rendah, menjadikannya sebuah kombinasi pedas manis yang tepat di lidah.

Dengan harga 50rb sebungkus/1kg, Rujak Aceh LLF tidaklah murah, tetapi setara dengan penggunaan bahan-bahan yang segar dan tanpa pengawet untuk menjaga kualitas, sehingga keawetannya pun singkat, antara 2-3 hari apabila disimpan didalam kulkas. Apabila jarak menjadi kendala, Rujak Aceh LLF dapat dibeli melalui Toko kue Ahua di pasar Beruang (Khusus Jumat, Sabtu, Minggu). Sayangnya belum ada fasilitas delivery, kecuali pesanan diatas 5kg, harapan kami semoga kedepannya fasilitas delivery dikabulkan walaupun harus membayar sedikit upah antar. Pengemasan rujak juga hanya menggunakan plastik 2 lapis yang lumayan tebal, jadi anda harus sedikit berhati-hati apabila dibawa bepergian sebagai oleh-oleh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here