Inilah Rekomendasi Wisata Kuliner Medan Enak Yang Wajib Di Coba

0
57
Sop Sumsum Langsa

Rekomendasi Wisata Kuliner Medan Enak- Kota Medan tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang sangat bagus namun disana juga terdapat wisata kuliner di Medan. Melakukan liburan ke Medan tidak akan membuat Kamu kelaparan, karena banyak sekali makanan yang harus Kamu cicipi. Bila Kamu melakukan perjalanan dari tempat wisata satu dengan lainnya maka, dijamin Kamu bisa menemukan banyak sekali makanan kuliner yang dijual disana.

Wisata kuliner medan enak sangat banyak, mulai dari kuliner street food, cafe sampai dengan makanan kuliner yang berada di hotel. Kebanyakan para wisatawan yang berkunjung di Medan pasti lebih memilih untuk membeli kuliner yang berada di street food. Rasanya sangat nikmat disisi lain harganya juga cukup terjangkau bagi orang yang sedang melakukan traveling dikota ini. Semua makanan kuliner yang dijual disini sangat khas, hanya Kamu temukan di kota Medan saja.

Berbagai macam tempat wisata kuliner di Medan tidak hanya digunakan sebagai tempat makan saja, namun Kamu juga bisa menghabiskan waktu nongkrong disana. Setiap tempat kuliner menyediakan fasilitas tempat yang nyaman bagi para pelanggan. Kamu pasti sangat betah menghabiskan waktu disana.

Terlalu banyaknya tempat wisata kuliner di Medan pasti membuat Kamu bingung. Tenang saja karena Kamu dapat memilih tempat kuliner yang tepat. Pilihlah tempat kuliner khas Medan yang menyediakan makanan dengan rasa super lezat. Berikut ini merupakan berbagai macam kuliner Medan yang wajib Kamu coba.

Sop Sumsum Langsa

Jika kamu sedang berada di Kota Medan, jangan lupa untuk menikmati kuliner medan enak yang tergolong ekstreem ini. Tergolong ekstreem terutama bagi penderita kolesterol dan darah tinggi. Namun siapa yang bisa menahan godaan menyantap Sop Sumsum Langsa ini.

Sejarah awal Sop Sumsum Langsa ini dimulai sejak tahun 1990an, dan di nakodai oleh H. Lukmanul Hakim. Awal mula Sop Sumsum Langsa ini berdiri di jalan Yos Sudarso, lalu mengembangkan bisnisnya ke Jalan Setiabudi dan terakhir di Jl Perpustakaan. Ketiga cabang tersebut semua ada di Kota Medan. Meskipun membawa nama Langsa, yang notabene termasuk salah satu daerah Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam, tidak ada satupun cabang Sop Sumsum ini disana.

Sop Sumsum Langsa

Sop Sumsum Langsa menggunakan dekorasi dan interior berwarna kunimg dan hijau. Dari jauh, ciri khas warna ini akan terlihat mencolok jika kamu mencari lokasi kuliner ini. Untuk tetap menjaga kualitas dari Sop yang disajikan, Sop Sumsum Langsa mengusung tagline “Cita dan Rasa tersendiri dari Langsa Aceh Nanggroe Darusalam”. Kanikmatan kuah sop disajikan dari tangan pemiliknya langsung, resep dari sop sumsum ini berasal dari keluarga yang diwariskan secara turun temurun. Bahan dasar kuah sop ini yaitu, bawang putih, jahe (terasa hangat ditenggorokan), merica, garam dan kayu manis.

Harga yang diberikan kedai Sop Sumsum Langsa ini bervariasi mulai dari 21ribu rupiah sampai dengan 38ribu rupiah. Tenang saja, bagi kamu yang tidak biasa makan sumsum, bisa memilih menu lain yang tersedia. Seperti Sop Buntut, babat, daging, urat, paru dan lain lain. Yang mau makan soto juga ada, mulai dari soto ayam, daging sampai dengan soto campur.

Dalam penyajiannya, setiap mangkuk sumsum langsa nya saja disajikan bersama taburan daun bawang, bawang goreng, serta irisan kentang, irisan cabai rawit (terpisah), jeruk nipis dan tomat. Yang unik yaitu cara menikmati sumsum langsa ini yaitu menggunakan sedotan, sehingga sumsum pada ujung tulang dengkul sapi ini bisa dinikmati tanpa bersisa.

penasaran mau menikmati sop sumsum langsa ini, kamu bisa datang ke lokasi di jalan  Setiabudi No. 17B, Medan. Letaknya persis di sebelah Mie Titi Bobrok yang juga gk kalah terkenal di kalangan pecinta kuliner. Dengan papan nama berwarna kuning dan hijau.

Nasi Kentut

Selain wisata, Indonesia diperkaya dengan kuliner khas. Nama, penyajian, sampai rasanya yang unik menjadi daya tarik bagi turis untuk datang dan mencoba sendiri. Sebut saja nasi goreng yang sangat terkenal di luar negeri. Belum lagi yang ekstrim seperti kuliner sate ulat dan belalang goreng. Namun, ada satu lagi yang bikin kalian penasaran, yaitu Nasi Kentut. Wah, apa itu?

Saat traveling ke Medan, rasanya rugi kalau tak mencicipi sendiri bagaimana rasanya Nasi Kentut. Kenapa ya diberi nama yang jorok? Ternyata alasannya ada pada cara memasak adalah dengan menggunakan daun sembukan yang lebih dikenal sebagai tanaman kentut di daerah Sumatera. Daun tersebut digunakan untuk camuran nasi, kemudian dibungkus dengan daun pisang saat dibakar. Aromanya pun sangat khas dan menggoda.

Nasi Kentut

Ada banyak manfaat yang terkandung dalam daun sembukan. Di antaranya cukup bagus untuk sariawan dan juga penyakit lambung. Ada juga rempah lain, seperti kunyit yang dikenal bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Yang membedakan Nasi Kentut dengan kuliner yang lain adalah lauk yang ada di dalamnya. Ada beragam ragam pilihan, seperti ikan pepes, ayam goreng, bahkan ikan teri. Mirip dengan dengan Nasi Kucing yang biasa kalian temukan di Angkringan Jogja, ya?

Tak hanya lauk sebagai isian yang membuat hidangan ini menjadi lebih enak. Agar cita rasanya semakin sempurna, biasanya makanan ini  disajikan dengan berbagai sambal sebagai teman santap. Di antaranya ada sambal hijau yang sudah identik dengan pulau Sumatera, juga ada sambal terasi yang aromanya sangat menggoda. Harga dari kuliner Medan ini sangat lah terjangkau, yaitu berkisar dari Rp5.000 hingga Rp15.000 saja. Wah, bisa habis banyak porsi, nih.

Babi Panggang Tesalonika

Yang biasanya berwisata  wisata kuliner medan enak babi ke kota Brastagi setidaknya pernah singgah ke wisata tempat ini. Daerah Jamin Ginting mayoritas ditinggali oleh etnis Batak, sehingga banyak dijumpai rumah makan yang menyajikan sajian babi panggang atau lebih dikenal sebagai BPK, Babi Panggang Karo. *Karo ialah nama salah satu suku Batak.

Babi Panggang Tesalonika

Tak heran apabila Tesalonika merupakan rumah makan yang sangat paling ramai dikunjungi di daerah tersebut. Terletak di daerah Jalan Jamin Ginting no 103 simpang Selayang, rumah makan dengan cerobong asap yang tinggi menjulang ini tidaklah sulit ditemukan.

Ga usah bingung lagi untuk memilih menu kuliner makanan medan, karena memang yang disajikan hanya menu BPK, ataupun ikan arsik sebagai penambah menu. Kelebihan di rumah makan ini adalah porsinya… bisa per orang, ataupun perkilo. Rata-rata pengunjung yang datang bersama rombongan memesan porsi sedemikian karena harga yang lebih murah dan tentunya lebih puas. Rumah makan yang sudah lama berjualan ini belakangan makin sukses dengan penambahan ruangan makan di lantai 2 yang menggunakan AC serta lebih bersih, dan didukung oleh tempat parkir yang nyaman serta gratis!

Sate Padang Al-Fresco

wisata kuliner medan enak Kwetiaw Medan Asan terletak di jalan Manyar no 84D Surabaya. Restoran ini berbentuk ruko dengan tempat parkir terbatas dan tempat makan cukup besar. Menu utama yang khas wisata kuliner medan yang enak dan wajib coba adalah Kwetiaw Goreng, Kwetiaw Siram dan Kwetiaw Kuahnya. Porsinya cukup besar terutama kwetiaw siramnya dan isiannya juga cukup banyak, yaitu daging babi panggang merah, daging ayam, udang, baso ikan dan baso sapi juga sayuran.

Sate Padang Al-Fresco

Kwetiaw yang digunakan berukuran lebar dan tebal namun lembut sehingga sangat mudah untuk dicerna, kuah siramnya juga gurih dan daging isiannya enak. Seporsi kwetiaw siram dibanderol Rp. 29,000 saja untuk porsi yang besar, satu makanan favorit saya, kwetiauw siram, dengan daging babi, ini kunjungan saya yang kedua. dengan rasa yang pertama tidak berbeda. kokinya konsisten. tambahkan kecap asin untuk penyuka asin.

untuk porsinya lumayan banyak, dengan harga yang rata rata. lokasinya cukup sederhana, dan lumayan bersih overall, saya bakal balik lagi kalau jalan ke area sini. Rumah makan ini sangat sederhana dan tidak dilengkapi penyejuk udara. Lokasinya dekat dengan terminal Bratangwisata kuliner medan malam. Lahan parkir cukup terbatas. Menu andalannya adalah kwetiau khas Medan. Porsinya cukup besar wisata kuliner medan yang enak dan wajib coba walaupun kami memesan yang kecil.

  • Wow!! Enak enak bukan Wisata kuliner medan enak nya? Wisata kuliner medan enak  ini adalah Wisata kuliner medan enak  yang harus kita banggakan dan harus kita jaga karena sekarang kebanyakan tempat makanan medan ini sudah diolah lagi oleh orang orang indonesia dan terjamin. Jadi bagi teman teman jika berkunjung di suatu tempat wisata kuliner menjadi wisatawan yang sangat peduli dan ramah terhadap lingkungan, dengan cara membuang sampah ditempat nya dan bertindak sesuai adabnya ya.
  • Sangat senang sekali sudah dapat mengisi waktu sebentar anda untuk melihat artikel wisata kuliner ini. Sekian dulu ya dari kami, kami akan hadir untuk anda lagi, jadi jangan lupa ya coment gimana sih wisata kuliner tempat makanan medan ini .

Sekian dulu dari kami, terima kasih telah membaca artikel Wisata kuliner medan enak  . Jika ada salah penulisan kami minta maaf yang sangat besar. Yakkk dahh teman teman, sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya….

By; Husein Dong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here