Inilah Sop Kambing Di Medan Yang Bikin Anda Ngiler

0
9
Sop Kambing Datuk

Kuliner di Medan ini memang bikin ketagihan. Selain rasanya yang unik, macamnya juga banyak. Salah satunya sop kambing di medanyang memiliki cita rasa berbeda dengan lainnya. Penasaran bagaimana keunikan dari sop kambing di medan ini, simak menu lezat berikut ini

Sop Sum-sum Langsa

Segala macam hidangan tradisional eksotis mengisyaratkan di Pulau Sumatra; salah satunya wisata kuliner  di medan adalah Sop Sumsum Langsa – hidangan sup tulang sumsum sapi yang berasal dari kota kecil di Aceh bernama Langsa. Untungnya, restoran yang sama juga dapat ditemukan di Medan, yang berarti bahwa seseorang tidak perlu melakukan perjalanan lebih jauh ke utara untuk mencicipi kelezatan ini.

Sop Sumsum Langsa

Didirikan pada tahun 1970 oleh Bapak H. Lukmanul Halim yang asli Aceh, perusahaan ini sekarang memiliki tiga outlet yang beroperasi di Medan. Saya berkunjung ke yang ada di Jalan Setiabudi tepat di sebelah Mie Aceh Titi Bobrok. Begitu saya menjejakkan kaki di dalam, tatapanku beralih ke sumsum tulang sapi yang besar di atas meja. Yang bisa saya pikirkan adalah bagaimana saya akan memakan makanan mungil yang mengerikan itu.

Sop sumsum yang sangat terkenal di kota Medan hanya sop sumsum Langsa. Rasanya lezat dan nikmat. Biasanya harga makanan sop sumsum terbilang cukup mahal namun, disini harganya sangat terjangkau. Cukup Rp. 47.000 saja Kamu sudah mendapatkan sop sumsum Langsa yang sangat sedap. Ingin mencoba makanan sup sumsum Langsa? Segera datang ke alamat Yos Sudarso No 73 kota Medan.

Sop Kambing Kumango

Yang suka Kuliner di medan pasti lebih tahu jika menu olahan daging banyak yang berbau menyengat. Kadang, hal tersebut pula yang membuat nafsu makan berkurang. akan tetapi tidak dengan sop kambing di Medan satu ini. Adalah Sop Kambing Kumango yang menawarkan seporsi sop lezat tanpa bau yang menyengat.

Sop Kambing Kumango

Keunikan lain dari menu andalan di Warung Sop Kambing Kumango ini kuah kentalnya yang kaya rempah. Belum lagi dengan daging kamping bertekstur empuk yang bercampur wortel parut. Di sini, kamu juga bisa memesan sop kaki kambing dengan rasa gurih dan manis yang seimbang. Pas banget jika disantap saat malam hari.

Mulai berjualan sejak tahun 1975, kedai milik Almarhum Bapak Tresno ini selalu jadi langganan warga. Hingga saat ini, sudah ada beberapa cabang yang dikelola oleh anak-anaknya. Cita rasa dari kuah sop kambingnya lezat dan tak pernah berubah. Bagaimana tidak, mereka tetap menggunakan resep warisan sang ayah yang terkenal melegenda se-kota Medan.

Kedai makan ini tidak hanya menyajikan daging dan kaki kambing. Ternyata ada pilihan kepala yang tak kalah menggoda. Jangan khawatir, letak warung ini sangat mudah ditemukan. Berada di Jalan Kumango atau dekat persimpangan jalan Perniagaan, warungnya cukup menarik perhatian dengan banyaknya pengunjung yang datang.

Sop Kambing Al-Hamra

Kuliner di medan yang sering kami kunjungi bersama keluarga selain sate adalah sop kambing di medan, padahal seharusnya makanan yang ‘berat’ dan terlalu berlemak kurang baik dimakan di malam hari. Tapi, sekali sekali boleh la.

Warung Sop Kambing Al Hamra

terletak di jalan Tapanuli dan buka di malam hari, warung ini selalu ramai apalagi di hari weekend. Untuk harga di sini cukup mahal, tapi sebanding dengan rasa yang diberikan. Daging kambing yang lembut, enak dan kuahnya yang nikmat membuat para pengunjung kembali lagi meski harganya mahal. Kuahnya sedikit berbeda dengan sop di tempat lain, kuah sop kambing di medan disini mirip seperti kuah kari tapi tidak sekeruh kuah kari. Buat yang suka atau ingin mencoba bagaimana rasa sop, di sini bisa dicoba. Sop kepala selalu kami pesan setiap makan di sini, pernah juga kehabisan karena banyaknya yang memesan selain kami. Selain sop tersedia juga kari tapi karena kami belum pernah pesan, jadi belum tahu rasanya. Untuk minum, selain air putih kami biasa pesan air timun dingin.

Sop Kambing Al Hamra

Warung sop kambing di medan ini juga kami tahu dari ayah kami. Ya, selain media sosial, ayah kami juga menjadi sumber rekomendasi kuliner di Medan khususnya yang sudah lama ada seperti, Nasi Goreng Pandu, Sate Memeng Jl Irian, Pokat Kocok Jl Glugur. Jadi ga heran kalau sekarang anaknya yang suka jalan jalan makan.

Sop Kambing Datuk

Awal dibukanya warung sup kambing di medan datuk tahun 2008 lalu, Herlina hanya mampu membuat 2 kg sup daging kambingper harinya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, usaha yang dilakoninya itu makin diminati para konsumen.  Bahkan,  sekarang, dalam sehari dia mampu menghabiskan 10 kg daging kambing, 100 kaki kambing, dan 4-5 kepala kambing. Itu artinya, hasil pejualan yang diperolehnya mencapai Rp 7 juta-an setiap harinya.

Sop Kambing Datuk Medan

Terhadap harga sup kambing, Herlina mengatakan bervariasi. Tetapi, untuk sup kaki kambing, kari Kambing, hingga sup kepala kambing harga yang ditawarkannya berkisar antara Rp 20.000 – Rp 55.000 per porsi.  “Dulu kan saya pernah buka warung ini di Tebing Tinggi, namun agak kurang laku. Ketika baru kami buka di Medan, karena belum dikenal, juga agak mandeg. Namun, seiring berjalannya waktu, Alhamdulillah sekitar tahun 2010 hingga sekarang, sudah semakin ramai,” katanya.

Sop Kambing Datuk

Dikatakan nya, aneka masakan olahan yang ditawarkan nya hampir semua berbahan dasar dari kambing.
“Ada makanan lain dari bahan sapi dan ayam, tapi sop kambing ini yang paling diminati pelanggan,”katanya.
Menurutnya, resep ini adalah resep asli dari orang Melayu Langkat. Makanya didominasi oleh banyaknya rempah yang digunakan. Perpaduan rempahlah yang menjadikan rasanya menjadi kuat serta diimbangi dengan kuahnya yang kental karena berasal dari campuran antara wortel dan tomat yang diblender, sehingga warnanya agak kemerahan. Dan, warna ini merupakan magnet bagi pengunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here