Inilah Warung Kepiting Banyuwangi Yang Terkenal Enak Rasanya

0
34
Kepiting Banyuwangi

Banyuwangi sebagai kota paling ujung Timur pulau Jawa tak hanya terkenal dari Kawah Ijen saja. Kota ini juga memiliki Muncar yang dulu dikenal sebagai Pelabuhan Ikan terbesar di Jawa. Tak heran jika daerah ini dikenal sebagai penghasil seafood. Kelelahan setelah mendaki Kawah Ijen akan terbayar oleh masakan serba hasil laut yang sedap yaitu warung kepiting banyuwangi.

Warung kepiting Banyuwangi

Seperti namanya, aneka olahan warung kepiting banyuwangi menjadi andalan masyarakat setempat maupun wisatawan. Mulai Kepiting Soka, Kepiting Saus Tiram, Kepiting Rica, hingga Kepiting Super Telur Asin. berkunjung ke sana, membuktikan bahwa kepiting super telur asin olahan warung ini memang mantap. Aroma telur asinnya merasuk ke daging kepiting, begitu gurih  di lidah.

Daging kepiting bertekstur lembut dan rasanya lezat. Selain kaya gizi, proteinnya beberapa kali lipat dibanding dengan daging babi atau ikan laut. Mengandung riboflavin, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin A cukup yang tinggi. Akan tetapi tidak setiap orang cocok mengonsumsi daging kepiting, karena kepiting bersifat dingin dan mengandung kolesterol agak tinggi. Orang dalam kondisi atau yang sedang menderita penyakit tertentu, harus menghindari atau mengurangi mengonsumsinya.

Kepiting Banyuwangi

Ini dia raja nya seafood dari warung kepiting banyuwangi, begitu kami berdua menyebutnya. Kami samavsama penggemar kepiting dan ke warung kepiting banyuwangi tanpa menyantap kepiting rasanya ada yang kurang. Agak mahal sih menu kepiting di warung kepiting banyuwangi, satu onsnya Rp.22 ribu. Tapi tak apa-apalah. Sudah lama kami tak berpesta kepiting. Akhirnya setelah berdebat panjang kami memilih menu kepiting saus lada hitam. Dua kepiting tersaji. Begitu menggoda. Tak lupa ada alat pembuka kepiting untuk memudahkan menikmati dagingnya.

Warung Kepiting Banyuwangi ini terletak di Jalan Kepiting no 28 B. Oleh karena sudah melebihi jam makan siang, tempat makan ini sudah tak begitu ramai pengunjung. Makan di Warung Kepiting ini asyiknya ramai-ramai. Baik bersama keluarga maupun kawan-kawan. Apalagi jika anggota rombongan gemar makanan serba sari laut, maka bisa mencobai aneka jenis masakan hasil laut dengan beragam sajian.

Untuk ukuran tempat makan yang cukup populer, penampilan interior dan eksterior Warung Kepiting tidak terlalu wah. Meja kursinya biasa saja, hanya meja kayu dan kursi panjang. Ada juga tempat untuk makan lesehan. Demikian pula olahan kepiting lainnya tak boleh dilewatkan untuk dicoba. Rasa nikmatnya sepadan dengan keasyikan tantangan cara menikmatinya.

Warung Kepiting Banyuwangi sebenarnya belum lama didirikan, baru Mei dua tahun lalu. Namun sejak awal berdiri, warung ini sudah langsung menarik perhatian pelanggan. Untuk lebih melayani selera pengunjung, kemudian berbagai menu termasuk kepiting, disajikan. Justru menu kepiting ini lah yang kemudian menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Kepiting Enak Banyuwangi

Seafood macam kerang, udang, cumi atau kepitingbisa meningkatkan risiko penyakit asam urat atau gout.  Pola makan yang tinggi daging dan seafood diketahui meningkatkan risiko penyakit tersebut, sementara diet tinggi produk susu justru menurunkan risiko. Di balik seafood termasuk kepiting yang bisa meningkatkan risiko asam urat, ternyata kandungannya memiliki lebih banyak manfaatnya untuk tubuh. Dalam 100 gram kepiting ternyata mengandung 59 miligram kalsium; 0,8 miligram zat besi, 1,5 gram lemak, 19 gram protein, 29 IU vitamin A, 7,6 miligram vitamin C, dan 9,78 mcg vitamin B12.

Untuk lebih melayani selera pengunjung, kemudian berbagai menu termasuk kepiting, disajikan. Justru menu kuliner kepiting ini lah yang kemudian menjadi daya tarik bagi pengunjung. memesan sejumlah masakan sari laut. Kami memesan udang, cumi-cumi, tumis kangkung, dan tentunya kepiting. Tak lama satu-persatu hadir di meja makan. Diawali dadi wedang jahe susu, nasi, tumis kangkung seafood, cumi-cumi goreng tepung, udang mentega, kepiting saus lada hitam, dan sebotol air mineral.

Warung kepiting ini buka setiap hari, mulai pukul 10.00 sampai 23.00 WIB. Ramai-ramainya pengunjung bila hari libur tiba, terutama Sabtu dan Minggu malam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here