Inilah Wisata Karanganyar Yang Indah Dan Sejuk Ini

0
116
Telaga Madirda Karanganyar

Karanganyar adalah salah satu nama kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang udara nya terkenal sangat sejuk. Kesejukan tersebut tak bisa di pungkiri berkat keberadaan dataran rendah lembah Bengawan Solo yang berada dibagian barat serta pegunungan yang berada di bagian timur nya. Nama Karanganyar mungkin tidak setenar kota Solo, tetapi di sana terdapat cukup banyak lokasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan kebanyakan paket wisata ke Kota solo akan menyertakan tempat wisata Karanganyar.

Tempat Wisata Karanganyar yang menjadi destinasi ter favorit adalah wisata alam yang berada di lereng Gunung Lawu. Di sana ada banyak tempat tempat menarik dan asri yang akan memberi ketenangan batin bagi sisapa saja yang mengunjunginya. Karena letak geografis nya yang menguntungkan, jangan heran kalau kamu akan banyak menjumpai tempat wiisata yang indah dan menarik di kabupaten ini. Mulai dari yang alami sampai buatan manusia, semua ada di sini.

Kebun Teh Kemuning

Karanganyar mempunyaii tempat wisata kebun teh yang di sebut Kebun Teh Kemuning. Saat Tiba di sana, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan wisata karanganyar alam berwarna hijau yang didukung dengan biirunya langit. Kebun teh Kemuning merupakan salah satu destinasi wisata ter favorit di kabupaten Karanganyar. Seperti pada umum nya agro wisata kebun teh, objek wisata yang satu ini juga terletak dilereng gunung yaitu gunung Lawu. Suhu rata rata di daerah ini berkisar pada 21,5 derajat celcius sehingga cukup dingin di badan.

Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Sangat cocok bagi lalian yang ingin menikmati liiburan bersama keluarga di wisata karanganyar dengan suasana alam yang sejuk dan asri. Titik lokasii wisata karanganyar di kebun teh Kemuning sangat banyak, tapi waktu itu saya memilih singgah di area Kali Pucung yang menurut info yang saya dapat memang memiliki fasilitas dan wahana yang lebih banyak dan menarik di banding tempat lainnya. Kebun teh ini sudah cukup populer dikalangan pelancong lokal; mulai dari pemuda, sepasang kekasih, hingga keluarga yang memanfaatkan objek wisata ini untuk berpiknik di hari libur. Pemandangannya yang indah, udaranya yang sejuk, dan tentu saja bebas polusi adalah alasan mereka berkunjung ke sini.

Objek wiisata Kebun Teh Kemuning ini di buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga pukul 18.00 wib. Sedangkan untuk harga tiiket masuk ke kawasan wisata kebun teh Kemuning, pengunjung tiidak pungut biaya alias gratis. Alamat kebun teh Kemuning terletak di Ngargoyoso, Kemuning, Kabupaten Karanganyar atau juga terletak kurang lebih 25 KM dari pusat kota Solo. Jalan menuju ke tempat wisata ini pun terbilang cukup mudah untuk di lalui baik dengan menggunakan sepeda motor, mobil bahkan kendaraan besar seperti bis. Hanya memang untuk sampai dii lokasi ini, kita harus melewati jalanan khas pegunungan, berkelok dan naik turun.

Sekipan Camp Karanganyar

Sekipan adalah sebuah bumii perkemahan yang berada di desa Kalisoro, kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasi tempat ini sekitar 2 kilometer dari pasar Tawangmangu. Suasana di sini sangat segar indah khas daerah pegunungan Tempat ini biasa di gunakan untuk kegiatan makrab beberapa kampus serta organiisasi yang berada dikota Solo dan sekitar nya karna jarak nya tidak terlalu jauh. Cuma sekitar 1,5 km bila ditempuh dari kota Solo.

Bukit Perkamahan Sekipan

Diarea Sekipan inii juga terdapat beberapa warung yang siap menerima pesanan sebagai untuk konsumsi kegiatan kalian. Pemandangan yang ada di sekitar Sekipan ini sangat indah dengan hawanya yang sejuk. Begitu memasuki area Sekipan kamu akan di sambut ramah hutan cemara gunung yang menjulang tinggi untuk menghadirkan suasana sejuk. Sekipan menyediakan berbagai fasilitas yang bisa kamu gunakan. Selain area camping ground, di Sekipan juga terdapat dua buah villa yang bisa di sewa untuk bermalam bagi mereka yang tidak ingin tiidur di tenda.

Villa nya yang ada di Sekipan ini bisa menampung sekitar 20 orang. Biaya villa sudah termasuk retribusi masuk serta asuransi. Pemesan villa juga bebas menggunakan area camping ground maupun beberapa wahana lain tanpa harus membayar uang tambahan. Namun, bila ingin menggunakan blok area tertentu akan dikenakan biaya booking blok.

Di kompleks bumi perkemahan Sekipan ini juga terdapat sebuah air terjun yaitu Curug Kenthongan. Lokasinya memang agak masuk ke hutan, namun suasana di sana cukup asik apalagi masih sangat alami karna jarang ada pengunjung yang datang ke wisata curug ini. Meskipun kebanyakan pengunjung yang datang ke Sekipan adalah orang orang dari organisasi tertentu, mahasiswa, hingga anak anak sekolah, ada juga beberapa keluarga yang menghabiskan waktu liburannya dengan menikmati indahnya suasana hutan sambil bercengkrama di atas tikar atau rerumputan.

Kebun Strawberry

Tawangmangu merupakan gudang nya wisata alam di kawasan Solo Raya bagian timur, tepatnya di Kabupaten Karanganyar. Wisata alam  yang terkumpul di sebuah lereng pegunungan gynyng Lawu ini menjadi tempat wisata favorit warga Tawangmangu Solo Raya dan  sekitarnya seluruh indonesia. Sebab, Gunung Lawu merupakan satu satunya kawasan pegunungan ter dekat dengan beragam wisata alam nya yang berada di kota Solo bagian timur.

Kebun Strawberry Karanganyar

Lahan perkebunan yang di kelola oleh Nasir, seorang petani ini mengembangkan usahanya ini sejak tahun 2001 silam. Awalnya ia hanya menjual hasil kebun nya ini ke pasar pasar dan tempat wisata. Namun berkat inspirasi yang dia dapat ketika ber kunjung ke kebun stroberi di kota Batu, Malang, Jawa Timur, Nasir menjadikan lahan kebun nya ini sebagai tempat wisata rekreasi dan edukasi.

Telaga Madirda

merupakan salah satu telaga alami yang berada di kaki gunung Lawu wilayah kabupaten Karanganyar. Keberadaannya jarang diketahui wisatawan karena belum sepenuhnya dikembangkan sebagai kawasan wisata. Hampir seluruh wisatawan yang berkunjung di lereng Gunung Lawu hanya mengetahui Telaga Sarangan sebagai obyek wisata telaga atau danau. okasinya terletak di Ngargoyoso, tidak jauh dari air terjun Jumog, tetapi hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Mungkin itu yang membuat tempat ini belum terlalu banyak dibicarakan dan dipilih untuk tempat rekreasi sebagai pelepas lelah.

Telaga Madirda Karanganyar

Pemandangan yang hijau di lengkapi dengan telaga berisi air bersih membuat waktu berjalan sangat cepat ketika berada disana. Ada sedikit cerita menarik dari Telaga Madirda yang merupakan obyek wisata di karanganyar jawa tengah ini. Konon ada sebuah batu yang terdapat di sana merupakan batu tempat Retno Anjani bertapa dan melahirkan Anoman.

Untuk menuju ke Telaga Madirda ini di sarankan menggunakan kendaraan pribadi semacam sepeda motor atau mobil yang benar benar kondisinya sangat prima. Jalan yang akan dilalui cukup menanjak tajam dan tinggi begitu juga dengan jalan menurunnnya. Diperlukan ekstra kehati-hatian dalam mengendarai kendaraan karena medan jalan yang sempit dan banyak tikungan. Saat ini belum tersedia kendaraan umum untuk menuju lokasi kecuali dengan menyewa ojek yang banyak ditemukan di tepi jalan.

Luas area Telaga Madirda tidak cukup luas dan hanya menempati sepertiga dari kawasan lembah atau tanah lapang di antara perbukitan lereng Gunung Lawu. Namun sebenar nya seluruh lembah tersebut merupakan bagian dari Telaga Madirda yang mengalami pendangkalan lalu  mengering. Pendangkalan terjadi akibat lumpur yang di bawa air hujan dari atas bukit atau gunung dan ter dampar dikawasan telaga ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here