Inilah Wisata Kuliner Mojokerto Yang Wajib Anda Coba

Mojokerto merupakan salah satu daerah yang berada di Jawa Timur. Letaknya yang tidak begitu jauh daru kota Surabaya menjadikan Mojokerjo begitu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tnetu tidak saja karena letaknya yang berdekatan, tetapi juga karena panoroma alam yang begitu membuat mata tidak ingin terpejam. Tentu sebagai masyarakat Indonesia akan bangga berbagai keindahan alam di setiap kota dan juga wisata kuliner mojokerto nya.

Selain dengan kesksotisan alam yang menawan. Mojokerto Juga memiliki wisata kuliner mojokerto khas yang tentu sayang untuk anda lewatkan. Olahan hasil kerja cerdas dari tangan-tangan masyarakat sekitar yang membuat siapa saja enggan untuk pulang. Bagi anda yang pernah berkunjung tentu akan mampu menjelaskan secara detail. Bagaiman dengan yang penuh pernah ke sana. Artikel beikut akan menjawabnya, utamanya berkaitan dengan kuliner khasnya. Rasa yang disajikan memiliki kesepadanan dengan Kuliner khas Surabaya yang membuat anda gila makan.

Onde onde Khas Mojokerto

Kuliner khas pertama ini memang menarik untuk dibahas. Selain karena bentuknya yang bundar dan menggoda untuk disantap. Juga rasa yang didalamnya tidak kalah menarik pula. Terlebih bahan yang digunakan berupa ketan yang terkenal enak. Yang lebih istimewa di dalam onde-onde ini ada kecang hijau dan di luarnya ditaburi oleh wijen. Perpaduan inilah yang akan memanjakan lidah anda. Sangat sayang ketika tidak mencicipinya saat berkunjung ke Mojokerto. Cita rasa yang disajikan memiliki kesamaan mengintip dapur kuliner super lezat khas demak.

Onde onde Mojokerto

Saat berada di Kota Mojokerto, saya browsing di Google tentang alamat onde-onde di Mojokerto. Nah, setelah browsing lalu saya mendapatkan alamatnya yaitu di Jalan Niaga No 21 Mojokerto. Setelah lama mencari alamat itu, akhirnya tiba juga di lokasi. Di tokonya terlihat papan nama Bo Liem perusahaan onde-onde dan keciput.

Namun saya panggil penjualnya tidak muncul muncul. Soalnya saya datang pada sore hari pukul 15.10 WIB. Akhirnya saya tanya ke warga sekitar soal toko onde-onde yang khas. Ternyata dari Jalan Niaga No 21, saya disuruh jalan ke arah timur (klenteng) lalu belok kiri menuju pasar. Di depan pasar terdapat toko Bo Liem juga. Tanpa membuang waktu, saya bergegas masuk ke toko besar itu dan bertanya “Onde-ondenya masih ada?” lalu penjualnya menjawab “sudah habis mas”. Saya semakin heran dengan rasanya mengingat pada waktu itu persediaan onde-onde sudah habis.

Sate Keong Mojokerto

Sate memang sudah menjadi kuliner Indonesia. Namun, apakah anda pernah mencicipi sate keong. Kalau belum segera datang ke Mojokerto karena di sanalah pusat dari sate ini. Keong sebelum dilepaskan dagingnya di rebus dengan air. Sehingga mudah untuk melepaskannya. Setelah itu daging keong ditusuk dengan dan dibakar. Meskipun berbahan dasar hasil laut tentu rasa yang di sajikan juga tidak kalah ciamik. Penasaran rasanya datang ke Mojokerto.

Sate Keong Mojokerto

selain krupuk dan onde-onde, ada juga sate keong atau orang mojokerto biasa menyebut wisata kuliner mojokerto yaitu sate bekicot, sate keong sendiri adalah satu jenis hewan bercangkang yang banyak hidup di persawahan. Untuk mengolah menjadi sate keong pertama kita mengeluarkan keong dari cangkangnya.

Proses pengeluarkan keong dari cangkangnyapertama dengan merebusnya hingga mendidih. kemudian kita mencongkel keong dari cangkangnya. Jika keong sudah keluar dari cangkangnya baru kita dapat menusuknya dengan tusuk sate dan membakarnya diatas bara arang. Maka jadilah sate keong yang lezat jika diberi bumbu sebagaimana umumnya.

Es Gronjongan Majapahit

Es Gronjongan Mojokerto

Munimum khas wisata kuliner Mojokerto ini memang begitu populer di masyarakat. Terlebih di sajikan ketika siang hati. Dijamin tenggorokan akan jauh lebih sejuk. Kesejukan yang akan menjadikan kehidupan anda jauh lebih bersemangat. Tunggu dulu minuman ini terbuat dari agar-agar yang dipotong kacil-kecil, dicampurkan dengan santan kepala, yang direbus dengan daun pandan, sirup dan es batu. Tentu rasa yang disajikan akan membuat tubuh kembali segar. Minuman ini juga cocom ketika dijadikan minuman saat berbuka puasa. Untuk itu, bagi anda ketika ke Mojokerto Wajib mencicipi wisata kuliner mojokerto. Adapuan rasa kuliner enak terkenal ini juga memiliki kesamaan dengan kuliner teristimewa khas bali yang memanjakan lidah anda.

Sambal Wader

Wisata Kuliner Mojokerto berikutnya adalah sambal wader. Sambel ini memang berbada dari sambal pada umumnya karena berbahan dasar ikan wader. Ikan yang banyak ditemukan di sekitar sungai Mojokerto. Cara untuk membuat sambal wader ini juga cukup mudah. Ikan wader yang telah diolah di campur dngan bumbu membuat sambal.  Apalagi keberadaan warung dengan menawarkan menu khas Iwak Wader ini banyak ditemukan di sekitar kawasan Kolam Segaran. Kolam ini merupakan kolam kuno zaman Kerajaan Majapahit.

Sambel Wader Mojokerto

Mitos yang berkembang, Iwak Wader atau ikan kecil yang banyak hidup di Kolam Segaran dan sungai sekitar kawasan tersebut sudah menjadi tangkapan dan dikonsumsi oleh warga setempat untuk menjadi lauk pauk. ”Konon sejak zaman Majapahit, menangkap ikan wader dari kolam Segaran untuk dimakan,” katanya.

Menu masakan di warung ini adalah ikan wader goreng yang diletakkan di atas sambal khas.Nasi wader Trowulan Segaran ini memiliki rasa yang khas dan resep bumbu yang berbeda. Kekuatan rasanya ada pada sambal yang pedas dan segar. Sambal yang disajikan juga sambal segar, sambal yang baru dibuat ketika ada pesanan.

Bumbu sambal berupa cabai, tomat, bawang merah, putih, dan jeruk nipis ditumbuk pada saat masih segar tanpa digoreng. Bumbu sambal mentah itu membuat rasa pedasnya kian mantap saat dipadukan dengan renyahnya ikan wader yang digoreng garing.

Rasa ikan wader dipadukan dengan pedasnya cabai akan membuat siapa saja yang mencicipi terbelalak. Terlebih di makan menggunakan nasi hangat dan lauk tempa dan tahu. Dijamin kegelisahan anda dalam kehidupan akan lupa sejenak. Karena tergantikan keenakan dari sambal wader ini.

Krupuk Upil

Krupuk Upil Mojokerto

Apa yang terlitas dalam pikiran anda mendengarkan nama kuliner ini. Walau sedikti gimana pasti anda pernah mencicipinya. Karena memang kuliner khas Mojokerto ini memang sudah melalangbuana di seluruh Indonesia. Krupuk ini berbahan dasar tepung trigu pilihan. Tidak saja itu, cara mengoreng juga unik karena menggunakan pasir. Tentu akan jauh rendah lemak dan cocok untuk anda yang sedang diet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *