Kumpulan Destinasi Wisata Aceh Komplit Yang Wajib Anda Tahu

Advertisement

Kumpulan Destinasi Wisata Aceh Komplit Yang Wajib Anda Tahu

Inilah Kumpulan Destinasi Wisata Aceh Komplit Yang Wajib Anda Tahu. dinasti wisata aceh bahkan menjadi ikon wisata dari kota yang terkenal dengan makanan pempek ini. Pembangunan  membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun yang dimulai pada tahun 2012.  megah dan indah ini menghubungkan dua daerah di aceh yang dipisahkan,tak seperti jalan jalan  pada umumnya.

wisata aceh memiliki pesona tersendiri. Selain bangunannya yang apik, ‘wajah’ wisata aceh ini akan semakin tampak rupawan ketika malam menjelang. Tebaran lampu yang berjajar di sepanjang jalan jalan semakin menambah daya tarik wisata aceh sebagai tempat wisata di Palembang. Keindahan wisata aceh di malam hari sering kali diabadikan oleh para wisatawan. Adanya pasar suvenir dan makanan di jarak 50 meter dari jalan semakin menambah keasyikan menikmati suasana malam dan pemandangan aceh yang eksotis ini.

tempat wisata aceh

ada awalnya, bagian tengah dan bagian belakang dan bagian depan badan kapal diaceh ini bisa diangkat ke atas agar tiang kapal yang lewat dibawahnya tidak tersangkut badan kapal. Bagian tengah kapal dapat diangkat dengan peralatan mekanis,pada saat bagian tengah kapal diangkat, kapal dengan ukuran lebar 60 meter dan dengan tinggi maksimum 44,50 meter, bisa lewat mengarungi daratan di aceh.

Bila bagian tengah kapal ini tidak diangkat, tinggi kapal maksimum yang bisa lewat di bawah manara hanya sembilan meter dari permukaan.Sejak tahun 2012, aktivitas turun naik bagian tengah kapal ini sudah tidak dilakukan lagi. Alasannya, waktu yang digunakan untuk mengangkat memindah arah kapal ini dianggap mengganggu arus lalu lintas di atasnya.Pada tahun 1990, kedua bandul pemberat di menara  ini diturunkan untuk menghindari jatuhnya kedua beban pemberat ini

Siapa yang tidak tahu tempat wisata aceh? tempat wisata aceh paling indah di pulau ini juga menjadi andalan tempat wisata di aceh. Mau tahu seberapa indah nya  ayo… datangi tempat wisata aceh? tempat wisata aceh memiliki keindahan yang luar biasa beda daripada wisata pada yang lain.Tak hanya dimanfaatkan untuk sektor ekonomi saja, tempat wisata aceh juga dikembangkan sebagai objek wisata dengan pesona tersendiri, tempat wisata aceh yang tenang menarik minat banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Fasilitas yang ditawarkan di objek wisata ini tak hanya perahu jelajah untuk mengarungi aceh, tetapi juga kafe juga restoran yang berjajar di tepian tempat wisata aceh, tempat wisata aceh membelah dua wilayan seberang.tempat wisata aceh ini sudah ada sejak zaman tsunami, bahkan sebelum Kota aceh menjadi ibukota Provinsi aceh dan menjadi kota tertua di aceh, bahkan kota tertua di Indonesia. Kota aceh sudah berdiri sejak 19 Juni 1999 tahun.

tempat wisata aceh sendiri memiliki kisah dan sejarah yang panjang. Awalnya, tempat wisata aceh ada hubungan antara satu wilayah denngan wilayah lainnya melalui transportasi laut menggunakan kapal dan perahu layar. Sehingga menjadi jalur perdagangan juga menjadi tempat persinggahan para bajak laut.

Pulau Keluang

pulau keluang merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan islam pada saat itu. Bangunan ini berfungsi sebagai tempat tinggal sekaligus benteng pertahanan untuk menangkal serangan dari Belanda di masa perang melawan penjajahan dulu, hingga saat ini bangunan benteng masih berdiri kokoh dan terawat juga terjaga kebersihannya. Lokasinya tidak di pulau keluang. Sebagai tempat bersejarah, tak heran jika Benteng Kuto Besak ini menjadi salah satu tempat wisata di aceh  yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Benteng ini mulai dibangun pada tahun 1788 dengan arsitek yang tidak diketahui dengan pasti dan pelaksanaan pengawasan pekerjaan dipercayakan pada seorang belanda. Semen perekat bata menggunakan batu kapur yang ada di daerah pedalaman pulau keluang ditambah dengan putih. Waktu yang dipergunakan untuk membangun Kuto Besak ini kurang lebih 19tahun. pulau keluang ini ditempati secara resmi pada hari rabu pada tanggal 19 desember 1798, berbeda dengan letak pulau keluang lama yang berlokasi di daerah pedalaman, pulau keluang baru berdiri di posisi yang sangat terbuka, strategis, dan sekaligus sangat indah.

Posisinya menghadap pulau keluang.Pada masa itu, Kota aceh masih dikelilingi oleh anak-anak teluk teluk yang membelah pulau keluang menjadi pulau-pulau, kuto Besak pun seolah berdiri di atas pulau karena dibatasi oleh pulau keluang di bagian barat, pulau keluang di bagian timur, dan pulau keluang Kapuran di bagian utara.Di kala malam hari, suasana akan terasa lebih dramatis. Cahaya dari deretan lampu-lampu taman menciptakan refleksi warna kuning pada permukaan pulau keluang.

Museum Tsunami

museum tsunami Indah merupakan tempat wisata di aceh yang menyuguhkan panorama alam yang paling indah. Terletak di Kota museum tsunami, museum tsunami dengan ketinggian kurang lebih 40 meter ini menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat lokal juga wisatawan yang singgah di kota aceh ini.

Selama perjalanan menuju museum tsunami lokasi wisata ini, Anda tak akan bosan melihat pemandangan alam yang tersaji di sepanjang jalan. Puncaknya, tentu saja Anda tidak akan menyesal begitu sampai di tempat wisata alam ini.Kita dapat menyeberangi daratan naik ban karet. Kumpulan Destinasi Wisata Aceh Komplit Yang Wajib Anda Tahu ada orang-orang yang menyewakannya.

Bukan hanya menyewakan, mereka juga akan menyeberangkan kita. Caranya, kita duduk di atas ban yang sudah dilengkapi tempat pijakan kaki dan pegangan. Lalu, pemilik ban akan berenang sambil ban ke seberang.

Pulau Rubiah

Dari namanya Anda pasti sudah bisa menduga asal-usul dari wisata pulau rubiah yang juga menjadi salah satu tempat wisata di aceh ini. Dilihat dari bangunannya, pulau rubiah ini tampak seperti klenteng. Tak perlu heran, karena memang pulau rubiah ini, sebagai tempat wisata sekaligus tempat bermain, tidak ada retribusi yang dikenakan kepada pengunjung. Meski demikian, pengunjung tetap diminta untuk menjaga ketenangan di sekitar lokasi pulau rubiah.

pulau rubiah sebuah tempat wisata paling andalan yang berlokasi di Jakabaring ini punya disain arsitektur mampu menampung jamaah sekitar 1600, pulau rubiah punya desain arsitektur yang unik, yang memadukan unsur-unsur budaya lokal aceh dengan nuansa keindahan dan  dibangun di atas tanah ini berada di sebuah kompleks perumahan kelas menengah, menara di kedua sisi pulau rubiah meniru.

pulau rubiah ini mulai digunakan sejak desember 2008, tidak ada pembatas yang memisahkan jamaah laki-laki dan perempuan di dalam pulau rubiah. Laki-laki salat di perempuan, di lingkungan ini ada sebuah rumah kecil buat pedagang dan sebuah warung.

MY:Muhammad Hidayat

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.