Kumpulan Informasi Seputar Tempat Wisata di Jogja Yang Terkenal

Advertisement

Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal

Kota Yogyakarta merupakan suatu daerah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Dengan menjadi daerah istimewa, Kota Yogyakarta memiliki berbagai potensi wisata yang menarik untuk digali. Dengan memiliki slogan Never Ending Asia, Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang sangat potensial di Indonesia. Tidak kalah dengan daerah yang lain, misalnya seperti Bali, Yogyakarta memiliki berbagai pilihan tempat wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan budayanya yang masih melekat, baik masyarakatnya merupakan salah satu daya tarik yang mampu menyedot wisatawan untuk selalu mengunjungi Yogyakarta sebagai tempat tujuan wisata yang utama.

Kota Yogyakarta sebenarnya masih berada di daerah Provinsi Jawa Tengah. Karena diberikan status keistimewaan, maka Kota Yogyakarta berkedudukan setara dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia yang sekarang berjumlah 33 provinsi. Ada banyak yang menarik yang dapat dikunjungi untuk tujuan wisata Anda. Kota Yogyakarta memiliki berbagai peninggalan sejarah di masa lampu dari Kerajaan Mataram Kuno dan Mataram Islam, hingga peninggalan-peninggalan sejarah ketika masa paska perang kemerdekaan yang terkenal dengan Serangan Umum 1 Maret nya. Selain itu, peninggalan-peninggalan berupa candi juga banyak terdapat di daerah Yogyakarta, karena situs tersebut merupakan peninggalan langsung dari masa Kerajaan Mataram Kuno yang terkenal dengan Dinasti Syailendra dan juga Dinasti Sanjaya.

Selain di Mataram Kuno, Yogyakarta juga telah memberikan peninggalan Kerajaan Mataram Islam, yang hingga saat ini masih eksis yakni Kasultanan Yogyakarta, di mana Sultan Hamengku Buwono X saat ini menjadi kepala daerah Istimewa Yogyakarta dan satunya yaitu Keraton Pakualaman Yogyakarta yang sampai sekarang masih eksis berada di tengah-tengah masyarakat yang modern. Namun begitu, ternyata tidak melunturkan tradisi dari peninggalan masa lalu, sehingga hal ini yang membuat daya tarik tersendiri bagi pariwisata Yogyakarta. Di samping tempat-tempat wisata yang bernuansa sejarah, di Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki tempat tujuan wisata yang akan memanjakan Anda untuk yang gemar berbelanja.

Adapun tempat wisata di Jogja yang memanjakan Anda yang gemar traveliing di antaranya :

  1. Malioboro

Salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang sangat populer yakni Malioboro. Malioboro merupakan sebuah kawasan untuk belanja yang jaraknya membentang di sepanjang jalan utama di Yogyakarta. Di sepanjang jalan tersebut terdapat banyak sekali pedagang kaki lima, yang rata-rata menjual pakaian, kerajinan khas Yogyakarta, batik, serta beberapa kedai makan dan minum yang tentunya memanjakan Anda yang gemar travelling. Bila Anda berkunjung di malam hari, Anda akan semakin terhibur dengan adanya beberapa seniman jalanan yang akan menemani wisata Anda di malam hari. Mereka para seniman tersebut tidak hanya bernyanyi, ada yang melukis, melakukan performing art baik itu pantomim atau aksi teatrikal lainnya. Sehingga malam Anda di Yogyakarta tidak akan terasa sepi dengan hiburan yang disajikan mereka para seniman jalanan tersebut.

candi borobudur jogjakarta

  1. Keraton Jogjakarta

Inilah salah satu daya tarik utama pariwisata Yogyakarta. Eksistensi keraton Yogyakarta memang tidak dipungkiri lagi, karena selain penjaga warisan leluhur, di keraton inilah hingga saat ini pusat pemerintah daerah istimewa Yogkarta dilaksanakan. Anda dan para wisatawan yang tertarik dengan keraton Yogyakarta dapat menjadikannya sebagai tempat tujuan wisata Anda. Di sini Anda bisa berkunjung ke museumnya, atau perpustakannya yang menyimpan berbagai koleksi peninggalan para pendirinya.

keraton jogjakarta indonesia

  1. Taman sari

Taman sari merupakan sebuah kawasan peninggalan kerajaan Mataram yang dulu berfungsi sebagai taman kebun dan tempat pemandian untuk para putri raja beserta kerabatnya. Dibangun di masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I yang berlangsung antara tahun 1758 -1765. Taman ini memiliki julukan sebagai The Fragfrant Garden. Memiliki luas 10 hektar di awal pendiriannya dahulu. Di dalam taman sari tersebut setidaknya terdapat 57 buah bangunan, yang diantaranya gedung-gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, danau buatan, pulau buatan, dan juga lorong bawah air. Sangat menakjubkan sekali bukan? Dan tentu saja keberadaan Taman Sari merupakan salah satu tempat tujuan wisata Yogyakarta yang memang sayang untuk Anda lewatkan.

pemandangan taman sari jogjakarta

  1. Candi Prambanan

Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta dari arah Timur, ketika Anda akan memasuki kota Yogyakarta, Anda akan melihat pemandangan yang sangat menakjubkan yakni berdiri tegak dan megahnya sebuah bukti kejayaan masa lampau yang sangat megah, yaitu Candi Prambanan. Terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dengan Provinsi daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini keberadaanya tidak lepas dari adanya mitos tentang seorang gadis yang bernama Roro Jonggrang yang hendak dipersunting oleh Bandung Bondowoso. Untuk memenuhi syaratnya agar bisa memperistri Roro Jonggrang, maka Bandung Bondowoso sanggup untuk membuatkan seribu candi. Karena kelicikan Roro Jonggrang yang sebenarnya enggan untuk diperistri Bandung Bondowoso, maka Roro Jonggrang pun dikutuk oleh Bandung Bondowoso menjadi sebuah arca yang gunanya untuk melengkapi candi buatannya menjadi 1000 buah candi. Dan jika Anda berkunjung ke Candi Prambanan, maka Anda pun akan menemukan letak dari patung Roro Jonggrang tersebut. Terlepas dari benar tidaknya cerita tersebut, Candi Prambanan merupakan candi peningggalan dari Dinasti Syailendra yang dibangun di era abad IX. Candi Prambanan merupakan salah satu warisan budaya yang telah ditetapkan sebuah badan PBB yaitu UNESCO.

candi prambanan jogjakarta

  1. Pantai Parangtritis

Tempat wisata murah selanjutnya yang bisa dijadikan referensi bagi Anda untuk melakukan travelling adalah Pantai Parangtritis. Tentu Anda sudah sangat mengenal sekali dengan Pantai Parangtritis bukan? Pantai Parangtritis merupakan pantai yang sangat terkenal di Yogyakarta. Di hari-hari tertentu sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung. Terutama ketika malam tahun baru Hijriyah. Dimana di Pantai Parangtritis diadakan ritual Labuhan yang dilakukan oleh Keraton Kasultanan Yogyakarta. Ritual ini sangat banyak mengundang wisatawan yang ingin datang prosesi dari ritual tersebut. Selain untuk kegiatan budaya seperti yang sudah disebutkan tadi, di pantai ini juga menyediakan layanan untuk melakukan kegiatan olahraha seperti aeromodeling, ATV, atau menikmati keindahan pantainya dengan menyusuri pantainya menggunakan dokar atau menunggang kuda. Tentunya dengan daya tarik tersebut akan banyak menyedot wisatawan untuk mengunjunginya.

pantai parang tritis sore hari

            Demikianlah beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang sangat terkenal dan wajib Anda kunjungi bila Anda melakukan travelling ke Yogyakarta. Tentu saja tidak hanya itu saja tempat-tempat wisata di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi, karena di sini masih ada beberapa tempat wisata yang belum tereksplor. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menikmati kegiatan travelling Anda.

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.