Pesona Pantai Perawan Banyuwangi, Wedi Ireng

Advertisement

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi, yach nama pantai yang mungkin masih asing ditelinga Anda. Inilah sosok unik dan eksotiknya pantai Banyuwangi. Ketika saat ini pemerintah kabupaten Banyuwangi sedang asik-asiknya menggalakkan destinasi wisata, ketika sedang hot-hotnya promo wisata, Banyuwangi juga banyak membuka destinasi wisata alam dan laut yang baru. Salah satunya pantai yang masih perawan adalah Pantai Wedi Ireng. Lalu dimana sih pantai yang berarti wedi ireng (pasir yang hitam) tersebut? Mungkin Anda bertanya-tanya bagi Anda yang masih asing dengan wisata pantai anyar ini.

Jika Anda penasaran dengan Pantai Wedi Ireng, letak tepatnya ada di Kecamatan Pesanggaran, Desa Sumber Agung Banyuwangi. Daerah ini masih satu kecamatan dengan pantai yang sudah terkenal duluan Pulau Merah. Karena lokasi Pantai Wedi Ireng cukup masuk kedalam plus akses jalannya agak susah sehingga pantai ini memang masih betul-betul perawan, alias pantai yang masih belusm banyak di jamah oleh manusia, khusunya oleh wisatawan baik, apalagi wisatwan asing.

Dengan kondisi alamnya yang masih perawan, akses masuk yang masih sulit tentunya pantai wedi ireng secara tidak langsung menyuguhkan pantai yang tenang, pantai yang bersih serta pantai yang masih alami dan perawan untuk ukuran wisata hari ini. Anda tahu sendirikan, banyak pantai-pantai yang ketika sudah terjamah manusia dan mulai dikomersilkan akan penuh dengan sampah dan kotoran. Inilah yang merusak pemandangan alam itu sendiri, So, ada nuansa lain dan alami ketika Anda berkunjung dan berekplorasi di pantai wedi ireng ini akan mendapatkan hadiah pemandangan pantai yang berbeda dengan yang lain. Istimewa banget deh dari sisi ketenangan, eksotiknya alam, pohon-pohon sekitar pantai yang asri dan rindang, melihat sosok pantai terhempas biru yang masih super alami.

Pantai Eksotis Banyuwangi Wedi Ireng (youtube.com)
Pantai Eksotis Banyuwangi Wedi Ireng (youtube.com)

Inilah unik serta bagusnya Pantai Wedi Ireng Banyuwangi. Relatif belum terjamah manusia, sehingga Anda akan menemukan sebuah tempat pantai yang cukup sunyi, namun bak disyurga yang tersembunyi. Salah satu pesona yang bisa Anda nikmati adalah pantai yang mempunyai pasir yang sangat halus berwarna putih, tentu akan sangat asik jika digunakan untuk mandi dan berenang disekitar pinggir pantai. Belum lagi melihat deburan ombak yang dahsyat membelah bebatuan yang mantap di pantai selatan Jawa Timur ini.

Jika Anda bertanya, nama pantainya kok Wedi Ireng, sedangkan tulisan diatas kok menceritakan pantai dengan pasir putih yang halus??? Dimana letak pantai Wedi Irengnya? So, konon cerita nama wedi Ireng diambil karen pantai ini mempunyai keunikan. Uniknya ketika Anda melihat pasir pantai yang berwarna putih, namun ketika Anda keruk dengan tangan dalamnya akan berisi pasir hitam, dalamnya ketika dikeruk akan ada pasir hitamnya. Pasir pantai yang aneh dan unik bukan! Wow…dengan kondisi pasir pantai yang seperti ini, dinamakanlah pantai ini dengn sebutan Pantai Wedi Ireng. Karena umumnya jika pantai dihamparan luarnya putih, biasanya ketika dikeruk dalemnya juga tetap putih, namun ini adalah pesona eksotik khusus pantai wisata Wedi Ireng Banyuwangi. Pantai yang unik, lain daripada yang lain.

Akses Menuju Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Anda ingin berkunjung ke Pantai Wedi Ireng Banyuwangi? Ya, caranya gimana, dan lewat mana yang paling cepat dan murah? Mungkin Anda bertanya-tanya, gimana caranya menuju pantai yang masih relatif perawan tersebut?

Jika Anda bertanya “Untuk menuju pantai ini lewat mana?”

Tentu jawaban saya adalah dari pantai yang paling dekat dengan Pantai Wedi Ireng tersebut, yaitu Pantai Pancer. Lalu ketika Anda bertanya lagi, “Bagaimana menuju Pantai Pancer?”

Berarti saya harus menjelaskan akses ke Pantai Pancer ini dari terminal Jajag. Ya, lokasi yang mudah dijangkau dan dikenal oleh siapapun yang sudah faham dengan Banyuwangi. Jajag adalah salah satu kota Banyuwangi yang boleh dibilang di daerah persimpangan. Ya, daerah persimpangan menuju kota Banyuwangi atau dari Kota Gentang. Jika Anda mungkin masih bingung dengan letak Kota Banyuwangi Silahkan lihat Peta Berikut ini.

Peta Pantai Wedi Ireng Banyuwangi
Peta Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Jadi untuk menuju Pantai Wedi Ireng, pertama-tama dari Kota Jajag silahkan mencari ke arah selatan menuju Pesanggran. Pesanggaran ini adalah nama daerah atau Kecamatan dimana Pantai Pancer berada. Ketika Anda bingung kemana Pantai Pancer, maka bisa juga Anda cari kemana Pantai Pulau Merah yang sudah terkenal itu. Dari Pantai Pulau Merah kira-kira sekitar 3 Km menuju selatan barat, akan ketemu dengan Pantai Pancer.

Sesampai Anda sudah di Pancer, Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat arah mana Pantai Wedi Ireng. Memang ada dua akses untuk menuju Pantai tersebut, yang pertama jalur darat, sedangkan yang kedua bisa lewat laut dengan menyewa perahu nelayan setempat. Untuk menyewa perahu, bahasa yang biasa mereka gunakan adalah Ojek Perahu menuju Pantai Wedi Ireng. Jika Anda menyewa perahu menuju Pantai, berarti Anda harus merogoh kocek sebesar Rp.25 ribu rupiah untuk sekali jalan. Namun jika Anda menyewa pulang pergi, biasanya nelayan ojeg bisa di tawar dengan harga Rp.40.000 per orang.

Naik Perahu Menuju Wedi Ireng (enggarvip.blogspot.com)
Naik Perahu Menuju Wedi Ireng (enggarvip.blogspot.com)

Kembali lagi ketika Anda cukup banyak waktu dan ingin mencoba menjelalah dengan jalan kaki, Anda tinggal menyebrang muara yang ada di sekitar Pantai Pancer tersebut. Jika Anda beruntung dan tidak pasang, berarti Anda cukup menerjang muara tersebut. Namun jika kebetulan air laut pasang, Anda bisa minta tolong dengan nelayan untuk menyebrang muara, biasanya ongkos menyebrang muara tesebut sekitar Rp.5000, tergantung nego Anda. Bisa kadang lebih mahal dari Rp.5000. Tergantung dengan nelayan mau pasang tarif berapa ke Anda.

Ketika Anda sudah berhasil menyebrangi muara sekitar Pantai Pancer tersebut, Anda tinggal meneruskan perjalanan menuju pantai yang Indah dan eksotik tersebut, Wedi Ireng. Tinggal selangkah dua langkah lagi. Pastikan Anda memilih jalur kearah kanan atau ke Barat. Kenapa? Karena memang ada dua jalur yang berbeda, jangan salah pilih jalan atau arah. Pastikan yang sebelah Barat ya! Ikuti dan nikmati jalan yang bersemak dan belukar tersebut. Kira-kira tak sampai 30 menit Anda akan menemukan Pantai Wedi Ireng Yang Ekstotik tersebut.

“Selamat Anda Sudah Sampai di Destinasi Wisata Alam paling Indah dan Eksotik Perawan di Banyuwangi, Wedi Ireng!”

Advertisement
Bagikan

1 Comment

  1. Bagaimana akses menuju ke sana jika menggunakan bis pariwisata? Mhn infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.