Pulau Merah, Surga Wisata Eksotik Pantai Banyuwangi

Advertisement

Pulau Merah, Surga Wisata Eksotik Pantai Banyuwangi

Wisata Pulau Merah-Wisata dengan nuansa pantai yang beraroma syurga untuk kota Banyuwangi. Jika beberapa tahun yang lalu mungkin Anda tidak begitu mengenal apa itu Pulau Merah. Ya, beberapa tahun yang lalu memang Banyuwangi sudah kaya akan wisata pantai. Mulai sekitar kota Banyuwangi sendiri hingga ujung selatan, semuanya mempunyai kawasan yang natural dan eksotik untuk berwisata. Banyuwangi memang syarat dengan alam yang masih hijau dan pemandangan alam yang super alami. Salah satu pantai yang saat ini cukup terkenal dan terus di ekpose salah satunya pulau merah ini. Jika melihat sejarah keterkenalan wisata pantai ini, Wisata Pulau Merah dulu bukan apa-apa dan tidak terkenal di mana-mana. Namun beriring dengan bergulirnya waktu, atas kepedulian Bupati Banyuwangi yang cukup fenomenal, mengangkat wisata pantai Pulau Merah ini menjadi wisata yang cukup bagus dan terkenal.

Tengok saja setiap tahun pasti ada even yang cukup besar di kawasan pantai ini. Mulai dari event yang namanya Tour De Ijen, salah satu tracknya berakhir di Pantai Pulau Merah ini. Sebelum para pembalap sepeda melakukan aksinya untuk balapan di Banyuwangi ini, yang rata-rata berasal dari manca negara disambut dengan melepaskan tukik di pinggir kawasan wisata ini. Sungguh menarik bukan?, sambil berwisata di pantai dapat sekalian menonton acara balap sepeda level international yang dimulai dari kawasan pantai yang memiliki pemandangan gunung berwarna merah ini. Belum lagi jika Anda beruntung ketika datang di kawasan pantai Merah ini, Anda akan menjumpai event selancar tingkat dunia yang dilakukan di area pantai ini. Sesuatu banget deh pokonya, pantai yang sebetulnya biasa-biasa saja, namun karena kepiawaian sang Bupati Azwar Anas menjadi kawasan wisata yang mempunyai nilai jual yang mahal.

Turis di Pulau Merah
Turis di Pulau Merah

Jika Anda berkunjung ke Pulau Merah Banyuwangi apa cuma mendapatkan wisata tunggal ini?Ooo, Anda tentu salah jika hanya Pulau Merah saja yang Anda kunjungi. Memang sih pantai ini cukup eksotis yang berada di kawasan Pesanggaran ini. Tentunya ada pantai-pantai lain yang siap memanjakan Anda dengan gaya kenaturalannya. Tengok saja pantai-pantai di sekitar Pulau Merah yang tak kalah eksotik dan menawan. Untuk pantai yang paling dekat Pulau Merah ini tentunya Pantai Pancer,  juga ada yang tidak kalah menarik wisata disekitar dekat-dekat Pulau Merah ini, ada Rejeg Wesi, ada pula pantai dengan julukan Teluk Ijo (Green Bay) yang cukup eksotik serta fenomenal karena untuk mejangkaunya harus melalui medan yang cukup terjal serta berat karena masih sangat alami dan natural.

Tiket Masuk Pulau Merah
Tiket Masuk Pulau Merah

Kembali lagi bercerita soal Pulau Merah suatu kawasan pantai tepatnya berada di Desa Sumber Agung Kecamatan Pesanggaran. Kenapa orang menyebutnya Pulau Merah? Wisata ini dinamakan Pulau Merah karena memang di kawasan pantai tersebut ada gunung atau pulau mungil dengan warna kemarah-merahan. Jadi ketika Anda berkunjung di kawasan laut ini akan menjumpai pulau di tengah-tengah laut dengan di huni gunung berwarna Merah. Untuk mencapai gunung ini, jika Anda beruntung saat keadaan pantai tidak pasang air lautnya, tentu Anda bisa berjalan kaki menuju pulau tersebut, yang biasa orang sebut Pulau Merah. Tentu sangat Wow!, jika Anda bisa menyeberang di kawasan pantai pulau ini. Dengan mata telanjang Anda akan menjumpai keelokan hewan-hewan kecil dipantai. Entahlah namanya apa, yang jelas jenis alga-algaan, tumbuhan laut yang hijau, sejenis rumput laut yang aneh-aneh, atau aneka warna bintang laut semua bisa Anda pegang dan buat main-main karena kawasan pantai ini lagi surut. Adalah sebuah pengalaman wisata yang menarik bukan? Sangat unik dan super eksotiklah ketika Anda bisa menyempatkan untuk berwisata di kawasan pantai yang masih sangat alami ini.

Wisata keren pelau merah
Wisata keren pelau merah

Jika Anda mengajak keluarga, tentu bisa mengajak mandi anak-anak Anda dan bermain-main dengan deburan ombak yang masih alami. Namun ingat satu hal, Anda harus tetap waspada jika mandi di laut Merah ini bersama keluarga, karena walaupun ombaknya kadang cukup bersahabat namun sewaktu-waktu juga akan datang ombak yang cukup dahsyat. Jadi tips dari penulis tetap waspada dan hati-hati ketika Anda berwisata di Pulau Merah ini.

Pesona lain yang tak kalah menarik di kawasan ini adalah ada pura mungil dengan tema Pura Segara. Jadi pura ini juga digunakan sebagai tempat peribadatan umat Hindu yang kadang-kadang datang dari kawasan Bromo dan Bali yang kononnya merupakan saudara atau satu umat dengan mereka. Adapun nama Pura ini adalah Pura Segara Tawang Alun. Sebuah pemandangan yang cukup menarik dan eksotis di pinggir pantai ada Pura yang natural dan alami.

Pura Segara Pulau Merah
Pura Segara Pulau Merah

Event-Event Wisata Di Pulau Merah

Jika Anda berkunjung ke Pulau Merah, sebetulnya bukan paket wisata pantai saja yang ditawarkan. Anda juga bisa menikmati berbagai paket sajian khas wisata Banyuwangi. Berikut ini beberapa event yang biasa digelar di Pulau Merah.

  1. Tour De Ijen Start Akhir Pulau Merah

Ketika Anda berkunjung ke Banyuwangi alangkah asiknya jika bertepatan dengan acara yang di gelar sekelas International, Tour De Ijen. Acara ini memang digelar tahunan sebagai kegiatan wisata promosi Banyuwangi. Tour de Ijen ada salah satu etapenya start dari Pendopo Banyuwangi dan berakhir di Pulau Merah ini. Sungguh menakjubkan bukan? Sebuah kemasan wisata yang cukup menarik. Anda bisa menyaksikan dengan gratis para pembalap-pembalap sepeda international bertarung adu kehebatan menaklukkan Banyuwangi yang konon ceritanya, mereka banyak membawa pembalap-pembalap yang lihai dengan julukan raka tanjakan. Ya karena diakui atau tidak diakui karena etape ini banyak menggunakan jalur tanjakan. Jika Anda menemui event ini, tentu sangat mengasikkan bukan? Ok, jangan lewatkan event akbar tahunan Banyuwangi yang sudah ada sejak tahun 2012 ini.

Tour de Ijen Pulau Merah
Tour de Ijen Pulau Merah
  1. Surfing International

Event kedua yang tak kalah menarik di Banyuwangi adalah Surfing International yang dipusatkan di Pulau Merah ini. Wow, banget gitu loh! Ajang berkumpulnya para peselancar international di Pulau Merah. Jika Anda berwisata di Pulau Merah dan menginginkan untuk menjumpai event ini, biasanya ada di bulan mei. So, ini adalah momen yang jarang ada, jadi pastikan Anda jangan pernah melewatkan event ini. Gak harus ke Bali bung, untuk melihat event selancar tingkat dunia, di Pulau Merah Banyuwangi sudah ada bro!

Surfing pulau merah
Surfing pulau merah
  1. Event Besar Lainnya yang di pusatkan di Pulau Merah

Untuk event berikutnya adalah event-event promosi wisata lainnya yang di pusatkan di Pulau Merah. Semisal beberapa waktu yang lalu ada event festival rujak soto Banyuwangi dengan mengundang Putri Indonesia dan diajak jalan-jalan untuk menyaksikan eksotiknya pantai Pulau Merah ini. Jadi banyak sekali event-event penting Banyuwangi yang selalu di pusatkan di kawasan pantai selatan Banyuwangi ini.

Pembukaan event surfing Pulau Merah
Pembukaan Event Surfing Pulau Merah

Bagaimana Untuk Mencapai Pulau Merah Dari Surabaya?

Menggunakan Jalur Angkutan Bus Umum

Jika Anda bukan orang Jawa Timur dan menginginkan berkunjung ke Banyuwangi, saya akan memberikan rambu-rambu seandainya Anda melakukan backpaker dari kota Surabaya. Oke, jika Anda sudah berada di kota Surabaya ingin menuju Banyuwangi silahkan mencari Bis Umum dengan tujuan Probolinggo. Setelah sampai Probolinggo silahkan meneruskan perjalanan menuju kota Jember. Kemudian sampai Anda di terminal Jember diteruskan untuk naik Bis umum jurusan Banyuwangi. Jika Anda sudah naik bis umum jurusan Banyuwangi ini jangan turun di Banyuwangi tetapi silahkan ngomong dengan kondektur bisnya turun terminal Jajag.

Jika Anda sudah sampai diterminal Jajag silahkan mencari angkutan Bis Damri yang sudah disediakan di terminal Jajag menuju pantai Pulau Merah ini. Hanya sebagai gambaran saja, perjalanan Surabaya Banyuwangi (Jajag) kira-kira memakan waktu sekitar 8 jam. Jadi jika Anda ingin ke Banyuwangi dan menikmati Pulau Merah ini idelanya Anda dari Surabaya malam hari, sehingga ketika sudah sampai Pulau Merah ini Anda sudah pagi. Jadi tidak perlu untuk menginap hanya untuk menikmati wisata Pulau Merah yang Anggun dan eksotik ini.

Bis damri di Jajag Banyuwangi
Bis Damri di Jajag Banyuwangi (Illustrasi)

Menggunakan Jalur Pesawat Udara Dari Surabaya

Jika Anda ingin berkunjung ke Kota Banyuwangi saat ini sudah ada rute penerbangan rutin Surabaya Banyuwangi. Jadi ketika Anda ingin menikmati indahnya kota Banyuwangi dengan jalur udara silahkan membeli tiket pesawat jurusan Surabaya Banyuwangi. Ketika Anda terbang dan sudah mencapai kota Banyuwangi, Anda akan turun di Bandara Banyuwangi yang tepatnya di Blimbingsari Kecamatan Rogojampi.

Untuk meneruskan perjalanan wisata ke Pulau Merah silahkan mencari angkutan umum Bis Damri jurusan langsung wisata Pulau Merah. Jika Anda tidak menemui angkutan wisata Bis Damri ini, ada alternatifnya yaitu Anda bisa mencari angkutan bis umum jurusan Jajag. Kemudia setelah sampai di Jajag silahkan mencari angkutan umum menuju pantai Pulau Merah ini. Biasanya untuk tarif bis Damri sekitar 15 ribu rupiah (jika tidak ada kenaikan tarif). Dengan biaya murah ini, Anda sudah bisa langsung menuju kawasan wisata Pulau Merah yang eksotis ini.

Bandar udara Blimbingsari
Bandar Udara Blimbingsari Banyuwangi

Menggunakan Jalur Kereta Api Dari Surabaya

Jika Anda ingin mengunjungi wisata Pulau Merah menggunakan jalur Kereta Api maka pilihalah tiket dengan tujuan akhir kota Banyuwangi tepatnya stasiun Kalibaru. Ketika Anda sudah sampai di stasiun Kalibaru maka Anda tinggal mencari angkutan bis umum dengan tujuan kota Jajag.Setalah Anda sampai di Kota Jajag silahkan mencari angkutan bus Damri jurusan Pulau Merah. Mudah bukan? Jadi Anda tidak perlu bingung untuk mencapai wisata Pulau Merah ini, cukup mudah angkutan transportasi menuju wisata lokal dengan kelas keindahan tingkat dunia ini.

Menggunakan Motor Dari Surabaya

Jika Anda menyukai sekali untuk acara touring menggunakan motor, tentu akan sangat menarik jika Anda mencoba bersepeda motor bersama kawan-kawan Anda menuju pantai Pulau Merah Banyuwangi ini. Anda akan menemukan pengalaman menelusuri kawasan kampung serta wisata alam terbuka ketika melintasi sepanjang jalan menuju pantai ini. Tentu akan seimbang deh, dengan capeknya ketika Anda nekad untuk menjelajah Banyuwangi menggunakan motor.

Untuk rute yang bisa dilalui ketika Anda start dari Surabaya tentunya carilah jalan yang menuju arah timur yaitu rute yang paling dekat dengan Surabaya adalah Probolinggo atau Pasuruan. Ketika Anda sudah sampai Pasuruan lalu lanjutkan perjalanan Anda menuju kota Jember. Setelah Anda menjelajah jalanan menuju ketimur masuk ke kota Jember bisa dilanjutkan menuju kota Banyuwangi dengan tujuan Kota Jajag. Setalah sampai di Jajag Anda bisa bertanya mana Pulau Merah? Tentu masyarakat setempat tidak asing menunjukkan Anda ke arah selatan menuju Kecamatan Pesanggaran di mana Pulau Merah berada. Rute yang mudah banget untuk dijelajahi dari Surabaya walaupun Anda belum pernah touring Surabaya Banyuwangi.

Tour naik motor pulau merah
Tour Naik Motor Pulau Merah

 

Gimana kawan? Cukup asik dan keren bukan wisata Pulau Merah Banyuwangi? Jika Anda sedang mencari destinasi wisata baru di Banyuwangi, pastikan Anda tidak melewatkan wisata yang sedang moncer di Banyuwangi ini, Wisata Pulau Merah! Ini merupakan wisata baru yang sedang banyak menjadi perbincangan wisata pantai alami kelas dunia. Tentunya akan sangat sayang jika Anda melewatkan wisata yang cukup ciamik di Jawa Timur ini.

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.