Rekomendasi Gudeg Jogja Dan Cara Membuat Gudeng Jogja Yang Paling Mengguncangkan Dunia

0
71
Gudeg Yu Djum

Gudeg Jogja Dan Cara Membuat Gudeng Jogja Yang Paling Mengguncangkan Dunia– jogyakarta, kota istimewa yang terkenal dengan julukan kota pelajar ini memang selalu memiliki beragam keunikan yang sangat menarik wisatawan. Tidak hanya tempat bersejarahnya, jogyakarta sering menjadi tempat andalan untuk orang-orang yang ingin berlibur. Jika kalian mendengar makanan khas jogyakarta, tentu Gudeg adalah makanan pertama yang terlintas di benak Anda.

Makanan khas kota pelajar ini memang memiliki keunikan dan cita rasa khas yang tersendiri. Gudeg mantap ini adalah makanan olahan yang berbahan dasar nangka muda. Untuk resep gudeg jogja sendiri menggunakan buah nangka yang tidak terlalu tua sekali, tetapi juga tidak terlalu muda. Resep Gudeg Jogja juga terbilang sangat mudah dan tidak terlalu ribet.

Tapi jangan khawatir, Anda tidak harus pergi ke jogyakarta untuk dapat menikmati makanan ini. Jika anda orang jawa pasti akan tidak kesulitan jika harus membuat gudeg di rumah sendiri, karena resep dan bumbu yang di gunakan seperti resep masakan jawa pada umumnya.

Gudeg Jogja Yu Djum

Tepat di teras sebuah rumah kayu sederhana, kalian akan disambut getaran pita suara dari seorang penyanyi keroncong tua. Di Yogyakarta, rumah kayu milik Gudeg enak jogja Yu Djum ini merupakan tempat yang paling tenar untuk membeli gudeg kering.

Gudeg Yu Djum

Sayur nangka pada Gudeg Yu Djum menawarkan perpaduan manis dan sangat gurih, enak banget di lidah. Dan, yang tak kalah enak adalah sambal goreng kreceknya yang bikin panas di mulut. Krecek diiris tipis lalu dimasak menjadi sambal kering berwarna kekuning kekuningan. Ditambah telur pindang dan areh, emmmm gudeg ini tambah nikmat saja.

Gudeg legendaris Yu Djum disajikan di atas piring rotan yang beralas daun pisang. Menu standarnya terdiri dari gudeg, sambal goreng krecek, telur pindang, ayam suwir, tahu, tempe, dan opor ayam – dada, paha, atau pun sayap.

Seporsi gudeg, krecek, dan telur pindang dipatok bisa Rp 10.000 hingga Rp 200.000, tergantung paket yang dipilih. Kalau kalian ingin tambahan dada ayam, harganya jadi sekitar Rp 30.000 per porsi. Yang paling mahal adalah paket kendil berisi gudeg, sambal goreng krecek, dengan lauk pendamping yaitu 10 telur pindang dan seekor ayam. Gudeg dalam kendil ini awet buat oleh-oleh, tahan sampai tiga hari.

Gudeg Permata Bu Pujo

Di sudut barat Bioskop Permata, kalian akan menemukan warung lesehan milik Bu Pujo yang spesial menghidangkan gudeg basah. Bedanya dengan gudeg kering, gudeg basah biasa dihidangkan dengan kuah santan yang agak nyemek dan manisnya juga moderat. Yang tidak semanis gudeg kering.

Gudeg Permata Bu Pujo

Gudeg favorit Wego ini berdiri sejak tahun 1951, ketika Bioskop Permata masih jaya. Pelanggan gudeg Bu Pujo yang awalnya adalah anak-anak muda yang ingin nonton bioskop sekarang beralih ke penggemar untuk gudeg yang sering klayapan malam-malam.

Saat bisnis bioskop tua itu mulai terseok seok nyaris tanpa yaitu penonton, pengunjung warung gudeg tetap lah ramai. Pembeli silih berganti duduk lesehan di warung Gudeg Permata Bu Pujo, mulai dari pukul 21.00 sampai kuali kuali berisi gudeg ludes habis terjual pada dini hari.

Yang istimewa dari gudeg basah ini adalah areh dan sambal kreceknya yang bertabur rawit yang pedas, rasanya betul betul sangat menggigit. Kalau masih kurang pedas juga, jangan lah sungkan untuk minta tambahan rawit. Soal lauk pendamping gudeg, tinggal kalian tunjuk saja. Tersedia lauk tambahan yang mulai dari bacem tahu dan tempe, telur pindang, kepala ayam, sayap, ceker, ati ampela, sampai bagian paha atas.

Gudeg Bu Hj Amad

Warung gudeg Bu Hj Amad terletak di Kampung Barek, sebelah utara kampus Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Warung gudeg ini langganannya mahasiswa dan para dosen sebab posisinya persis di pinggir jalan, menghadap langsung ke Kampus Biru.

Berdiri sejak tahun sekitar 1950, lokasi awal warung Bu Amad mula-mula di atas Selokan Mataram.  Dari situ muncul julukan Gudeg Selokan Mataram. Warung tersebut mengincar kebutuhan makan para kuli proyek yang sedang membangun kampus itu.

Gudeg Bu Hj Amad

Menu yang ditawarkan kala itu masih beragam, antara lain yaitu soto, nasi rames, dan gudeg. Namun karena gudeg paling banyak peminat maka Bu Amad menambah menu. Gudeg menjadi menu pokok dan pengunjung dapat melengkapi santapannya dengan ayam, telur, ampela, atau tahu.

Popularitas Gudeg Bu Amad menyebar dari mulut ke mulut, warungnya pun penuh terus. Akibat ruang dan tempat tak lagi memadai maka pada tahun sekitar 1998 warung tersebut pindah ke lokasi sekarang, lokasi yang terbukti sangat lah strategis.

Gudeg yang dihidangkan Bu Amad agak sedikit basah, tetapi tidak sebasah Gudeg Permata. Kreceknya tidak terlalu pedas dan ayamnya sangat empuk, nyam-nyam. Harga gudeg yang memiliki slogan “Terkenal karena rasanya” tersebut karena bervariasi, tergantung paket. Kalau ingin membawanya untuk oleh-oleh, pengunjung bisa memilih kemasan yang di dus, besek, atau kendil.

  • Berikut adalah resep Gudeg Jogja dan bahan yang kalian butuhkan untuk  membuat gudeg tersebut:

Bahan dan bumbu untuk membuat gudeg jogja

Bahan dan Bumbu :

  • Garam 2 sendok makan
  • Kemiri yang disangrai 10 butir
  • Ketumbar yang sudah disangrai 1 sendok teh
  • Bawang merah 15 butir
  • Bawang putih 10 butir
  • Merica bubuk setengah sendok teh
  • Nangka muda kurang lebih 1 kg
  • Santan 2 liter
  • Air kelapa 1 liter
  • Lengkuas yang diiris memangjang
  • Daun salam 5 lembar
  • Telur rebus (sesuai selera Anda)
  • Gula aren 200 gram

Setelah bahan-bahan diatas sudah siap, kalian dapat membuat gudeg dengan cara sebagai berikut:

Cara memasak gudeg asli jogja

  1. Cuci nangka yang tadi sudah Anda siapkan, lalu dipotong dadu
  2. Rebus nangka tersebut beberapa menit kemudian tiriskan
  3. Masukkan telur rebus, gula aren, dan nangka yang sudah dipotong tadi ke panci. Sebelumnya, kalian perlu memberi alas pada panci dengan beberapa lembar daun salam yang tadi disiapkan, sedangkan diatasnya diletakkan irisan lengkuas.
  4. Haluskan bumbu-bumbu kemudian campurkan dengan setengah air kelapa. Lalu aduk merata dan tuangkan pada panci.
  5. Tuangkan air kelapa yang tidak dicampur sampai telur dan nangka semuanya terendam kemudian tutup pancinya.
  6. Masak selama kurang lebih 2 jam dengan api sedang tanpa membuka tutup panci
  7. Jika air sudah menyusut, sisihkan, dan angkat telur
  8. Tuangkan santan dan aduk sambil menghancurkan potongan nangka. Telur dimasukkan lagi hingga sedikit terendam dengan nangka.
  9. Masak kembali kurang lebih 3 sampai 4 jam dengan api kecil sambil diaduk perlahan.
  10. Jika santan sudah habis dan gudeg dirasa sudah berwarna coklat kemerahan itu berarti gudeg yang Anda buat sudah matang.

Tips untuk membuat gudeg nangka

  1. Pertama, ada baiknya Anda menggunakan kompor listrik karena saat memasak dengan api kecil, jika dengan menggunakan kompor maka api tersebut bisa mati. Nah, agar api yang dihasilkan stabil, ada baiknya jika menggunakan kompor listrik dengan mengatur 300 watt dan masak selama 7 jam.
  2. Kedua, karena waktu yang lama dalam memasak, Anda lebih baik menggunakan panci dengan alas yang tebal.
  3. Jangan gunakan santan instan, benar-benar santan dari kelapa tua. Kelapa tua inilah rahasia rasa gurih yang tercipta agar gudeg terasa lebih sangat sempurna.

Makanan khas dengan resep gudeg Jogja ini semakin nikmat kalau dipadukan dengan sambal goreng krecek dan opor ayam tahu. Cukup mudah sekali bukan untuk membuat makanan yang satu ini dengan resep gudeg Jogja istimewa tersebut? Bahan-bahan yang dibutuhkan pun bukanlah bahan yang harus didapatkan atau ditemukan di kota jogja saja, Anda dapat menjumpainya di daerah Anda dan mulai mencoba mempraktikkan resep dan beberapa tips yang sudah dijelaskan diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here