Rujak Cingur Jombang, Kuliner Khas Jatim Yang Eksotik

Siapa sih yang tak kenal Rujak Cingur asli Jatim? Ya, ketika Anda jalan-jalan di daerah Jawa Timur jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Jawa Bagian Timur. Penulis sebetulnya juga belum tahu, asli mana sih sebetulnya rujak cingur ini. Ada yang mengklaim ini adalah makanan khas Surabaya, namun di daerah Krian,Sidoarjo juga banyak yang jualan rujak cingur. Bahkan hingga Jombang ada juga yang mengaku masakan yang diuleg ini adalah khas Jombang kota Santri. Lalu mana yang asli? Bahkan ketika Anda berkunjung di Kota Banyuwangi, di sana juga ada yang menjual Rujak Cingur asli Banyuwangi. Hehe cukup menarik dan asik bukan, ketika Anda ingin menikmati berbagai rasa rujak cingur yang ciri khasnya adalah irisan kulit dari cingur (bibir) sapi ini.

Ok, tak usah dipersoalkan mana yang asli dan mana yang kw soal urusan Rujak Cingur, namun yang jelas ketika Anda berkunjung ke Jombang, penulis ingin merekomendasi Rujak Cingur yang mak nyuss di Jombang, yaitu ada di daerah Ngoro, untuk Jombang bagian selatan. Ketika Anda akan atau ingin melakukan jalan-jalan ke kota Malang dari Jombang lewat Kandangan, bisa di tempuh dengan melewati Ngoro. So, ketika Anda berada di Pom Bensin Ngoro, cari di seberang jalan Rujak Cingur Mbk Nur. Disana ada warung yang cukup sederhana, namun cukup bersih untuk ukuran warung pinggir jalan. Di Warung mbk Nur inilah Anda cukup mengeluarkan kocek Rp.7500 sudah bisa menikmati Rujak Cingur yang cukup rekomended di Jombang. Ya, hanya dengan uang tak sampai 10 ribu rupiah, sudah bisa menikmati rujak cingur asli khas kuliner Jawa Timur ini.

Warung Rujak Cingur Mbk Nur ini juga menyediakan minuman pelengkap dari rujak cingur ini berupa kolak ubi. Jadi akan cukup nikmat jika satu paket makan rujak cingur di tambah dengan minumnya Kolak. Tentu akan wow sekali. Untuk Harga kolak di patok dengan harga yang cukup merakyat, yaitu sebesar 3000 rupiah saja per mangkok. Cukup murah dan meriah bukan untuk menikmati rujak cingur khas Jombang yang rasanya cukup eksotik ini.

Wisata Kuliner Rujak Cingur
Wisata Kuliner Rujak Cingur

Penulis sebetulnya juga sudah banyak mencoba berbagai masakan rujak cingur di Jombang, namun yang cukup rekomended adalah ini. Hanya sebagai pembanding saja, saya pernah mencoba rujak cingur di depan Rumah Sakit Mojowarno Jombang, namun harganya terpaut 2000 rupiah. Jadi di jual dengan harga Rp.9000, namun untuk rasa serta keaslian soal rujak, masih kalah nikmat dengan punya Mbk Nur yang ada di Ngoro, depan Pom Bensin.

Pernah juga, saya mencoba Rujak Cingur di depan Polsek Mojowarno, namun harganya cukup mahal yaitu dengan harga 13.000 dengan minumnya. Harga yang cukup mahal untuk harga-harga sepadan rujak cingur di Jombang, namun soal rasa masih cukup mengecewakan, (menurut lidah saya sih).hehe

Sedangkan untuk kawasan Jombang Kota, saya juga belum pernah menemukan Rujak Cingur yang harganya merakyat, namun dengan rasa yang memukau dilidah, heheh Pernah juga sih beli rujak Cingur di Daerah Mojowarno, dekat dengan Pertigaan Pasar Mojowarno, Harganya sih memang cukup Murah Rp.5000 rupiah saja, namun karena warungnya sedikit agak jorok, jadi untuk menikmatinya kurang berselara. Jadi saya tidak rekomeded untuk Anda. Itulah tulisan sederhana dari penulis, tentang kuliner khas Jawa Timur untuk Rujak Cingur Jombang. Untuk rujak cingur di kawasan Banyuwangi, Surabaya dan sekitaranya tunggu liputan saya berikutnya. heheh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *