Tempat Ngopi Jogja Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat ngopi Jogja merupakan sebuah informasi yang paling banyak dicari terutama oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Karena seperti diketahui bersama bahwa Jogja atau yang dikenal sebagai Yogyakarta merupakan sebuah tempat wisata populer yang ada di indonesia. Terdapat banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Maka dari itulah kurang rasanya jika kita berlibur ke jogja jauh-jauh namun tidak menginap di Daerah Istimewa ini. Nah, disela-sela kita bermalam di Jogja, ada baiknya kita menelusuri kota yang kental dengan suasana kekratonan ini. Kita bisa menikmati suasana malam sambil mencari tempat tongkrongan yang paling bagus dan sangat direkomendasikan untuk kita kunjungi. Tentu saja mendapatkan informasi tersebut adalah hal yang tidak mudah bagi para pendatang baru atau wisatawan yang baru pertama kali ke Jogja. Inilah beberapa tempat yang cocok untuk bersantai dan tempat ngopi di jogja yang keren dan menarik

Peacock Coffee

Jika anda berburu cafe 24 jam Jogja yang bisa ditempati untuk mengobrol semalaman, anda bisa datang ke Peacock Coffee. Sebelumnya, cafe ini terletak di Jalan A.M. Sangaji, Yogyakarta. Sempat ‘menghilang’ beberapa waktu, kini cafe tersebut berpindah ke lokasi di Jalan Palagan Tentara Pelajar No. 61. Meski merupakan cafe murah dengan konsep yang minimalis, namun lokasi baru Peacock Coffee relatif cukup besar dibandingkan dengan lokasi sebelumnya. Interior di cafe ini sangat unik dengan dikelilingi banyak kaca dan penerangan yang mendukung obrolan sepanjang malam anda.

Peacock Coffee Jogja

Di sini, tidak akan ada pelayan yang akan mengantarkan pesanan ke meja anda karena kafe ini mengusung konsep self-service. Jika anda datang berkunjung, maka anda harus memesan dan membayar terlebih dahulu di meja kasir, kemudian anda bisa memilih tempat duduk sesuai keinginan anda.

Peacock Coffee menawarkan menu kopi yang tidak sebanyak cafe lainnya, namun hal ini justru menjadi salah satu ciri khas dari cafe ini. Kita tidak perlu pusing memilih aneka minumannya, karena hanya tersedia beberapa varian kopi dan cokelat dengan harga IDR25.000, juga beberapa menu makanan yang ditawarkan seharga IDR10.000 – IDR 25.000 saja.

Tempat ngopi joga ini lokasinya cukup mudah ditemukan dan tidak jauh dari kota. Jika anda datang dari arah Tugu Jogja menuju tempat ngopi jogja ini, anda hanya perlu menelusuri jalan ke arah utara dan kafe ini akan anda temukan di sisi kiri jalan.

SUA Coffee jogja

Sua Coffee adalah tempat ngopi jogja yang keren, kedai kopi yang beralamatkan di Jalan Kenari No. 6A, Demangan Baru menjadi tujuanku. Tempatnya memang agak masuk ke gang, tapi hanya beberapa meter saja. Cukup mudah diakses dan temukan lokasinya. Menjelang malam kedai ini tidak terlalu ramai. Berbeda saat sore, ada banyak pengunjung yang asyik menikmati minuman dan berbincang di meja luar. Kedai ini menyediakan empat meja di dalam, dan beberapa meja panjang di luar.
SUA Coffe
Kedai ini sudah cukup lama, tahun 2015 dibuka sampai sekarang. Tidak hanya satu tempat. Sua Coffee mempunyai cabang di tengah Kota Jogja, tepatnya di Dagen. Ada delapan barista yang bekerja, kedelapan barista tersebut saling rotasi di dua tempat. Sepanjang tahun 2017, aku sudah bersua ke sini sebanyak empat kali dengan orang berbeda. Kali ini aku datang sendirian. Seorang barista menyapaku; dan mempersilakanku memilih menu yang disediakan. Sua Coffee seperti kedai kopi lainnya, mereka juga menyediakan minuman nonkopi.
Kedai dibuka mulai pukul 11.00 WIB, dan last order pukul 24.00 WIB. Beruntung di dalam suasananya sepi dan nyaman. Hanya ada lima orang termasuk aku, dan keseluruhannya sibuk menatap layar laptop.
Kedai kopi menjadi tempat alternatif para bloger. Mereka dapat menulis artikel, saling komentar (blogwalking), atau sekadar berbagi cerita dengan teman berkaitan dengan penulisan, bahkan tidak jarang muncul ide main bareng dari sini.
Malam lebih larut, aku mematikan laptop dan berkemas. Seorang barista yang berjaga kembali menyapaku; “Terima kasih mas, semoga kembali bersua di kedai ini”. Aku mengangguk dan tersenyum meninggalkan kedai. Sementara di luar masih ramai para pengunjung yang bercanda dengan rombongannya.

Le Travail Coffee

Mencari tempat ngopi jogja kopi atau coklat dengan standar rasa yang baik di Jogja mungkin terbilang sudah mulai mudah namun mencari tempat nongkrong dan tempat ngopi jogjadengan suasana yang asyik, lengkap dengan standar rasa yang baik, dan buka non-stop 24 jam mungkin bukan hal yang mudah. Keberadaanya tentu dapat dihitung dengan satu tangan, dan satu diantaranya adalah Le Travail.

Le Travail Coffe

Menu kopi membuka pagi saya di gerai kopi ini. Rasa cappuccino-nya mantap dan cukup sesuai dengan standar kopi yang baik versi saya. Tak terlalu istimewa namun terasa diracik dengan baik ketika meminum kopi ini. Untuk saya, yang istimewa justru Le Travail Chocolate-nya. Rasa coklat yang mantap, dengan tekstur yang lembut dan rasa creamy yang pas membuat coklat panas ini masuk ke dalam salah satu coklat yang highly-recommendedSemua terasa pas, tak berlebihan, dan menyisakan ruang untuk setiap elemen rasa muncul. Menu coklat ini tentunya semakin pas dengan blackforrest muffin-nya yang ngga kalah mantap. Benar-benar perpaduan yang sangat tepat untuk membuka pagi ataupun menghangatkan diri dari dinginnya malam. Untuk orang seperti saya yang terbiasa sarapan dengan menu bercita rasa gurih, macaroni schotel racikan Le Travail juga bisa diandalkan. Secara rasa, meski tak seistimewa blackforrest muffin-nya, schotel ini jauh dari kata mengecewakan.

tempat ngopi jogja Le Travail ini berada di Jl. Pintu Selatan UPN, Jogja. Ruas jalan kecil ini membuat coffee shop ini cukup mudah ditemukan. Bentuknya yang sangat modern dan minimalis membuatnya tampak berbeda dari rumah-rumah yang berada di daerah ini. Perpaduan warna hitam, batu bata, kayu, dan bentuk-bentuk garis yang simetris membangun nuansa yang modern, minimalis, steril, dan nyaman ketika memasuki bangunannya yang terbilang mungil ini.

Djendelo Coffee jogja

Tidak ada habisnya jika kita mengobrol tentang tempat ngopi jogja karna ada begitu banyak tempat nongkrong di jogja yang asyik untuk ngopi, bersantai, berkumpul dengan teman teman atau sekedar untuk merasakan asiknya suasana di situ

Kafe ini mengusung tema jadul (jaman dulu) dalam menu dan interiornya. Jadi jangan kaget kalau menunya menggunakan gaya bahasa jaman penjajahan belanda dulu. Misalnya, Tjoet Njak Dien Tanggoeh yang isinya berupa es tjoklat berkeroedoeng whipped cream dan Bima Tjoekoer Koemis yang merupakan es krim tiga rasa beradu dengan pisang keju.

Djendelo Coffee Jogja

Cafe dengan konsep etnik ini menawarkan suasana yang berbeda, tempatnya berada di lantai dua, tepatnya di atas toko buku togamas, hal ini menjadikan parapenikmat buku semakin betah untuk ber lama lama atau ber santai disini.

Djendelo Cafe terletak di Jl. H. Affandi No. 5 Gejayan Yogyakarta, tempat ngopi jogja ini tepatnya di simpang empat Ring Road Condongcatur. Sesuai dengan namanya tempat ini memiliki banyak jendela atau dalam bahasa Jawa disebut ‘djendelo’. Konsep yang ingin diusung oleh pengelola adalah dengan menyatukan kafe dan toko buku agar pengunjung yang berbelanja buku bisa sekaligus mampir menyantap kudapan atau ngopi sambil membaca literatur yang sudah dibeli.

Kafe yang  dibuka sejak Februari 2005 ini menyediakan akses internet nirkabel plus suasana nyaman. Jika sedang menjadi tuan rumah pameran, maka Anda bisa ngopi plus melihat acara yang sedang dihelat. Dari bangku pengunjung, kita bisa sambil melihat hiruk pikuk toko buku yang selalu menyediakan diskon tersebut.

Hidangan yang disuguhkan sebenarnya cukup sederhana. Namun suasana kuno yang tercipta membuat kafe ini tak pernah sepi. Di beberapa sudut ruangan terpasang hiasan atau pernak pernik kuno yang merupakan pemberian pengunjung ataupun koleksi dari sang pemilik.  Menu yang bisa Anda pilih antara lain aneka kudapan, kopi, coklat, es krim, yogurt, teh, milkshake dan juga aneka sari buah.

Kafe ini bisa Anda kunjungi setiap hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 12.00 – 23.00 WIB. Sedangkan pada hari Minggu mulai pukul 16.00 – 23.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *