Tempat Pemacingan Bogor Yang Murah dan Menawan, Danau Situ Gede

Danau Situ Gede Bogor

Jika Anda tinggal di kota Bogor, tentunya untuk melepaskan kepanatan bisa dilakukan dengan memancing. Jikapun Anda bukan warga Bogor, pastinya cukup asik serta mengasikkan jika Anda merancang satu agenda untuk sesekali mancing dengan keluarga di Bogor ini. Misalnya saja Anda warga Jakarta dan ingin meyempatkan untuk wisata mancing, myaka Bogor adalah bukan pilihan yang salah. Selain Bogor yang terkenal dengan kota Hujan, berarti secara tidak langsung Bogor juga menyajikan keindahan alam yang sejuk dan hijau karena curah hujan yang tinggi. Ya, Anda tahu sendirikan jika tanah tropis seperti dinegeri kita, jika daerahnya memiliki curah hujan yang tinggi berarti sangat potensial untuk ditumbuhi rerumputan yang hijau di pinggir-pinggir jalan, di pinggir-pinggir sungai dan juga rerumputan di pinggir sawah. Dengan iklim ini, yang jelas Bogor sangat potensial menawarkan tempat rekreasi, untuk melupakan penat-penat sejenak setelah 5 hari bekerja.

wisata murah mancing bogor situ gede
wisata murah mancing bogor situ gede

Situ Gede Bogor

Situ Gede adalah salah satu tempat mancing yang cukup istimewa di Bogor. Gimana tidak istimewa, Anda bisa mancing dengan gratis di kawasan danau ini. Yah, gratis tanpa dipungut biaya, untuk melemparkan kail pancing kesayangan milik Anda. Situ Gede jika dilihat dari morfologi dalam bahasa Sunda, Situ itu artinya Danau dan Gede maknanya besar, berarti Danau Situ Gede adalah kawasan danau yang cukup besar. Cukup mudah dan menatang bukan? Dari namanya saja, seakan sangat menantang Anda untuk menaklukkan ikan-ikan yang berkeliaran di danau alamiah ini.

Cerita unik lain soal keistimewaan Danau Situ Gede ini adalah salah satu tinggalan kejayaan masa kolonial Belanda. Danau Situ Gede cukup luas, yaitu sekitar 6 hektar yang sekitarnya merupakan hutan-hutan yang asri, serta syarat dengan nuansa pendidikan. Bahkan beberapa tahun terakhir sering banyak juga lho penelitian di daerah danau yang masih asri dan hijau ini. Ya, salah satunya penelitian yang dilakukan untuk hutan tropis, CIFOR (central For Foundations Fontery Research) ada juga peneliti-peneliti dari Badan klimatologi cuaca, dengan Anda berkunjung ketempat ini berarti secara tak langsung menambah wawasan Anda soal hutan-hutan tropis plus percuacaan. Untuk lebih tahu sedikit soal CIFOR yang saya sarikan dari wikipedia, CIFOR adalah sebuah lembaga yang bekerja untuk kesejahteraan manusia yang sub bidangnya salah satu adalah penggunaan secara berkeadilan hutan-hutan yang berada dikawasan negara-negara berkembang. So, cukup istimewa bukan danau Situ Gede termasuk dalam kawasan dan peneitian CIFOR yang intinya adalah untuk pemanfaatan hutan secara benar dan optimal untuk kesejahteraan umat. Belum lagi banyak sekali para pengarang-pengarang sinetron yang melakukan aksi syutingnya di kawasan danau yang sejuk serta hijau ini. Jika melihat dari peran pemerintah tentang kepentingan dalam memberdayakan Situ Gede adalah untuk Litbang, serta juga peran aktif dari Departemen Kehutanan.

Danau Situ Gede, Tempat Macing Gratis Bogor
Danau Situ Gede, Tempat Macing Gratis Bogor

Cerita lagi soal mancing di Situ Gede, tentu tak lepas dari kegemaran hobbi Anda didalam mengail ikan yang berada dikawasan air liar, kawasan ini silahkan siapa saja bisa datang untuk mancing disini. Untuk masuk di kawasan Situ Gede ini cukup membayar parkir saja, Rp2000 perak untuk sepeda motor, dan Rp10.000 untuk Anda yang membawa kendaraan roda empat.

Sebuah tempat wisata pancing yang cukup mantap bukan untuk Anda jadwalkan di Situ Gede Bogor ini. Jika Anda bersama keluarga yang doyan banget santai-santai di alam bebas tentu bukan pilihan yang salah jika Anda memilih danau yang tenang ini sebagai pilihan destinasi wisata mancing murah di Bogor. Sebetulnya untuk menikmati danau Situ Gede ini bisa juga menyewa perahu yang bisa digunakan untuk menyusuri eksotisnya Danau Asri ini.

Jika Anda masih belum puas dengan panorama alam yang di suguhkan Situ Gede, tentu Anda bisa bereksplorasi dengan danau disebelahnya, yaitu Situ Leuntik dan Situ Burung, tepatnya di Cikarawang Dramaga.

Untuk mencapai Danau Situ Gede silahkan di lihat dengan koordinat di GPS dengan settingan WGS 84, 6° 33′ 8.1″ S, 106° 44′ 46.5″ E. Jika Anda tanya alamatnya, JL Cifor, Kelurahan Situ Gede Kec Bogor Barat, Kota Bogor.

Jalan Asri Menuju Cifor Situ Gede
Jalan Asri Menuju Cifor Situ Gede

 

Akses Untuk Menuju Situ Gede Dari Jakarta:

Jika Anda naik kereta api silahkan membeli tiket dengan turun di Stasiun Bogor. Dari Stasiun Bogor ini kemudian silahkan naik angkot dengan jurusan 15 atau 02 atau 03, angkutan ini menuju Bubulak Cifor, lalu tanya saja dengan sopir angkotnya bang, mana Situ Gede. Tentu sudah tahu kok abang angkotnya.

Jika Anda membawa kendaraan sendiri dari Jakarta, tentunya untuk mencapai Situ Gede ini silahkan menuju Bogor, kemudian carilah arah yang menuju pertigaan Kedung kemudian cari yang kearah kanan hingga menjumpai terminal Bubulak Bogor. Setelah sampai disini carilah jurusan yang kearah Cifor, Situ Gede. Jika ditempuh dari terminal Bubulak ini kira-kira 3 KM an lah.

Jika Anda naik angkot bus umum dari Jakarta carilah terminal Baranang Siang. Dari sini silahkan tanya kepada penduduk setempat arah yang menuju Situ Gede Bogor. Cukup mudah kok kalau Anda sudah sampai sini.

Tips untuk Anda jika ingin tidak ramai dan berisik ketika mengunjungi kawasan pancing ini, adalah dengan mendatangi kawasan pancing Danau Situ Gede ini selain hari minggu atau hari liburan sekolah. Dengan kondisi sepi dan santai ini, tentu akan bersuka ria dengan hobbi kesayangan memancing Anda. So, selamat menikmati dan berkunjung ke Danau surganya mancing gratis Bogor, Danau Situ Gede!

Tempat parkir motor Anda, danau Situ gede
Tempat parkir motor Anda, danau Situ gede

Itulah tulisan singkat tentang wisata pemancingan daerah Bogor, Danau Situ Gede. Semoga tulisan ini memberikan informasi yang memberikan wawasan tentang area pemancingan. Jangan hanya membaca saja ya Bro, tapi segera datang ke pemancingan ini, pasti di jamin seru dan asik. Selanjutnya jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ya bro!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *