Tempat Wisata Ekostik dan Murah Wisata Alam di Pantai Grajagan Banyuwangi Jawa Timur

Pantai Grajagan Banyuwangi! Dimana Tuh? Ya, sesuai dengan judulnya kawan para pemburu tempat wisata murah! Pantai yang berada di kota Gandrung ini, tentunya terletak diwilayah Kabupaten Banyuwangi, tepatnya berada sekitar 55 kilometer wilayah pantai pesisir selatan Kabupaten Banyuwangi.  Sebuah pantai yang eksotik nan indah yang sayang jika dilewatkan untuk dikunjungi oleh para pecinta travel tempat berwisata murah. Pantai yang eksotis dan alami yang sangat cocok untuk dikunjungi dengan biaya yang murah.

Pantai Grajagan Banyuwangi memiliki daya tarik khas alamnya serta ada memiliki persekitaran berupa hutan yang masih perawan. Selain hutan yang masih alami disekitar pantai, Jika Anda beruntung bisa menikmati liarnya banteng alam yang sedang berkeliaran untuk mencari makan disekitar hutan pantai Grajagan tersebut. Disekitar pantai berdiri sebuah menara yang terbuat dari kayu. Dengan kita naik dan berdiri diatas menara ini, kita bisa melihat dengan lepas panorama yang memukau disekitar pantai Grajagan ini.

Jika, Anda pernah berkunjung ke Bali, tentu tidak asing dengan Pantai Kutanya. Jika kita bandingkan Pantai Grajagan ini, sebenarnya tidak kalah menarik dengan keindahan-keindahan pantai-pantai yang dimiliki oleh Bali. Letaknya yang berdekatan dengan Bali, secara tidak langsung Pantai Grajagan Banyuwangi memiliki keeksotikan yang sepadan dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Bedanya, jika Bali sudah sangat terkenal, tetapi Grajagan  Banyuwangi masih dalam tahap promosi keterkenalannya. Walau pantai Grajagan belum tersohor sekelas pantai Kuta Bali, namun daya tariknya boleh dibilang selevel dengan pantai-pantai yang ada di Bali.

Sudut Pantai Grajagan Banyuwangi

Sekilas Tentang Keindahan Pantai Grajagan Banyuwangi

Saat ini, Kabupaten Banyuwangi merupakan Kabupaten yang bertetangga dengan Pulau Bali yang sedang menggeliat dan berpromosi gencar untuk memasarkan sektor wisatanya.

Jika, Anda berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk singgah ke Banyuwangi. Apa sih , keistimewaan pantai Grajagan ini???

Wow, tentu Anda akan terkagum-kagum dengan daya tarik wisata alam yang natural yang di suguhkan di pulau yang terletak di ujung paling  timur Pulau Jawa ini. Keistimewaan yang dimiliki pantai ini adalah bak sebuah lukisan yang hidup yang mencerminkan keindahan alam Indonesia. Keindahan alami dan natural ini bisa Anda lihat dengan mengunjungi pantai alami “Grajagan Banyuwangi”.

Pantai Grajagan sangat indah dari sisi deburan ombak yang sangat berpotensi untuk berselancar. Selain pantai Grajagan, ada tetangganya yaitu Pantai Plengkung yang sudah tersohor duluan jenis pantai yang apik untuk penggila berselancar, pastinya Grajagan juga pantai yang tidak kalah indahnya untuk bermain-main dengan dahsyatnya deburan untuk selancar dengan tingginya ombak pantai selatan Pulau Jawa ini.

Jika Anda bukan penghobi berselancar tentunya menikmati keindahan laut bisa terwakili dengan berkunjung ke Pantai yang indah dengan pasirnya ini. Anda bisa mandi sepuasnya di laut yang alami ini. Selain Anda bertemu dengan nelayan langsung yang sedang asyik menangkap ikan di pantai tentunya Anda

Plesiran di Pantai, Plus Bikin Acara Bakar Ikan Murah Di Pantai Grajagan

Satu hal lagi yang tentunya akan membikin Anda berkesan dengan pantai Grajagan Banyuwangi. Hal menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Grajagan ini adalah Anda bisa membeli langsung dengan harga yang cukup murah dengan nelayan disekitar laut Garajagan ini. Idealnya sih Anda membelinya ketika pagi hari di saat nelayan baru saja pulang membawa ikan dari hasil melaut. Anda langsung bisa mendekatinya dan menawar langsung ikan yang masih segar dari hasil tangkapannya tersebut. Jika Anda beruntung satu ember berisi ikan penuh, bisa Anda dapatkan dengan harga tidak sampai 20 ribu rupiah.

Jika, Anda tidak bisa menemui nelayan yang sedang sandar pulang dari melaut, Andapun bisa jalan-jalan ke tempat pelelangan ikan di Pasar Khusus ikan. Di tempat pelelangan ikan ini Anda bisa dengan leluasa memilih-milih ikan yang mak nyus sesuai dengan selera Anda. Jenis ikan lokal yang cukup murah dan  rasanya gurih untuk di bakar yaitu jenis “ikan tongkol”. Jenis ikan tongkol ini hampir selevel dengan ikan tuna mini. Jika di bakar rasanya akan sangat mengundang selera makan Anda. Cukup murah harganya, nikmat banget rasanya. Apalagi jika di kasih bumbu dengan kecap pedas. Wow, sebuah wisata yang sangat murah, namun memberikan cita rasa yang alam yang luar biasa.

Untuk mendapatkan kayu arang untuk membakar ikan tersebut, Andapun bisa membelinya di toko-toko kelontong  disekitar pantai tersebut.  Jadi jika Anda berangkat dari rumah, sebenarnya cukup menyediakan nasi saja, sedangkan lauknya kita beli ikan yang murah di Pantai dan langsung kita bakar sendiri. Sebuah pengalaman yang mungkin akan sangat berkesan dengan indah dan alaminya wisata pantai.

Trip Untuk Menuju Pantai Grajagan Banyuwangi dari Surabaya

  • 1.      Ke Banyuwangi Menggunakan Transportasi Udara

Untuk mencapai Banyuwangi dengan menggunakan transportasi udara, Anda bisa melalui rute dari Bandar Udara Juanda Surabaya-Blimbing  Sari Banyuwangi. Memang sih rute perjalanan Surabaya-Banyuwangi menggunakan pesawat belum begitu ramai. Saat artikel ini ditulis ada 2 kali penerbangan dengan rute Surabaya-Banyuwangi.

Perjalanan dengan menggunakan jalur udara bisanya sekitar  Satu Jam. Setelah sampai di Bandar Udara Blimbing Sari Anda bisa meneruskan perjalanan menuju Pantai Grajagan Banyuwangi menggunakan rute yang sudah saya tulis menuju Pantai Grajagan menggunakan jalur darat dari Pulau Bali. Yaitu carilah Bus jurusan Kota Benculuk, kemudian baru mencari angkutan desa (biasanya mobil carry atau jenis Bison) menuju pantai Grajagan Banyuwangi.

  • 2.      Ke Banyuwangi Menggunakan Transportasi Darat

Untuk Mencapai Kota Banyuwangi dari Surabaya Anda sebaiknya naik bis dari terminal Bungurasih Surabaya. Adapun rutenya jika Anda naik Bis menuju Banyuwangi, sebaiknya mengambil putus-putus, alias naik bis dengan beberapa kali. Tips naik bis dengan model tidak langsung mengambil jurusan kota Banyuwangi, selain malah menghemat waktu juga untuk menghindari Anda dioper-oper dari bis satu ke bis yang lain. Inilah kebiasaan bis jarak jauh yang kurang baik dinegara kita. Selalu melepas tanggung jawab untuk penumpang  jarak jauh. Untuk itu kami sarankan menggunkan trik naik bis tidak lansung menuju Banyuwangi. Tetapi pilihlah dua kali atau tiga kali. Berikut ini urutan rute menuju Banyuwangi dengan menggunakan jalur darat:

  • Bis Surabaya-Probolinggo
  • Bis Probolinggo-Jember
  • Bis Jember- Banyuwangi (turun kota benculuk)
  • Naik Angkutan Desa (Carry atau Bison) Benculuk- Pantai Garjagan

Lama perjalanan darat yang harus Anda tempuh dari Surabaya menuju Banyuwangi sekitar 7 sampai 8 jam. Dengan kondisi jalanan bebas hambatan dari macet. Jika ada halangan atau hambatan lainnya biasanya bisa lebih dari 8 jam perjalanan.\

Trip Untuk Menuju Pantai Grajagan Banyuwangi dari Bali

  • 1.      Ke Banyuwangi Menggunakan Transportasi Udara

Jika Anda menginginkan singgah ke Banyuwangi dari Pulau Bali. Anda bisa menggunakan jalur Udara. Adapun rutenya Anda bisa turun di Bandar Udara Blimbingsari Rogojampi Banyuwangi.

Sedangkan untuk mencapai pantainya, jika siang hari Anda bisa menggunakan transportasi Bis Menuju Benculuk. Setelah dari kota Benculuk Anda bisa meneruskan naik angkot berupa mobil carry atau angkutan desa menuju pantai Garjagan. Untuk angkutan Bis ini, pilihlah Bis dengan tujuan Kota Jember, dan mintalah turun di Kota Benculuk. Kemudian baru mencari kendaraan menuju pantai Grajagan. Untuk kendaraan sebenarnya sangat situasional tergantung kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan cepat Anda juga bisa menegoisasi dengan pemilik kendaraan umum untuk mengantarkan Anda langsung ke Pantai Grajagan.

  • 2.      Ke Banyuwangi Menggunakan Transportasi Darat

Untuk mencapai Pantai Grajagan Banyuwangi menggunakan transportasi darat dari Pulau Bali,  Anda cukup mencari bis jurusan kota Banyuwangi. Setelah sampai ke Banyuwangi, tepatnya di Terminal Karang Ente,  silahkan mencari Angkutan Bis Umum menuju Kota Jember. Yang perlu menjadi catatan Ada dua macam bis untuk menuju Jember yang satu melalui Bondowoso, dan yang satunya lewat Kota Genteng, Pilihlah bis yang menuju Jember melalui kota Genteng.

Ketika Anda sudah naik bis, dengan jurusan kota Jember. Anda silahkan ngomong ke Kondekturnya untuk diturunkan di Kota Benculuk. Setelah sampai di Benculuk baru Anda mencari angkutan desa dengan tujuan pantai Grajagan Tersebut.

Data Informasi Pantai Grajagan Banyuwangi

Jam Buka:       08:00-16.00 (Jam sebenarnya bebas, jika ingin menginap malam juga ada resortnya)

Tarif Masuk:   Rp5.000 per orang

                 Bawa Motor plus Rp5.000

                 Bawa Roda Empat plus Rp10.000

(Harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung ada event besar atau tidak, namun jika keanikan soal tarif masuk tidak jauh-jauh dari angka tersebut. Pokoknya di jamin wisata pantai yang murah meriah deh!)

Itulah sepintas cerita keeksotikan indahnya wisata murah meriah di Kabupaten Banyuwangi, yaitu keeksotikan wisata alam “Pantai Grajagan Banyuwangi Jawa Timur”. Sebuah pengalaman wisata alam yang patut di coba. Pastinya Anda akan sangat terkesan dengan Alamnya yang Indah. Jika, Anda hanya membaca tulisan ini mungkin pastinya kurang seru, tetapi jika Anda langsung membuktikannya dengan berkunjung langsung ke Banyuwangi, adalah sebuah wisata yang Indah dan menarik.

Selamat Berkunjung Ke Tempat Wisata Murah Banyuwangi “Pantai Grajagan” !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *