Tempat Wisata Magelang, Pesona Wisata Di Jawa Tengah

Tempat Wisata Magelang, Pesona Wisata Di Jawa Tengah

Sebelum membahas tempat wisata di Jawa Tengah, kita mengenal terlebih dahulu Provinsi Jawa Tengah. Jawa Tengah merupakan sebuah provinsi yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Provinsi ini berbatasan dengan Jawa Barat dan Jawa Timur. Luasnya sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa. Provinsi ini juga meliputi Nusakambangan di sebelah selatan, Karimun Jawa dan laut Jawa. Ibu kota dari provinsi Jawa Tengah adalah Semarang. Jawa Tengah sendiri dikenal dengan ‘jantung’ dari Budaya Jawa. Suku yang ada di provinsi Jawa Tengah pun beraneka ragam, yaitu dari mulai Jawa, Sunda, Tionghoa, Batak, Arab dan lain sebagainya.

Salah satu kota yang paling terkenal di Jawa Tengah selain ibu kota nya yaitu kota Magelang. Kota Magelang di tetapkan sebagai bagian dari provinsi Jawa Tengah yaitu pada tanggal 11 april 1907. Kota Magelang sendiri memiliki 3 kecamatan, yaitu Magelang Utara, Magelang Selatan dan Magelang Tengah dan di bagi lagi menjadi kelurahan. Mayoritas suku yang ada di Magelang adalah Jawa dan yang lainya adalah Sunda. Mata pencarian penduduk Magelang adalah pedagang dan jasa. Karena jika dilihat dari tata kotanya, kota ini tidak lagi menggambarkan sebuah kota yang Agraris, hal itu disebabkan karena pesatnya pertumbuhan industri di sepanjang kota Magelang. Dengan adanya industri yang sangat banyak, penduduk Magelang tidak lagi bekerja sebagai petani ataupun berkebun tetapi mereka membanting stir menjadi pedagang ataupun penyedia jasa.

Magelang tidak hanya terkenal sebagai kota industri, wisata alam Magelang pun juga patut untuk di perhitungkan sebagai destinasi liburan bagi para wisatawan dan merupakan pesona wisata di Jawa Tengah. Bahkan Magelang menjadi salah satu tempat yang tidak boleh terlewatkan bila kita ingin travelling mengelilingi Indonesia. ada banyak sekali tempat wisata yang menjadi alasan mengapa para wisatawan tak boleh melewatkanya. Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Magelang sekaligus menjadi situs sejarah Indonesia adalah Candi Borobudur. Candi ini tak hanya terkenal di Indonesia, tetapi dunia pun sudah mengakui betapa menakjubkanya candi ini hingga candi ini dinobatkan sebagai salah satu keajaiban Dunia. Ketika kita berlibur di Candi Borobudur, kita tak hanya bisa menjadikan nya sebagai objek berfoto, tetapi kita pun bisa belajar bagaimana sejarah dari candi yang menjadi kebanggaan warga Indonesia ini. Dengan di kelilinginya pegunungan disekitar candi ini, para pengunjung pun akan merasa nyaman karena kesejukan dari udara di sekelilingnya.

Wisata Alam Jawa Tengah (Illustrasi)
Wisata Alam Jawa Tengah (Illustrasi)

Tempat wisata di Jawa Tengah yang terkenal tak hanya candi Borobudur, kita pun bisa berkunjung ke air terjun, bukit, kebun stroberi bahkan gunung. Keindahanya pun tak perlu di ragukan lagi, salah satu contohnya adalah punthuk setumbu.  Puntuk setumbu merupakan sebuah bukit yang terletak tidak jauh dari Candi Borobudur, sehingga pengunjung pun bisa menikmati candi Borobudur dari atas puthuk setumbu. Bukit ini pun terkenal sebagai bukit terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset.

Bagi para wisatawan yang tidak suka naik bukit atau gunung, ada tempat wisata di Jawa Tengah lain yang bisa dinikmati  keindahanya, yaitu Ketep Pass. Ketep Pass merupakan sebuah objek wisata yang berada pada ketinggian sekitar 1200 mdpl sehingga pemandangan disekeliling nya pun terlihat begitu indah bahkan kita pun bisa menikmati gunung berapi dari sini. Ketep pass menyediakan gazebo ataupun gardu untuk duduk bagi para pengunjung sehingga mereka bisa menikmati keindahan alam dari gazebo sembari bercengkrama bersama keluarga ataupun sahabat. Tak hanya itu saja, di katep pass juga tersedia sebuah gedung untuk menonton film dokumenter mengenai gunung berapi. Tentu hal ini akan memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung bukan? Bagi para pengunjung yang ingin melihat pemandangan disekeliling dengan sensasi yang lebih tinggi lagi, mereka bisa naik ke sebuah puncak yang lebih tinggi lagi yaitu panca arga, ini merupakan puncak tertinggi dari Ketep pass.

Tak hanya candi dan bukit, bagi para pengunjung yang ingin merasakan wisata alam Magelang yang lebih menantang, tersedia arung jeram sungai Progo. Wisata alam satu ini tentu sangat cocok bagi para pelancong yang ingin memacu adrenalin karena sungai Progo atas merupakan sungai yang paling terkenal untuk melakukan kegiatan rafting atau arung jeram. Hal ini disebabkan karena arus sungai Progo sangat deras sehingga sangat cocok di jadikan jalur rafting. Tak hanya berarung jeram, pengunjung beserta keluarga ataupun teman teman pun bisa menikmati keindahan alam disekitar sungai Progo dengan sensasi di atas sebuah perahu karet.

Bagi para pengunjung yang suka akan wisata alam Magelang yang bersifat indoor, tersedia juga sebuah bangunan yang memiliki arsitektur seni yang tinggi. Bangunan ini berbentuk seperti sebuah rumah namun tak seperti rumah biasanya, rumah ini berbentuk seperti sebuah kamera DSLR, yang didalam nya berbentuk seperti galleri sebuah lukisan. Bangunan ini terdiri dari 4 lantai dan seluruh lantai memajang hasil karya luar biasa dari seniman-seniman. Jadi, bagi anda pengunjung yang hobby berfoto selfi ataupun groovy, tempat wisata ini sangatlah cocok untuk di kunjungi.

Sangat menarik bukan mengetahui tentang kota Magelang sebagai tempat wisata di Jawa Tengah yang banyak di kenal oleh wisatawan dan tempat pariwisatanya yang mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi untuk berlibur bersama keluarga ataupun sahabat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *