Tempat Wisata Pemancingan Garut Dan Wisata Alam Yang Bikin Kalian Terus Mampir

0
191
Gunung Papandayan

Wisata Pemancingan Garut Dan Wisata Alam Yang Bikin Kalian Terus Mampir– Garut adalah sebuah Kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Barat yang kondisi geografisnya bisa dibilang sangat strategis sekali untuk dikembangkan menjadi salah satu tempat tujuan wisata pemancingan terbaik dan terfavorit. Karena itu, tidaklah mengherankan jika pemerintah kabupaten garut khususnya dan pemerintah provinsi jawa barat terus berupaya mengembangkan sektor parawisata di kota yang terkenal dengan dodol nya ini.

Yang unik dari posisi geografis Garut ini adalah; Sebelah utara Garut yang berbatasan dengan Kabupaten Sumedang dikelilingi oleh 5 gunung, yang tentu saja banyak terdapat spot atau destinasi wisata alam nya. Sedangkan disebelah selatan terdapat Samudera Hindia, sehingga sudah barang tentu banyak pula terdapat wisata pantai nya. Bagian sebelah baratnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur dan Bandung, serta sebelah timurnya berbatasan dengan Tasikmalaya.

Dengan demikian, sudah saatnya anda memasukkan Garut ke dalam “Bucket List” tujuan wisata anda berikutnya. Sebagai tujuan wisata untuk liburan akhir tahun, liburan sekolah dengan berwisata dan berlibur bersama keluarga anda di Garut, dan juga sebagai liburan untuk mengisi cuti tahunan anda.

Kabupaten Garut ini memberikan cukup banyak tempat atau spot-spot wisata pilihan yang dapat Anda kunjungi. Garut memang tidaklah se-terkenal daerah tujuan wisata lainnya di Indonesia, namun demikian, Garut memiliki banyak tempat-tempat wisata alam, wisata pantai, wisata budaya yang “wow” banget, yang tak kalah seru nya dengan tempat-tempat wisata di Belitung, Bali, Lombok, Semarang, Yogyakarta dan sebagainya.

Kabupaten yang memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan, dengan objek wisata di garut mulai dari Situs Budaya, Situs bersejarah, wisata romantis seperti di Kampung Sampireun, curug atau air terjun yang akan memanjakan mata anda, bahkan untuk wisata ekstrim seperti tempat wisata di Bogor pun dapat anda temui di Garut ini.

Fasilitas dan akomodasi untuk menunjang perkembangan sektor pariwisata di Kabupaten Garut pun cukup lengkap, mulai dari akomodasi, transportasi, hingga tempat jajanan dan belanja oleh-oleh pun banyak ditemui. Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Garut terbaru, murah, paling terkenal, indah, serta sangat direkomendasikan untuk Anda Jelajahi, berikut ini daftar tempat wisata di Garut yang dapat anda kunjungi dan nikmati dimasa liburan anda bersama keluarga ataupun kerabat anda.

Baraya Fishing Club

Anda penghobi mancing? Datanglah ke wisata pemancingan garut Baraya Fishing Club, atau lebih dikenal wisata pemancingan garut Baraya di Kampung Cimaragas, Desa Karangsari, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut. Di sini Anda bisa merasakan sensasi mancing yang sebenarnya.

Dengan kolam yang luas dan ikan yang besar-besar lebih dari 1 kg per ekor, di wisata pemancingan garut ini Anda akan disuguhi pengalaman mancing yang benar-benar berbeda dengan memancing di  pemancingan lain.

Baraya Fishing Club

Kelebihan lainnya, di wisata pemancingan garut ini tersedia areal parkir yang luas dan aman, baik untuk mobil maupun sepeda motor. Ditambah lagi dengan keberadaan kantin yang siap memenuhi pesanan Anda seperti kopi, teh manis, dan makanan ringan lainnya.

Letaknya pun agak jauh dari permukiman sehingga Anda bisa menikmati suasana wisata pemancingan garut yang benar-benar tenang. Ketika Anda duduk di lapak mancing, yang Anda dengar hanyalah gemericik aliran air di kolam pemancingan. Suasana alamnya alami wisata pemancingan garut , di mana di sekelilingnya ditumbuhi pepohonan hijau, sehingga udara di kolam pemancingam Baraya sangat segar.

Area wisata pemancingan garut Baraya luasnya mencapai 150 tumbak. Didirikan tahun 2008, kini pemancingan Baraya sangat terkenal di kalangan pemancing. Penghobi mancing yang datang ke sini, bukan hanya dari Garut, tapi juga luar Garut seperti Sumedang dan Bandung.

Kelebihan lain dari pemancingan Baraya adalah akses jalan yang bagus. Meski tempatnya agak menjorok dari jalan raya, namun kondisi jalannya bagus. Jenis mobil apa pun, termasuk mobil sedan kecil dijamin bisa mencapai lokasi.

Nah bagi Anda yang penasaran, wisata pemancingan garut Baraya befjarak sekitar 15 km dari Garut Kotabke arah Utara atau ke arah Cibatu. Sementara dari Cibatu jaraknya sekitar 6 km ke arah Selatan.

Gunung Papandayan

Wisata Alam di Garut pertama yang Dunia Asa ulas adalah Gunung Papandayan, yakni gunung api strato yang berada di Kecamatan Cisurupan – Garut. Gunung ini memiliki ketinggian 2665 mdpl, yang mana terdapat kawah dan sumber air panas yang konon katanya dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Karena itu, kawah dan gunung Papandayan merupakan salah satu destinasi wisata alam favorit di Garut, terutama bagi para pendaki gunung dan para pecinta alam.

Gunung Papandayan

Didukung oleh tempatnya yang mudah dicapai karena jalan menuju lokasinya sudah sangat bagus, berwisata dan berpetualangan di kompleks kawah Papandayan, sampai ke padang edelweiss tegal alun, atau bahkan menangkap sunrise di tebing sunrise Papandayan. Namun demikian, sebelum anda berkunjung ketempat wisata Gunung Papandayan Garut ini ada baiknya anda mencari informasi terlebih dahulu apakah tempat ini ditutup atau tidak, karena apabila ternyata kondisi alam sedang tidak baik, atau ekstrim, kompleks wisata ini ditutup sementara oleh otoritas disana.

Jika ternyata jalur untuk menuju dan mendaki Gunung Papandayan ini dibuka untuk umum, ada baiknya anda membawa baju hangat karena udara di puncak gunung ini termasuk dingin. Untuk tiket masuk nya pun tergolong sangat murah cuma sebesar 15 ribu rupiah saja untuk turis lokal, sedangkan untuk turis mancanegara sebesar 150 ribu rupiah. Jika anda bermaksud untuk kamping atau bermalam disini, juga tersedia penyewaan tenda, dengan harga 70 ribu rupiah permalam.

Taman Satwa Cikembulan

Tempat wisata keluarga di garut ini buka setiap hari mulai pukul 09 pagi sampai pukul 5 sore, dengan harga tiket masuk sangat murah, berkisar antara 10ribu sampai 20ribu rupiah untuk dewasa dan 6ribu rupiah untuk anak-anak.

Taman Satwa Cikembulan

Taman Satwa Cikembulan Garut ini sangat cocok untuk anda yang berencana untuk berlibur dan berwisata bersama keluarga dan anak-anak anda. Taman satwa ini bisa dikatakan kebun binatang mini, selain sebagai tempat liburan, juga menjadi ajang edukasi untuk anak-anak anda. Taman satwa ini berlokasi di Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sebagai kebun binatang mini, koleksi satwa yang ada di taman satwa ini cukup menarik untuk dikunjungi, dan yang menjadi favorit para wisatawan adalah Macan Tutul Jantan dan Harimau Sumatera. Taman Satwa Cikembulan memiliki lebih dari 200 spesies, termasuk spesies langka dan dilindungi.

Selain itu, ditaman satwa ini juga terdapat areal pemancingan, jadi selain bisa melihat-lihat koleksi satwa yang ada, anda juga bisa mengajak keluarga anda untuk memancing di kolam pemancingan yang ada di kebun binatang mini cikembulan garut. Kebun Binatang Mini Cikembulan ini juga menyediakan berbagai fasilitas wahana permainan untuk anak-anak dan dewasa, seperti naik kuda, bebek air, ATV Road dan mobil kecil untuk anak-anak.

Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

Candi Cangkuang, Garut adalah merupakan tempat Wisata Sejarah di Garut, yang berlokasi di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut. Candi Cangkuang Garut termasuk candi Hindu yang telah berdiri sejak zaman kerajaan Sunda pertama, yaitu Kerajaan Galuh, dan merupakan sebuah cagar budaya yang tetap terpelihara dengan baik hingga kini.

Candi Cangkuang

Nama Candi Cangkuang sendiri berasal dari nama desa nya, yakni Desa Cangkuang. Sedangkan nama Desa Cangkuang itu sendiri berasal dari nama sebuah pohon yang bernama Pohon Cangkuang (Pandanus Furcatus) yang banyak terdapat di sekitar Makam Embah Dalem Arif Muhammad. Sebagaimana dengan tempat wisata di garut lainnya, Candi Cangkuang ini juga termasuk dalam daftar tempat wisata di Garut yang sangat murah karena harga tiket masuk-nya hanya sebesar Rp. 7.500,- per orang.

Tempat wisata garut yang satu ini terbilang unik, karena selain merupakan tempat cagar budaya dan wisata sejarah, candi ini terletak di tengah situ atau danau kecil, sehingga untuk menuju situ ini kita harus menggunakan rakit, jadi bisa juga dikatakan sebagai wisata petualangan. Keren dan seru banget pastinya.

Candi Cangkuang dan Kampung Pulo terletak di kecamatan Leles, sebelum memasuki kota Garut tidak jauh dari jalan raya sehingga tempat wisata di Garut ini bisa menjadi tempat wisata pertama yang bisa anda kunjungi saat anda berlibur dan berwisata di Garut. Selain itu juga terdapat kampung adat yakni kampung Pulo yang terletak persis di pinggir candi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here