Tempat Wisata Semarang Yang Murah

Wisata Semarang Yang Murah Pusat Kota

Anda bukan orang Semarang, lalu ingin tahu mana sih di Semarang untuk melakukan wisata yang murah. Ya, mungkin tulisan ini cuman akan diketawain jika Anda termasuk orang Semarang, haha. Namun tulisan sederhana ini akan bercerita dengan singkat, dimana saja sih wisata Semarang yang murah dan meriah. Hemmm sebetulnya kalo mau dieksplorasi semua,wisata di Semarang dan sekitarnya cukup banyak, namun tulisan ini akan mensederhanakan dari tempat wisata yang mudah dijangkau dari kota Semarang.

Tugu Muda Semarang

Tugu Muda Semarang dibangun untuk mengenang kedahsyatan pertempuran yang dilakukan oleh orang-orang Semarang dalam mempertahankan kemerdekaan. Jadi Tugu Muda ini dibangun untuk memberikan cerita kenang-kenagan bagi generasi muda, atau cerita bagi masyarakat Indonesia bahwa dulu warga Semarang dengan gigih memperjuangkan dan mepertahankan kemerdekaan. Tepatnya, dengan waktu 5 hari 5 malam, warga Semarang melakukan perlawanan yang sengit dengan penjajah Jepang, untuk tepatnya menurut catatan sejarah adalah tanggl 14 Oktober 1945 hingga 18 Oktober 1945. Ya, ini adalah idealis yang patut di contoh, dengan melihat keberanian warga Semarang untuk melawan Jepang, yang ketika masa itu Indonesia baru merdeka beberapa bulan saja. Jika Anda kenal Surabaya dengan sebutan kota Pahlawan, yang disimbolkan dengan gerakan pergerakan arek-arek Suroboyo untuk melawan sekutu Inggris dan Belanda, namun beda cerita di Semarang yang disini melawan Jepang. Untuk mengabadikan momen pertempuran ini didirikanlah Tugu Pemuda Semarang. Ya, jika Anda ingin berwisata plus belajar tentang salah satu dari catatan sejarah negeri ini, Anda bisa menyempatkan diri berkunjung ke museum Tugu Muda Semarang ini. Untuk lokasinya sudah tak asing lagi di jantung kota Semarang.

Tugu Muda Semarang
Tugu Muda Semarang

Wisata Lawang Sewu Semarang           

Lawang Sewu, jika dalam Bahasa Indonesia diartikan Pintu Seribu adalah salah satu bangunan era Belanda. Masyarakat kita memang kadang seperti itu, menamakan sesuatu sesuai dengan ide dan imajinasi kala itu. Bangunan ini sebetulnya jika dihitung betulan tak sampai 1000 pintu. Namun karena mempunyai jendela yang cukup banyak, mungkin masayarakat lebih senang menyebut dengan sebutan Lawang Sewu, yang pada kenyataanya yang dimaksud bukan lawang, tetapi pintu bangunan khas tersebut yang memang ukuran pintunya terbilang super jumbo, bisa juga digunakan sebagai pintu, sehingga lebih enak dinamakan Lawang Sewu. Bangunan ini memang cukup eksotik dan menawan yang memberikan nuasa arsitektur Belanda yang megah kala itu. Untuk cerita lebih jauh mengenani apa dan bagaimana bangunan ini dibuat adalah kala itu kolonial Belanda memang membuat bangunan yang dipergunakan untuk kantor pusat perkeretaapian, trem kala itu. Tepatnya pada tahun 1904 bangunan ini didirikan. Berarti jika hari ini, sudah lebih dari 100 tahun bangunan ini berdiri. Cukup megah dan asik deh pokoknya untuk bangunan semasa itu. Dengan gaya Art Deco bangunan ini didesain oleh seorang arsitek Belanda yang cukup mahsyur hari itu yaitu Prof Jacob F klinkkhamer dan BJ Queendag.

Jika Anda bertanya, dimana lokasi wisata murah Lawang Sewu ini? Letaknya hanya bersebelahan dengan Tugu Muda Semarang, berada di sisi Timur Tugu Muda Semarang. Jika Anda masih bingung letaknya, bangunan ini berada di sudut jalan Pemudan dan Jalan Pandanaran.

Wisata Lawang Sewu Semarang
Wisata Lawang Sewu Semarang

Simpang Lima Semarang

Jika Anda ingin berwisata yang tak jauh di pusat kota Semarang, tentu tempat yang bisa Anda kunjungi adalah Simpang Lima Semarang. Ya, tempat yang cukup unik dan strategi yang mempertemukan 5 titik persimpangan yang kebetulan berada di Semarang ini. Jika diteliti dengan jelas, 5 poros ini menghubungkan semua arah yang menuju 5 mata angin jalan di Jawa yang semuanya mengarah kesini, star awalnya bisa dari sini. Jika Dilihat dengan betul 5 arah ini adalah menuju Jawa Timur yang tepatnya arah ke Timur, munuju Jogjakarta jika Anda ingin berbelok ke Selatan, menuju Jawa Barat dan Jakarta jika Anda ingin ke arah Barat. Jika umumnya simpang itu ada 3 atau 4, namun inilah uniknya Semarang yang mempunyai simpang lima, sehingga lbih dikenal dengan sebutan Simpang Lima Semarang.

Salah Satu Sudut Simpang Lima Semarang
Salah Satu Sudut Simpang Lima Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *