Wisata Andalan Sumbawa Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi

Advertisement

Wisata Andalan Sumbawa Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi

  • Wisata Sumbawa Barat

ayo jelajahi potensi wisata di pulau Sumbawa. Pulau ini terbagi atas 4 kabupaten dan 2 kota yang masing-masing bernama kabupaten Sumbawa Barat, Cakep banget … Pantai indah dengan ombak yang tenang, akses yang sudah diperbaiki, pasir pantainya dan anginnya bikin mau kesana lagi Wisata Andalan Sumbawa Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi, Semoga tetep bersih. Kalo mau kesana pagi sangat direkomendasikan. Buat photoshoot apa aja cocok.

Kali ini Travelingyuk akan mengupas tempat wisata yang ada di kabupaten Sumbawa Barat, sebuah kabupaten yang berada di ujung barat pulau Sumbawa. Kabupaten ini berdiri pada tahun 2003 hasil pemekaran wilayah dari kabupaten Sumbawa. Lokasinya berbatasan dengan Laut Flores di utara, Kabupaten Sumbawa di barat, Samudera Hindia di selatan serta Selat Alas di barat. Sudah tidak sabar mengetahui tempat wisata apa saja yang ada di kabupaten ini, yuk langsung saja kuntit Travelingyuk menjelajahi Wisata Andalan Sumbawa Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi.

Pelabuhan Poto Tano

Pelabuhan Poto Tano dikelilingi oleh perbukitan hijau dan pulau-pulau kecil. Kondisi inilah yang membuat pemandangan di pelabuhan ini menjadi sangat indah. Tak sedikit dari wisatawan yang datang ke Pulau Sumbawa via Pelabuhan Poto Tano akan istirahat sejenak di Wisata Andalan Sumbawa Barat Yang Wajib Kamu Kunjungiuntuk menikmati pemandangan yang ada. Bahkan beberapa dari mereka memutuskan untuk rekreasi dulu di sekitaran pelabuhan dimana terdapat pantai-pantai kece untuk liburan.

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa Pelabuhan Poto Tano berada di posisi yang sangat strategis dengan dikelilingi perbukitan dan pulau-pulau kecil yang hanya butuh beberapa menit saja untuk menjangkaunya. Salah satu pulau kecil yang keren adalah Pulau Paserang yang hanya butuh waktu 15 menit untuk menjangkaunya.

Pulau Kenawa

Traveler yang datang ke Pulau Kenawa bakal merasakan sensasi menjadi orang kaya yang punya pulau pribadi, hal itu disebabkan suasana pulau yang sepi tak berpenghuni seakan-akan hanya kamu saja yang berada di pulau tersebut, tapi mungkin saja saat ini Pulau Kenawa tak sesepi dulu sebab nama pulau ini sudah terkenal kemana-mana dan setiap traveler pasti tertarik berkunjung ke sana.

Pulau Kenawa dianugerahi dengan pantai berpasir putih yang menawan,  di daratannya Pulau Kenawa diselimuti oleh padang savana yang hijau seperti permadani, datang saja pada musim hujan untuk mendapatkan foto keren pulau kecil dengan savana yang lebat, Wisata Andalan Sumbawa Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi untuk menikmati keindahan pulau ini traveler musti menyeberang dari Pelabuhan Poto Tano selama 1,5 jam.

Pantai Balat

Masih dalam suasana libur lebaran, tanggal 9 juli 2016 saya, suami dan 3 teman mencoba mengunjungi tempat wisata di Taliwang yang belum pernah kita kunjungi yaitu Labuhan Balat. Menuju lokasi Labuhan Balat tidaklah sulit. Begitu sampai di kota Taliwang, nantinya kita menemukan pertigaan jalan besar kalau kekiri menuju Maluk atau Sekongkang sedangkan kalau terus menuju Labuhan Balat. Dari pertigaan itu sampai lokasi ke Labuhan Balat tidak terlalu jauh sekitar 10 menit.

Karena masih dalam suasana Lebaran, waktu kita kesana pantainya padat oleh orang-orang lokal yang berekreasi dengan keluarganya. Meskipun ramai pengunjung, kita masih dapat tempat parkir mobil. Tujuan pertama kita setelah sampai di Labuhan Balat adalah mencari toilet. Maklum, ditahan-tahan setelah melalui ±3 jam perjalanan dari Sumbawa Besar.Tidak heran toilet umum yang tersedia seperti kebanyakan toilet-toilet umum yang ada di tempat wisata di Indonesia kebanyakan, terkesan apa adanya dan tidak terjaga kebersihannya.

Tapi masih mendinglah ada toilet ketimbang kita harus buang air kecil di semak-semak,labuhan Balat merupakan pantai yang bisa dibilang luas dengan pasir yang cenderung berwarna putih. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga banyak anak-anak maupun orang dewasa yang melakukan aktifitas berenang ataupun sekedar main air. Selain itu banyak juga yang hanya duduk-duduk berkumpul dengan keluarga sambil menikmati hidangan makanan seperti ikan bakar yang dijual disana.

Pantai Balat meruakan salah satu obyek wisata pantai yang berlokasi di Kabupaten Sumbawa Barat, tepatnya sebelah barat Taliwang. Pantai ini dapat dicapai menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan jarak tempuh kurang lebih 15 menit perjalanan dari ibukota kabupaten. Daerah rumah-rumah penduduk turut menyambut para pengunjung. Mata pengunjung akan dimanjakan dengan hamaparan laut yang luas dengan pesisir berpasir putih.

Pantai Kertasari

Pantai Kertasari pernah masuk pantain paling indah se asia di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, boleh jadi masih terdengar asing di telinga banyak orang. Padahal, oleh sementara penggila selancar nonpemula dari luar negeri, pantai yang juga mereka sebut K-Land ini menjadi salah satu destinasi selancar favorit.

Angin kering menerpa wajah saat kami mencapai puncak bukit di ujung Desa Labuan Kertasari, Kecamatan Taliwang, suatu siang, pertengahan Februari,Melepas pandang ke bawah, gulungan ombak berkejaran menghantam garis pantai yang dikepung gugusan bukit hijau. Mata kian dimanjakan gradasi warna air laut berwarna kehijauan di bagian tepi hingga berubah biru tosca semakin ke tengah.

Dari kejauhan, nampak empat orang asyik mengendarai papan selancar di atas ombak. Tiga orang lain terlihat merekam aksi mereka dari tepi pantai. Tak nampak wisatawan lain selain mereka, Wisata Andalan Sumbawa Barat Yang Wajib Kamu KunjungiPantai ini belum sepenuhnya terjamah. Namun, gulungan keras ombak dipadu bentangan pasir putih di teluk sunyi seperti ini sungguh tempat tepat memompa nyali.

 

Pantai Poto Batu

Pantai ini memiliki view yang cantik dengan deburan ombak dan pemandangan sunset yang tak kalah indahnya dengan Pantai Balat. Batu-batu karang berdiri kokoh memiliki susunan yang unik menyerupai susunan lantai batu berwarna hitam. Pantai ini juga menjadi muara Sungai-sungai yang mengalir dari Taliwang dan sekitarnya. Muara sungai yang lebar dengan arus yang cukup kuat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung terutama mereka yang memiliki hobby memancing. Lokasi ini telah lama menjadi lokasi favorit bagi setiap penghobby mancing.

Tidak jauh dari kawasan pantai ini, terdapat sebuah tanjung yang bernama Tanjung Berok. Tanjung ini dimanfaatkan oleh masyarakat setempat bekerjasama dengan investor-investor swasta sebagai lokasi budidaya mutiara yang bermutu tinggi. Mutiara h asil olahan masyarakat ini telah banyak dipasarkan ke luar kota bahkan luar pulau.

Pantai ini berada di tepi jalan raya menuju Kecamatan Jereweh dari arah kota Taliwang, dapat anda tempuh selama 10 menit berkendara, jangan lewatkan panorama alam nan elok kala senja hari, debur ombak yang menghantam karang dengan latar pemandangan matahari terbenam akan menjadi suguhan utama saat anda berkunjung ke sana Wisata Andalan Sumbawa Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi.

 

Pantai Benete

Mengunjungi Sumbawa Barat yang kaya dengan tujuan wisata baharinya tak lengkap tanpa mencicipi kuliner seafood. Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi hidangan seafood adalah di Pantai Benete. Pantai yang berlokasi paling dekat dengan area tambang Batu Hijau, PT Newmont Nusa Tenggara ini adalah tujuan yang tepat untuk mengisi perut.

Pantai Benete lebih menarik untuk dinikmati secara visual,  pasalnya pantai ini tidak berpasir putih melainkan campuran dengan pasir hitam yang kurang begitu menarik untuk digunakan bermain-main. sebagai gantinya Wisata Andalan Sumbawa Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi di sekitar pantai banyak terdapat rumah makan yang menawarkan beraneka olahan hasil laut kabupaten Sumbawa Barat. Inilah salah satu cara paling sip untuk menikmati keindahan alam pantai sambil bersenang senang bersama familiy.

Pantai jelenga

antai Jelenga terletak di desa jereweh kabupaten sumbawa barat tidak kalah eksotis dengan pantai yang lain. Semakin berjalan menuju arah barat menuju ke pantai jelenga, kita akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit dari kota taliwang.

Sepanjang perjalanan menuju ke pantai jelenga,kita akan disuguhkan panorama alam yang luar biasa, barisan perbukitan yang berjejer kokoh, memberikan kesan tersendiri berlibur di kawasan ini, dan kanan- kiri jalan kita juga bisa melihat rerimbunan pepohonan di setiap jalan Wisata Andalan Sumbawa Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi menuju ke pantai jelenga, pohon jati dan berbagai pepohonan lain pun menghiasi perjalanan. Akses jalan menuju kawasan obyek wisata di ujung barat pulau sembawa ini masih tergolong tradisional, kita harus melewati jalan bebatuan  yang dikelilingi perbukitan yang indah.

Pantai jelenga ini merupakan pantai yang tergolong masih sangat natural, karena jarang pengunjung yang mengunjungi pantai ini, hanya pada musim-musim tertentu pantai ini ramai pengunjung. Sekalipun tergolong alami dan sepi,  tetapi pantai ini sangat nyaman  dan indah digunakan untuk sunbath, karena udara tropisnya sangat terasa.

Menikmati keindahan pantai jelenga yang sangat memukau membuat saya terpesona, bentang pantai yang luas dihiasi pasir putih dikelilingi perbukitan batu cadas yang menjorok ke laut, berujung di terumbu karang merupakan salah satu daya tarik objek wisata yang berada di ujung barat pulau sumbawa, udara tropis dan semilir anginpun selalu menemani setiap pengunjung yang ada disini.

Pantai Kencana

Pantai Kencana adalah sebuah pantai di Pulau Sumbawa yang menawarkan keindahannya dengan hamparan pasir putih yang dimilikinya.
Letaknya 8 km dari pusat kota, Sumbawa Besar
Dengan keindahan yang dimiliki itu, pemerintah Sumbawa membangun hotel yang menganut konsep “Nature and Modern”
Selain lautnya, Wisata Andalan Sumbawa Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi juga dapat menikmati segarnya berendam di kolam renang yang dikelilingi oleh beberapa pohon Palm dan ukiran taman yang dibuat oleh tangan-tangan terampil masyarakat Sumbawa. Pantai Kencana ini merupakan salah satu opsi terbaik untuk dikunjungi dalam ber wisata sumbawa barat.

Obyek wisata alam pegunungan ini berada pada ketinggian + 450 meter diatas permukaan air laut, jaraknya 17 km dari kota Sumbawa Besar. Jalan yang berbelok-belok dengan pemandangan perbukitan dan lembah-lembah ini dapat ditempuh dengan berbagai kendaraaan.Fasilitas yang tersedia antara lain kolam renang dan shelter, emandangan nan asri yang ditawarkannya sangat memikat para wisatawan untuk mengambil gambar di Semongkat, ditambah kesegaran dan kemilau sinar dari air sungai yang mengalir lembut serasa memanggil untuk berendam.

Pantai Topicse Sekongkang

Ekoturisme? mungkin di antara kalian ada yang tahu apa itu ekoturisme. tapi sebelum saya menceritakan mengenai pantai tropic sekongkang, sebelumnya akan saya jelaskan mengenai Ekoturisme ini, nama Pantai Sekongkang mungkin belum akrab didengar oleh orang-orang di Indonesia, tersembunyi namun memiliki daya tarik luar biasa. Itulah ungkapan yang pantas untuk menyebut pantai Sekongkang di Desa Sekongkang Bawah, Sekongkang, Sumbawa Barat,Akses menuju pantai ini memang tidaklah mudah. Dari pelabuhan Poto Tano, kita harus menyusuri jalanan berkelok-kelok, naik turun sejauh 55 km. Anda juga harus berhati-hati karena selain kontur jalan yang tidak datar, terdapat beberapa bagian.

Selain itu, bagi anda pecinta olah raga air, pantai ini merupakan pilihan yang tepat dan sayang apabila tidak di kunjungi. Kurang lebih 100 meter dari bibir pantai anda dapat melihat ombak cukup tinggi menggulung, yang bisa anda nikmati dengan berselancar  air. Selain itu dengan beningnya air laut dan indahnya terumbu karang, anda dapat menikmatinya dengan senorkeling.

Lelah berolah raga air, anda bisa sepuasnya bermain air di bibir pantai. Duduk bersantai menikmati lembutnya pasir putih juga menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Mengajak keluarga, sanak famili dan teman di Sekongkang adalah pilihan liburan yang layak dicoba. Setelah puas bermain, Wisata Andalan Sumbawa Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi luangkan waktu Anda untuk mencicipi es kelapa muda dan es jeruk yang dijual oleh pedagang setempat. Menjelang sore, Sekongkang akan menyuguhi Anda dengan pesona matahari tenggelam yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

 

Pantai Maluk

Namun di bagian lain, Pantai Maluk juga memiliki ombak yang besar dan tinggi sehingga menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan selancar air dari pelbagai negara, Super Sucks adalah nama tempat yang memiliki ombak yang tinggi dan menantang , lokasinya di sebelah pantai Maluk. Wisata Andalan Sumbawa Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi

Di sanalah para peselancar dari seluruh dunia berkumpul dan bermain selancar air, Para peselancar biasanya datang dari Bali dengan mengendarai mobil atau sepeda motor dengan papan seluncur mereka. Mereka menginap di hotel-hotel kecil yang banyak tersedia di Maluk dan sekitarnya. Mereka berhari-hari menghabiskan waktunya bermain-main ombak di pantai Maluk, atau pergi ke Pantai Sekongkang yang terkenal dengan tempat yang indah benget.

Advertisement
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.