Wisata Keren di Lampung, Sumatera

0
127
Tempat Wisata Daerah Lampung

Wisata Keren di Lampung

Bicara mengenai Propinsi Lampung, tak melulu harus bicara tentang kegaduhan politik praktisnya atau catatan kriminal yang beberapa tahun ke belakang santer dibicarakan oleh berbagai media massa.

Mari sejenak hijrah dari berbagai berita buruk dan mulai mengenal Propinsi Lampung dari sudut yang berbeda, melalui wisatanya.

Wisata Lampung sebenarnya bukan hal baru bagi penikmat wisata baik domestik maupun internasional.

Di Lampung, gunung, pantai, dan berbagai pulau-pulau kecil masih begitu memikat dan sejauh ini masih menjadi favorit bagi para penikmat kegiatan jalan-jalan (traveler).

Sebagai propinsi yang berada dipaling selatan pulau sumatera dan berhadap hadapan langsung dengan pulau jawa yang menjadi pulau dengan penghuni terbanyak, tentu Lampung memiliki modal yang sangat besar untuk bisa bersaing dalam menjaring jumlah wisatawan karena lokasi Propinsi Lampung yang cukup strategis.

Tempat Wisata Daerah Lampung
Tempat Wisata Daerah Lampung

Untuk mendorong Wisata Lampung menjadi lebih bergairah, keamanan dan ketersediaan armada bus selalu dipantau dan dimaksimalkan keberadaanya di Terminal induk Rajabasa Lampung yang kami rasa cukup memuaskan bagi wisatawan yang memilih datang dengan jalur darat. Di jalur laut untuk menikmati Wisata Lampung tak usah lagi ditanya, ada pelabuhan Bakauheuni, yang selalu menjadi primadona terutama saat libur hari raya atau momen besar lainnya yang selalu padat lancar, sebagai palang pintu selamat datang bagi para pelancong yang ingin menikmati menghabiskan hari di Lampung. Masih kurang ?

Menikmati Wisata Lampung melalui jalur udara pun kini telah tersedia bandar udara. Bandar Udara Radin Inten II yang baru saja selesai pengerjaannya, kini telah bisa dinikmati pula. Berada di Kabupaten Lampung Selatan, bagi wisatawan yang memilih jalur udara, begitu tiba bisa langsung berkendara menuju Ibukota Propinsi Lampung, Bandar Lampung yang memang dekat lokasinya, selain juga bisa menikmati keindahan yang disajikan di Kabupaten Lampung Selatan tentunya.

Jalur udara, laut dan darat, setelah wisatawan dari berbagai tempat berkumpul, lalu apa lagi yang harus dicari tahu ?

Tentu saja mengenai apa saja wisata yang ada di Lampung. Jangan sampai telah jauh-jauh datang lalu bingung kemana tujuan.

So, Wisata Lampung, here we go…

Kita mulai dengan wisata alamnya.

Dalam pembahasan, mengenai Wisata Lampung, wisata alam adalah primadona. Tidak percaya ? Coba tanya pada teman-teman Anda yang telah berkunjung terlebih dahulu ke Lampung.

Pendakian gunung misalnya, meski gunung-gunung yang ada di lampung bisa dikatakan berukuran cukup kecil jika dibandingkan ukuran gunung-gunung di Pulau Jawa namun dalam hal ‘keperawanan’ gunung-gunung di Lampung masih Begitu alami dan cukup menegangkan karena baru ditakhlukan oleh beberapa orang, yang membuat pendakian gunung-gunung di Lampung konon menjadi lebih intim dengan alam karen minimnya manusia untuk berinteraksi baik saat mendaki maupun ketika tiba di puncak, membuat pendaki dapat lebih khusyuk menyatu dengan alam.

Berikut kami sertakan nama-nama gunung yang bisa dijadikan referensi jika berminat melakukan pendakian dalam Wisata Lampung :

Gunung Pesagi (2262 m), Seminung (1881 m) dan Tebak (2115 m) di Lampung Barat. Gunung Betung (1240 m) di Bandar Lampung. Gunung Tanggamus (2156 m) dan Rindingan (1506 m) di Tanggamus serta banyak lagi lainnya.

Masih di wisata alam dalam Wisata Lampung, kita juga mengenal kegiatan jelajah pulau. Dan Lampung adalah salah satu surganya pulau-pulau eksotis dengan pantai yang indah dan penduduk yang ramah.

Sebut saja Pulau Larot, Legundi, Tegal, Sebuku, Ketagian, Sebesi, Pahawang, Krakatau, Putus, dan Tambuan. Ada juga pulau Tampang dan Pisang.

Bagi para penikmat jalan-jalan baik yang berada di Wilayah Lampung maupun diluar Lampung tentu tak asing dengan salah satu Pulau yang disebutkan dalam list tadi.

Yap, Pulau Pahawang.  Kini Pulau Pahawang telah begitu terkenal menjadi tujuan wisata di Indonesia, terbukti dengan berbagi penyedia layanan wisata yang menjadikannya sebagi top list kunjungan one day trip (1 hari perjalanan) dalam layanan wisata mereka.

Dijenis Wisata Lampung lainnya ada beberapa wisata budaya yang terkenal di Propinsi Lampung  diantaranya wisata Kampung Tua di Sukau, Liwa, Kembahang, Batu Brak, Kenali, Ranau dan Krui di Lampung Barat serta berbagai festival seperti Festival Krakatau di Bandar Lampung, Festival Teluk Stabas di Lampung Barat, Festival Teluk Semaka di Tanggamus, dan Festival Way Kambas di Lampung Timur yang bisa menjadi pilihan dalam menghabiskan waktu dan tentu berwisata keluarga yang tak hanya menyenangkan namun juga menambah pengetahuan.

Terakhir, pesan dari kami dalam artikel Wisata Lampung kali ini ialah kemana pun Anda berwisata (bukan hanya ketika di Propinsi Lampung saja) jangan lupa untuk selalu berakhlak baik dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan yang ada, menaati peraturan yang dimiliki tiap-tiap daerah yang kadang berbeda satu dengan lainnya, seperti sepenggal lirik dari lagu tradisional Propinsi Lampung berikut ini yang menyatakan ajakan untuk membangun Propinsi Lampung bersama-sama  :

Sang Bumi Ghuwa Jughai (Sang Bumi Ruwai Jurai)
Eno lambang sai agung (Itu Lambang yang Agung)
Lapah gham jamo-jamo (Mari kita bersama-sama)
Giat ngebangun bumi Lampung (Giat Membangun Bumi Lampung)

The Last, Have Great Trip in Lampung, Guys.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here