Wisata Kuliner Khas Bogor

Wisata Kuliner Khas Bogor

Julukan kota hujan ditujukkan pada sebuah kota asri yang tak jauh dari Jakarta, yaitu Bogor. Selain memiliki keanekaragaman lokasi wisata, Bogor juga memiliki keanekaragaman kuliner yang menjadi perburuan. Jika Anda pergi ke Kota Bogor ini, rasanya tidak nikmat jika tidak mensinggahi beberapa wisata khas kuliner asli Bogor ini. Dalam tulisan kali ini kita akan membahas soal urusan perut ketika Anda singgah di kota Bogor. Berikut ragam kuliner yang terkenal di Bogor :

1. Pizza Kayu Bakar

Panganan satu ini bisa ditemukan di sebuah kedai bernama Kedai Kita. Pizza bakar ini dibuat dengan membakaranya di tungku api yang menggunakan kayu bakar. Saat pembakaran, di atasnya ditaburi keju yang akhirnya meleleh terkena panas. Disajikan dalam keadaan panas dengan harga yang terjangkau.

2. Es Sekoteng Boper

Wisata kuliner Bogor berikutnya yang perlu Anda coba di kota Bogor adalah Es Sekoteng Boper. Nama boper itu sendiri diambil dari sebuah daerah Bogor Permai. Es tersebut berisi kelapa muda, sekoteng, dan alpukat. Di atasnya dituang serutan es yang kemudian ditambahkan gula cair dan susu kental manis. Untuk harganya sendiri sangat terjangkau. Lumayan, jika Anda menginginkan sebuah sensai minuman dingin ala kota Bogor ini.

Es Sekoteng Bogor
Es Sekoteng Boper

3. Bakso Gulung Bragi

Bakso ini merupakan bakso yang unik. Kalau bakso pada umumnya berbentuk bulat, berbeda dengan bakso Gulung Bragi ini. Bakso Gulung Bragi berbentuk lonjong yang digulung dengan kembang tahu. Perpaduan daging bakso yang kenyal dengan kembang tahu yang krispi akan sangat menggugah lidah Anda.

4. Pia Apple Pie

Nama yang unik untuk sebuah Pia. Jika biasa Anda tahu pia itu berisi kacang, namun di Bogor ini ada pia yang cukup unik yaitu terbuat dari aple. Pie Apple berisi irisan daging apel segar. Perpaduan rasa pie yang manis dan buah apel yang manis pula akan menjadikan rasa pie apple ini banyak dicari oleh masyarakat.

5. Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo

Sate yang biasa ditemukan adalah sate daging ataupun usus. Namun bagaimana bila kali ini yang ditemukan adalah satu sumsum? Bila Anda bermain-main ke kota Bogor tidak ada salahnya mencoba sate sumsum dan ginjal sapi. Rasanya begitu maknyus.

6. Doclang

Doclang meupakan salah satu makanan khas Bogor yang mirip seperti kupat tahu. Namun perbedaannya karena doclang menggunakan kentang rebus. Bumbu yang digunakan yaitu tauco dan juga kacang yang digerus kasar.

7. Cungkring

Cungkring terbuat dari kikil dan kepala kambing. Kikil dan kepala kambing disiram dengan kuah dan diberi sambel kacang. Akan lebih enak lagi bila dimakan dengan lontong. Wow,! Sesuatu yang berbeda bukan ketika Anda menginginkan kuliner daging kambing yang berbeda dengan tempet yang lain.

8. Es Pala

Es pala terbuat dari potongan buah pala yang dipotong tipis yang diberi gula dan es. Segar dan memberi kehangatan bagi tubuh.

9. Asinan Bogor

Asinan Bogor berbeda dengan asinan lainnya. Asinan Bogor diguyur dengan kuah asam yang sangat menggugah selera. Asinan ini lebih enak bila dimakan dengan kerupuk kuning dan kacang goreng.

10. Toge Goreng

Walaupun namanya adalah toge goreng namun dalam membuatnya toge ini tidak digoreng dengan minyak tapi menggunakan air alias direbus. Untuk penyajiannya toge ini disajikan dengan mie kuning dan ketupat yang diguyur dengan sambal tauco dan oncom.

11. Roti Unyil atau Roti Venus

Roti Unyil ini terdiri dari banyak varian seperti roti jagung, roti abon, roti sosis, roti keju dan varian lainnya. Dari namanya roti unyil tidak heran kalau ukurannya kecil. Walaupun bentuknya kecil namun rasanya begitu dahsyat. Terkenal akan rasanya yang membuat ketagihan, banyak artis menyempatkan untuk mampir ke Bogor hanya untuk membeli makanan ini.

Banyak sekali masakan khas kota Bogor yang bisa Anda cicipi. Apakah Anda tertarik untuk mencicipi satu persatu makanan khas Bogor ini? Bila Anda sedang singgah atau mampir di kota ini, sempatkanlah lidah Anda untuk merasakannya. Karena masakan tersebut jarang ditemukan di kota lain.

sekoteng bogor
Sekoteng Khas Bogor

One thought on “Wisata Kuliner Khas Bogor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *