Wisata Kuliner Murah Di Bali

Bali memang menjadi tempat wisata yang sangat menyenangkan dan memiliki banyak sekali penggemar. Mengeksplore Bali tidak akan pernah ada habisnya.  Selain tempat wisata yang indah dan murah, kebudayaan yang masih kental, Anda juga bisa berburu kuliner murah di Bali. Menikmati makanan khas Bali tentu akan membuat liburan Anda terasa lebih lengkap. Ok, dalam tulisan kali ini, kami ingin berbagi pengalaman tentang wisata kuliner yang murah dan khas di Pulau Dewata ini.

Untuk mendapatkan makanan dengan rasa yang lezat tapi dengan harga murah meriah maka Anda bisa mencoba masakan lokal. Nasi Bali Men Weti bisa menjadi pilihan. Masakan tradisional ini berupa nasi dengan campuran aneka masakan ayam betutu, sambal mentah, suwiran ayam, urap, kacang tanah goreng, dan sebagainya. Anda bisa menemukan nasi satu ini di tepi Pantai Sanur tepatnya berada di Jl. Segara Ayu Sanur. Anda tidak perlu heran ketika melihat ada banyak sekali orang yang membeli nasi, meskipun warung tempat pemilik berjualan cukup sederhana tapi pembeli  sangat padat. Bahkan untuk menikmati nasi ini, pengunjung harus sabar dan antri terlebih dulu. Mengingat banyaknya jumlah pembeli yang datang. Nasi Bali Men Weti bisa pengunjung nikmati cuma seharga Rp 15.000.

Selain Nasi Bali Men Weti Anda juga bisa menikmati Nasi Jinggo. Nasi Jinggo memang dikenal sebagai makanan favorit yang murah dan meriah. Jika di Jawa Anda mengenal nasi kucing maka nasi kucing untuk di Bali disebut dengan nasi Jinggo. Nasi Jinggo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengganjal perut Anda ketika sangat lapar dan belum menemukan makanan yang lain. Umumnya Nasi Jinggo dijual dari harga Rp 3.000 hingga Rp 7.000. Nasi Jinggo terdiri atas nasi dengan lauk pauk berupa telur dan daging ayam atau daging sapi. Selain Nasi Jinggo, penjual biasanya juga menjual makanan kecil sebagai pelengkapnya seperti telur puyuh, ceker ayam pedas dan masih banyak yang lainnya. Anda bisa menemukan penjual Nasi Jinggo di sekitar Kuta dan di pusat kota Denpasar.

wisata kuliner Bali
Wisata Kuliner Bali

Ada lagi satu makanan khas Bali yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Lawar merupakan makanan khas Bali dan menjadi makanan yang wajib disajikan ketika upacara adat berlangsung. Hanya saja bagi umat muslim tidak disarankan untuk menikmati kuliner satu ini. Karna makanan satu ini terbuat dari bahan baku daging babi. Tapi jika Anda yang bergama muslim ingin menikmatinya maka Anda bisa mencari Lawar dengan bahan baku daging ayam atau daging sapid an pastikan bahwa tempat tersebut tidak menjual lawar babi. Ini untuk menjaga diri apabila ada peralatan yang digunakan secara bergantian untuk mengolah daging ayam atau sapi dengan daging babi. Lawar terdiri atas daging dan sayuran yang dirajang dan ditambah dengan kacang panjang serta parutan kelapa. Harga per posinya Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Lawar bisa menjadi kuliner yang pas bagi Anda pecinta sayuran. Makanan satu ini juga cukup mengenyangkan.  Anda bisa menemukan kuliner Lawar dengan mudah, karna dijual di sepanjang rumah makan, restauran ataupun di warung-warung.

Di samping kedua makanan tersebut, Anda harus mencicipi Srombotan yaitu sayuran khas yang bersal dari daerah Klungkung, Bali. Bahan baku sayur ini antara lain paku atau botor muda, kubis, dan toge yang dimasak setengah matang. Yang membedakan sayur ini dengan sayur lainnya adalah kuah khasnya yang disebut kalas. Kuah ini terbuat dari santan dengan bumbu lengkuas, bawang putih, bawang merah, sedikit kencur, ketumbar dan kunyit. Santan ini dimasak hingga kental. Pada saat disajikan, sayur ini menggunakan nasi dengan campuran ubi jalar yang disebut masyarakat Bali sebagai nasi oran sele. Di samping itu, srombotan menggunakan kacang goreng sebagai pelengkap.

Itulah tulisan sederhana tentang wisata khas Bali dalam soal kuliner. Wisata kuliner Bali, sebenarnya masih banyak lagi masakan-masakan traditional Bali yang belum kami kupas didalam tulisan ini. Namun setidaknya beberapa tulisan diatas mampu menjadi referensi Anda ketika ingin bereksplorasi tentang masakan asli Bali. Selamat berburu makanan lezat di Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *