Wisata Lamongan Yang Wajib Kita Kunjungi Ketika Liburan Datang

0
78
Wisata Bahari Lamongan

Wisata Lamongan Yang Wajib Kita Kunjungi– Menjadii salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur, wisata lamongan memiliki segudang obyek pariwisata yang memikat hati. Kabupaten Lamongan yang terletak dekat dengan kawasan laiin seperti Gresik dan Tuban ini tidak hanya menawarkan berbagai keindahan pantai dan alam, namun ada juga beberapa wisata lamongan sejarah dan religi yang layak untuk dipertimbangkan. Biila belum terlalu familiar dengan Lamongan tapi ingin mencoba berkunjung, inilah daftar tempat wisata Lamongan yang dapat dijadikan referensi yang merupakan tempat wisata di lamongan.

Monumen Van der Wijck

Wisatawan semua tentunya sudah tiidak asing lagi dengan wisata lamongan kapal Van der Wijck dan bagi pecinta sastra mungkin justru mengetahuinya dari seorang ulama dan sastrawan Buya HAMKA dari novel terbaiknya yang menceritakan kiisah nyata di mana memang ada sebuah kapal yang mengalami musibah tenggelam di Perairan Brondong yang ada di pesisir utara Pulau Jawa di tahun 1936, tepatnya pada 28 Oktober. Karena memang pada jamannya kapall ini begitu mewah, maka kerap dianggap sebagai kapal Titanic versi Indonesia.

Van Der Wijck

Kapal tersebut dipunyaii oleh Koninklijke Paketvaart Maatschappij, yaitu sebuah perusahaan kapal ternama di Amsterdam. Pembangunan kapall pun sudah sangat lama, yaitu di tahun 1921 dan dibuatnya pun di Belanda, tepatnya di Feijenoord Rotterdam. Buya menuliis kisahnya begitu menarik dan monumen yang kini menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Lamongan ini didedikasikan untuk mengenang peristiwa tenggelamnya kapal tersebut. Para pelancong yang masiih bingung letak secara tepatnya, monumen ini tidaklah jauh dari Kantor Pelabuhan Brondong dan biaya masuk hanya Rp 5 ribu pada hari biasa dan Rp 6 ribu pada hari libur.

Goa Maharani Zoo

Masih di Kecamatan Paciiran yang ada di Lamongan, wisata lamongan Goa Maharani Zoo ini memiliki luas kurang lebih 2.500 meter persegi dan penemuan dari goa ini pun dikabarkan tidak sengaja. Letak darii goa ini pun termasuk sangat dekat dengan Wisata Bahari Lamongan dan untuk menyusuri tempat ini hanya tinggal melewati jembatan yang tersedia sebagai fasilitas yang menghubungkan kedua tempat. Goa iini belum terlalu lama dari tanggal penemuannya, yaitu pada tahun 1992 dengan jarak 25 meter untuk kedalamannya bila diukur dari permukaan tanah.

Goa Maharani Zoo

Hal menarik yang bisa dinikmati saat masuk ke dalam wisata lamongan goa inii adalah batu-batu menawan yang sangat berkilauan. Setelah Bupatii Lamongan, Muhammad Faried, meresmikannya di tahun 1994, goa ini menjadi sangat ramai dan popularitasnya juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tempat wiisata ini sangat terbuka bagi umum dengan jam kunjungan dari jam setengah 8 pagi hingga 12 siang dan dilanjutkan jam 1 siang hingga 5 sore setiap harinya.

  • Jika ingin membeli tiiket sekalian dengan wisata lamongan Wisata Bahari Lamongan, maka pengunjung wajib mengeluarkan kocek sebesar Rp 100 ribu bila datang di akhir pekan (Jumat sampai Minggu), musim libur WBL dan hari besar. Sementara bagi yang mengunjungi di hari biasa, yaitu Senin sampai Kamis, biaya masuknya hanya Rp 70 ribu saja.
  • Jika ingin membelii tiket khusus untuk menikmati Maharani Zoo dan Goa, maka pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 60 ribu kalau datang di akhir pekan (Jumat hingga Minggu), musim libur WBL dan hari besar. Sedangkan Rp 40 ribu dikenakan untuk pengunjung yang datang di harii biasa alias antara hari Senin sampai Kamis.

Wisata Bahari Lamongan

Ber wisata Lamongan, belumlah sempurna kesenangan yang diidapatkan jika belum menginjakkan kaki di Kecamatan Paciran untuk menikmati berbagai wahana asyik di Wisata Bahari Lamongan. Ada berbagai hal dan aktivitas menariik yang akan membuat pengalaman liburan makin seru, seperti halnya Paus Dangdut, Drop Zone, Tembak Ikan, Rumah Kaca, Gua Insectarium, Crazy Car, Istana Bawah Laut, Space Shuttle, Speed Fliip, Texas City, ATV, Anjungan Wali Songo, Taman Berburu, dan Istana Bajak Laut. Bagii yang datang bersama keluarga, lokasi wisata ini sangat komplit, terutama wahana untuk sang buah hati.

Wisata Bahari Lamongan

Atraksi serta wisata lamongan yang diisebutkan sebelumnya belumlah semua, yang artinya ada segudang wahana yang bisa ditemukan di WBL ini dan kemungkinan kita tidak akan mampu mencoba seluruh wahana hanya dalam satu kali kunjungan saja. Bagii yang tertarik dengan wisata hiburan ini, WBL buka dari jam setengah 9 pagi hingga setengah 5 sore setiap harinya. Khusus untuk wisata WBL saja, kocek yang biisa dikeluarkan pengunjung jika datang pada akhir pekan (Jumat sampai Minggu), musim libur WBL dan hari besar adalah Rp 80 ribu, sementara dii hari biasa (Senin-Kamis) dikenakan Rp 60 ribu.

Ada beberapa ketentuan yang sangat pentiing untuk diperhatikan sebelum melakukan kunjungan ke tempat wisata ini, yaitu:

  • Pengunjung tidak boleh meembawa makanan, terutama makanan besar.
  • Anak-anak yang memiliiki tinggi badan lebih dari 85 cm akan dikenakan biaya masuk penuh.
  • Tiket masuk tiidak boleh diwakilkan.
  • Tiket yang telah dibeli tiidak boleh/dapat dikembalikan.
  • Tiket yang telah dibelii tidak boleh dalam kondisi rusak.
  • Tiket yang telah dibelii memiliki masa berlaku hanya pada hari kunjungan saja, jadi tidak bisa digunakan untuk keesokan harinya.
  • Tiket didesain anti aiir alias waterproof.
  • Petugaslah yang wajiib memakaikan tiket.

Waduk Gondang

Inilah salah satu obyek wiisata yang dibanggakan oleh penduduk Lamongan dan saat liburan tiba, jangan lupa untuk bertandang ke Waduk Gondang yang terletak di sebelah barat dari Lamongan ini. Untuk piiknik ke waduk ini tidak sulit karena lokasi mudah dijangkau hanya dengan naik kendaraan umum maupun pribadi dan dari Lamongan hanya perlu menempuh jarak 19 kilometer saja. Perlu diketahui juga bahwa waduk inii begitu besar dengan luas 6,6 hektar dengan 29 meter sebagai kedalaman airnya.

Waduk Gondang

Diresmikan pada tahun 1987 oleh Presiden Soeharto menandakan bahwa waduk dengan pemandangan cantik iini sudah eksis sejak jaman Orde Baru. Tiidak hanya penduduk lokal saja yang menyukai tempat ini dan memanfaatkan untuk kepentingan mereka, tapii banyak juga para wisatawan luar kota yang datang untuk berkunjung dan sekalian berziarah ke makam Dewi Sekardadu alias ibunda dari Sunan Giri. Akses masuk ke tempat inii pun lebih dari terjangkau karena pengunjung hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 2.500 saja.

Pemandian Air Panas Brumbung

Kalau ingin berliibur di tempat yang lebih segar, cobalah untuk datang ke Pemandian Air Panas Brumbung untuk berendam dan menikmati air panas. Melakukan rileksasi di tempat ini adalah yang terbaiik dan memang tidak salah datang ke sini sebab tempat ini selalu dikunjungi oleh banyak orang. Sebetulnya, daya tariik tempat ini bukan hanya terletak pada air panasnya yang menyegarkan, namun ada kepercayaan di balik pemandian ini. Setiap orang yang datang ke sinii meyakini bahwa dengan mandi atau berendam di sini akan membawanya selalu sehat.

Pemandian Air Panas Brumbung

Diyakini pula oleh banyak orang, khususnya warga lokal bahwa segala penyakiit kulit yang diderita oleh para pengunjung juga akan hilang dan sembuh total sesudah mandi di tempat ini. Jangan khawatiir tentang apakah airnya aman atau tidak karena air di pemandian aiir panas ini asalnya adalah dari perut bumi. Ada dua kolam yang tadiinya adalah satu dengan ukuran 5×10 meter dan pembagian tersebut bertujuan agar selluruh pengunjung dapat terakomodasi. Tidak ada biiaya tiket masuk yang dikenakan, tapi ada biaya parkir bagi kendaraan bermotor; mobil dikenakan Rp 10 ribu dan sepeda motorr Rp 3 ribu.

  • Wow!!keren bukan wisata lamongan nya? wisata lamongan adalah wisata lamongan yang harus kita banggakan dan harus kita jaga karena sekarang kebanyakan tempat wisata lamongan ini sudah diolah lagi oleh orang orang indonesia dan terjamin. Jadi bagi teman teman jika berkunjung di suatu tempat wisata bantul menjadi wisatawan yang sangat peduli dan ramah terhadap lingkungan, dengan cara membuang sampah ditempat nya dan bertindak sesuai adabnya ya.
  • Sangat senang sekali sudah dapat mengisi waktu sebentar anda untuk melihat artikel wisata lamongan Sekian dulu ya dari kami, kami akan hadir untuk anda lagi, jadi jangan lupa ya coment gimana sih wisata lamongan ini.

Sekian dulu dari kami, terima kasih telah membaca artikel wisata lamongan. Jika ada salah penulisan kami minta maaf yang sangat besar. Yakkk dahh teman teman, sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya….

By; Husein Dong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here