Friday, December 4, 2020

Tahu Tek Surabaya

Anda lagi berkunjung singgah di Kota Surabaya, lalu penasaran masakan apa yang unik dan khas di kota berjuluk kota Pahlawan ini. Oke, dalam tulisan kali ini, penulis ingin bercerita tentang masakan khas Surabaya yang boleh menjadikan Anda rujukan soal masakan-masakan asli Jawa timur ini.
1. Tahu Tek
Tahu tek adalah masakan yang berasal dari tahu, yang dikompliti dengan lontong, daun seledri, tauge, kentang goreng, serta kerupuk udang yang di tuang kuah dengan bumbu petis. Untuk Surabaya yang cukup legendaris adalah tahu Tek Pak Haji Ali. Silahkan meluncur di kawasan Jl Dinoyo nomor 147 A Surabaya. Tahu Tek yang ada disini sebetulnya tak jauh beda dengan warung-warung kuliner di Surabaya, namun yang menjadikan tempat jualan ini berbeda dengan yang lain adalah racikan bumbu petis yang khas yang kata pemiliknya sudah di coba-coba atau di konsep sejak tahun 1970 an. Cukup lama dan mantapkan!
Keistimewaan sederhana dari kuliner tahu tek Pak Haji Ali ini adalah juga mempunyai warung yang cukup sederhana namun cukup bersih. Ini adalah hal sederhana ketika Anda berkunjung di suatu tempat jualan makanan, minimal harus bersih dulu dong, untuk point ini, di warung tahu tek pak haji Ali sudah cukuplah.
Warung sederhana tahu tek disini karena memiliki masakan yang cukup nikmat dan lezat dibandingkan dengan tempat-tempat yang lain, tentu menjadi buah bibir mulut ke mulut bahwa tahu tek di sini cukup lezat. Mau tak mau kuliner khas Surabaya ini menjadi jajanan kalangan atas orang-orang Surabaya.
Untuk urusan harga memang sedikit lebih mahal dengan menu sejenis di daerah Surabaya, namun utuk soal rasa jangan di tanya, semua menggunakan bahan berkualitas. Bukan bumbu-bumbu yang murahan, namun yang pilihan.
Anda tahu apa sih istimewanya Tahu Tek disini? Ya, namanya juga masakan lezat khas di daerah ini, sehingga tak aneh jika pemilik warung ini memajang foto berbagai artis yang pernah singgah di warung ini. Ini merupakan sebuah kebanggan bagi pemilik yang ternyata banyak juga di sambangi para artis untuk menjajal kenikmatan wisata kuliner asli Surabaya ini.
Jika Anda ingin mencoba menu selain tahu tek, juga bisa mengicipi kuliner dengan judul tahu telor. Tahu telor ini adalah sejenis tahu tek, namun di tambahin telor yang juga disiram dengan bumbu khas tahu tek yang ada aroma-aroma petisnya.
Sedangkan untuk menu minuman juga cukup bersahabat di kantong. Harganya normal, gak ada yang lebih mahal dengan tempat lain. Jika tidak ada kenaikan BBM, kemarin-kemarin saat menikmati tahu tek disini masih Rp.15.000, namun penulis belum berkunjung lagi berapa harga yang terbaru. Jikapun naik mungkin juga gak banyak. Namun cukup nikmatlah, dengan uang segitu sudah bisa berwisata kuliner khas kota pahlawan tersebut. Selamat bereksplorasi dengan wisata kuliner asli Surabaya, tahu tek.
2. Kupang Lontong
Lontong Kupang adalah makanan khas asli Jawa Timur yang biasa orang kenal daerah Sidoarjo dan Surabaya. Kuliner ini terdiri dari lontong yang diberi kupang. Apa itu kupang? Kupang adalah sejenis hewan-hewan dilaut kecil yang dijadikan pelengkap khas masakan Jawa ini. jadi cukup aneh jika Anda tidak pernah menikmati masakan ini, namun cukup bersahabat untuk lidah-lidah orang Indonesia. Untuk menikmati kuliner Lontong Kupang biasanya di beri bumbu pelengkap berupa kuah yang diberi gorengan bawang, petis khas yang terbuat dari kupang juga, air jeruk nipis plus di beri cabe. Lezat bangetlah pokonya jika Anda tak mencobanya tentu dijamin penasaran.
Untuk menikmati kupang ini jangan salah ya, karena kadang-kadang sebagian dari Anda ada yang sensitif dan alergi terhadap masakan laut. So, orang-orang Surabaya sudah tahu untuk menetralisir racun-racun yang mungkin akan sensitif bagi sebagian orang. Untuk menikmati kupang ini idealnya memang disandingkan dengan air kelapa muda. Jadi ketika Anda cukup alergi bisa dinetralisir dengan air kelapa ini.
Jika Anda tanya mana lontong kupang Surabaya yang nikmat, atau lontong kupang pilihan? Carilah di daerah terminal bus Pasar Larangan. Lontong Kupang disini dijuluki Lontong Kupang cak Kartolo. Kenapa? Karena pemiliknya memang mirip pelawak legendaris Jawa Timur, Kartolo.
3. Rujak Cingur
Kuliner rujak cingur atau biasa juga di sebut rujak petis adalah masakan khas yang masih beraroma petis juga. Kalo masakan ini masih mudah dijumpai di daerah Jawa Timur. Namun jika Anda singgah di Surabaya juga bisa mencoba masakan yang cukup menjadikan Anda kepedasan, jika Anda suka banget dengan masakan yang beraoma pedas-pedas.
Rujak petis yang asli adalah rujak cingur. Cingur kalo dalam istilah Jawa adalah kulit dari bibir sapi yang dimasak. Jadi kenapa bukan yang lain? Karena cingur inilah yang menjadikan super nikmatnya rujak khas asli Jawa Timur ini. Untuk mengakali cingur ini, biasanya penjual juga mencampur cecek (kulit sapi). Jadi tidak harus melulu menggunakan cingur sapi. Namun soal urusan rasa, untuk yang menggunakan cingur asli inilah yang nikmatnya gak nguatin. Hidangn rujak petis ini bisa di bilang masakan dengan contoh menu masakan dengan hidangan lengkap. lihat saja hampir semua jenis dan model bahan di tuangkan. Ketika Anda beli rujak cingur ini bisa melihat lontong, dilengkapi dengan sayuran kangkung beserta taugenya. Kemudian masih di beri mentimun, bengkoang, dan kedongdong. Untuk sumber portein nabati ada juga kacang tanah yang di goreng, ada tahu dan tempe yang di uleg (digerus) menjadi satu hidangan. Sedangkan untuk protein yang bersifat hewani, ada cingur yang diiri-iris yang dicampur dengan bumbu beraroma petis.
4. Lontong Balap
Satu lagi masakan khas asli Surabaya adalah Lontong Balap. Untuk urusan lontong Balap sebetulnya Anda bisa mencari banyak di sudut-sudut kota Surabaya. Mulai kelas pedangang keliling kaki lima hingga yang lumayan mahal juga ada di Surabaya ini. Lontong Balap adalah masakan khas yang merakyat.
Jika Anda ingin yang rasa special, bisa mencoba berkunjung Lontong Balap Garuda, Pak Gendut. Ya, karena sudah terkenal dengan teori pemasaran dari mulut ke mulut tentunya cukup melegenda dan bisa dipercaya Lontong Balap disini.
Lontong Balap racikan pak Gendut biasanya terdiri dari lontong yang dipotong-potong, tahu goreng, lentho, yang dicampur jadi satu kedalam piring. Untuk menjadikan Lontong Balap ini lebih berselera di tambahkan kua yang cukup menjadikan selera makan Anda bertambah. Dengan sayuran tauge yang melimpah dan dikasih bawang goreng, tentunya menjadikan masakan asli Jawa Timur ini akan terasa super nikmat.
Jika Ngomong Lentho, apaan sih Lentho? Lentho adalah kacang tolo yang ditumbuk kemudian dijadikan dalam satu adonan parutan ketala pohon (singkong) dan dilengkapi dengan bumbu-bumbu lainnya. Keunikan khas Lontong Balap dari pak Gendut adalah lentho yang khas tidak ada campuran bahan-bahan yang lain. Disinilah sebetulnya yang membedakan lentho lain dengan rasa yang nikmat. Jika banyak campuran maka rasanya akan kurang nikmat. Namun untuk pak Gendut ini dijamin masih orisinel dari kacang tolo.
Lontong Balap Pak Gendut dinamakan Lontong Balap Garuda karena berada dikawasan bekas bioskop Garuda.

- Advertisement -

Latest article

Inilah 4 Wisata Wisata Bali Terbaik Dengan Keindahan Alamnya

Bali memiliki semua julukan yang melakat padanya, akan tetapi paling identik dengan Bali adalah Pulau Dewata. Semua sebutan tersebut muncul bukan hanya karena penduduknya...

Inilah Beberapa Destinasi Wisata Bali Di Ubud Yang Sayang Dilewatkan

Bali memang sangat banyak memiliki wisata alam yang keren serta cantik sehingga sayang banget apabila anda lewatkan saat berkunjung ke Bali, salah satu wisata...

Inilah 6 Wisata Ombak Bali Yang Merupakan Surganya Para Peselancar

Bali merupakan surganya para peselancar, bermacam-macam jenis wisata ombak Bali dengan tipe yang berbeda-beda ada di Bali. Ombaknya pun ada yang kecil sampai dengan...