Wisata Pulau Komodo Yang Wajib Kita Kunjungi Ketika Bersantai

Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan pulau terbesar yang ada di Kepulauan Komodo dan merupakan satu-satunya pulau waiib dikunjungi dan dihuni oleh masyarakat setempat. Trekking di Pulau Komodo memberikan pengalaman yang berbeda karena jika dibandingkan di Pulau Rinca dengan pemandangan padang rumput, disini jalur trekking yang lebih menyerupai hutan dengan beberapa pohon besar sehingga tidak terlalu panas.

Pulau Komodo

 

Yang luar biasa lagi di Pulau terjauh dari Labuan Bajo adalah disini telah dibangun tower salah satu provider telekomunikasi Indonesia,  sehingga memiliki sinyal ponsel terbaik di seluruh Kepulauan Komodo.

Fakta bahwa komodo dewasa betina akan memakan anaknya yang baru menetas, sehingga sejak baru lahir anak komodo diwajibkan memiliki kemampuan bertahan hidup dengan segera lari memanjat pohon agar selamat dari terkaman ibunya.

Batu Bolong Reef

Penasaran dengan keindahan dan daya tarik dari Batu Bolong Reef? Tak perlu khawatir, silahkan anda scroll kebawah untuk mendapatkan penjelasan salah satu spot wisata di Labuan Bajo ini. Jangan lupa share ke yang lain setelah membaca, siapa tahu nanti muncul ide wisata bareng ke tempat eksotis ini

  • Spot diving terbaik kelas dunia

Beberapa media asing menyebutkan bahwa Batu Bolong termasuk dalam salah satu spot snorkeling terbaik di dunia. Tentunya, dengan adanya pengakuan tersebut membuat nama Batu Bolong semakin dikenal dimata dunia internasional. Bahkan, ini dibuktikan dengan datangnya berbagai wisatawan asing dari berbagai Negara.

Batu Bolong Reef

Batu bolong merupakan nama sebuah pulau batu kecil diantara selat pulau Tatawa dan Komodo. Dan masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Pulau Komodo. Batu Bolong terkenal akan pesona istana bawah lautnya yang menakjupkan dengan berbagai spesies biota lautnya yang tidak dimiliki tempat lain.

Ketika anda menyelam anda akan disuguhkan dengan pemandangan ribuan ikan yang berbeda ukuran dan jenis berenang disekitar anda. Seakan menyambut kedatangan anda. Disini banyak dijumpai ikan karena arus lautnya yang selalu berubah-ubah dan sangat kuat. Sehingga menarik banyak ikan untuk mendiami tempat ini. Contohnya, seperti ikan Napolean.

Kemudian, selain ikan anda juga akan di buat terkesima dengan pemandangan terumbu karang yang berwarna-warni. Yang bisa anda lihat dengan mata telanjang karena kondisi airnya yang jernih. Selain itu terumbu karang disini juga menjadi habitat para ikan, seperti ikan badut. Jadi terumbu karang memiliki fungsi ganda ya? Selain memancarkan keindahan tentunya

Anda juga bisa mengabadikan momen disini dengan kamera anda. Berenang dengan dikelilingi ikan, sungguh spot yang menarik untuk mengisi foto instagram anda.

  • Ditemani diver yang professional

Karena arus yang kuat dan berubah-ubah, untuk para pengunjung yang ingin menyelam disini. Khususnya untuk para penyelam pemula hendaknya ditemani dengan para diver yang profesional yang benar-benar mengerti tempat ini dengan baik. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan tentunya.

Selain itu karena arus yang kuat, akan memancing beberapa ikan untuk berenang disini salah satunya adalah hiu karang dengan berbagai ukuran. Tentunya, berbahaya sekali bukan apabila bertemu ikan hiu yang terkenal sebagai predator nomer 1 laut?

Anda bisa menggunakan jasa dari Flores Diving Centre yang dikenal sebagai salah satu penyelenggara fun dive terbaik. Jadi anda akan dipandu ke lokasi penyelaman tentu saja dengan diberikan panduan singkat sebelum menyelam. Sehingga, anda tidak sembarangan ketika melakukan penyelaman.
Habitat para spesies biota laut

Ketika anda menyelam, anda akan dibuat terkesima dengan biota-biota laut yang menempati alam bawah laut di Batu Bolong Reef. Seperti terumbu karang yang menghiasi tempat ini baik di tebing atau di tempat yang datar. Warna terumbu karang yang berwarna-warni menarik para spesies ikan untuk hidup disini, bahkan ada yang menjadikan habitat tetapnya.

Selain itu penyu, ikan badut, barakuda hingga hiu karang pun tak luput menjadikan tempat ini menjadi habitatnya. Ini menjadikan tempat ini kaya akan biota lautnya. Tidak bosan kan menyelam disini?

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai Karang Batu Bolong sebagai salah satu wisata menarik di Labuan Bajo. Ketika anda menyelam anda tidak akan merasa bosan dengan keindahan surga kecil di tempat wisata ini. Bahkan ini cocok sekali bagi anda yang seorang sport diver. Termakasih sudah menyimak artikel kami. Sampai jumpa dengan kami saat liburan di Labuan Bajo. 

Pantai Pink

Sudah kan berkunjung ke Pantai Tangsi alias Pantai Pink di Lombok? kalian bisa bergeser sedikit menuju Nusa Tenggara Timur, tepatnya berada di Pulau Komodo dimana anda akan menjumpai fenomena yang sama dengan Pantai Tangsi. Ya, dua daerah ini memiliki pantai dengan pasirnya yang berwarna pink yang hanya ada 7 pantai di dunia dengan fenomena ini.

Tentunya bangga menjadi orang Indonesia karena memiliki sejumlah pesona alam yang unik dan hanya ada di sini. Dan untuk Taman Nasional Komodo sendiri, keberadaan Pink Beach dikawasan ini semakin menambah keajaiban yang bisa ditemukan di Pulau Komodo ini selain hewan purba, komodo, dan 277 spesies hewan lain nya dari dataran Australia dan Asia.

Sejatinya warna pasir pantai merah ini tidak sepenuhnya merah ataupun merah muda, melainkan perpaduan antara warna merah muda dan putih. Berbeda dengan Pantai Tangsi yang bewarna pasirnya disebabkan oleh koral merah yang terdampar di pantai, warna merah muda di pasir Pantai Pink Komodo belum diketahui penyebabnya.

Pantai Pink

 

Sebagian orang mengatakan bahwa warna pasir pantai ini disebabkan oleh salah hewan mikroskopik yang bernama foraminifera yang hanya bisa diamati dengan mikroskop. Hewan ini menyebabkan warna merah pada terumbu karang. Namun ada pula yang mengatakan bahwa hal ini disebabkan koral merah yang hancur atau cangkang hewan laut.

Pantai yang oleh masyarakat sekitar biasa disebut dengan Pantai Merah ini relatif sepi dan tenang sehingga pas bagi anda yang ingin menenangkan diri. Hal ini memang dikarenakan pantai ini tak berpenghuni dan termasuk kawasan liar tempat tinggal para komodo. Karenanya kalian perlu berhati hati kala mengunjungi pantai ini jangan sampai mengganggu para komodo ini ya.

Selain itu kalian jangan berenang di pantai kala ada komodo yang berkeliaran. Hati-hati pula jika anda yang wanita sedang menstruasi, Pasalnya penciuman komodo sangat tajam, terutama ketika ada bau darah. Lebih baik nya jika kalian ke pantai ini bersama pemandu atau polisi hutan yang bisa anda temui di depan atau pos penjagaan Taman Nasional Komodo.

Kesunyian dan ketenangan pantai Pink berpadu dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan semakin melengkapi suasana bersantai yang anda inginkan. Air lautnya yang sangat jernih dan berwarna biru kehijauan berpadu dengan birunya langit yang cerah.

Di perairannya yang dangkal anda bisa menyaksikan keindahan koral dan berbagai biota yang ada di alam bawah lautnya. Apalagi ketika sinar matahari menembuh jernihnya air sehinga anda  bisa menikmati surga lautnya dengan mata telanjang. Selain itu pantai ini memang juga dihiasi dengan perbukitan hijau yang memanjang dari ujung pantai hingga ke ujung yang lain seolah turut menjaga kelestarian alam pantai.

Selain menikmati pantainya, kalian juga bisa melakukan diving ataupun snorkeling untuk bisa menikmati surga laut Pink Beach dengan leluasa. Tak perlu jauh jauh hingga kedalaman tertentu karena di perairannya dangkalnya sudah memberikan pemandangan yang sangat amat menakjubkan.

Pink Beach

Kecantikan pantai ini masih terjaga dan masih belum banyak kerusakan sehingga tak heran jika masih banyak keanekaragaman hayati yang bisa dinikmati. Kurang lebih ada sekitar 1000 jenis ikan warna-warni yang tinggal di pantai ini dan bertemankan dengan ratusan jenis karang dan puluhan jenis sponge hidup. Sayangnya arus di pantai merah memang cukup kuat karena merupakan pertemuan laut tropis dengan laut selatan. Karenanya anda yang hendak menyelam harus ekstra hati-hati.

Selain menyelam dan berkeliling pantai, anda juga bisa menikmati kelembutan pasirnya yang eksotis. Anda juga dapat bersantai dan bermandikan cahaya matahari dengan ditemani pemandangan alam yang indah. Jangan lewatkan untuk mengabadikan keindahan alam Pink Beach dalam bidikan kamera.

Pemandangan matahari terbenam di pantai ini juga sayang jika dilewatkan. Kunjungan ke pantai ini biasanya menjadi satu dengan paket berkeliling untuk ke Taman Nasional Komodo. Jadi kalian bisa menghubungi agen tour anda untuk bisa menikmati keindahan Pantai Merah atau Pink Beach.

  • Wow!! Bagus sekali bukan tempatnya?  Tempat wisata pulau komodo ini adalah salah satu wisata di tanah air yang harus kita banggakan dan harus kita jaga. Jadi bagi teman teman jika berkunjung di suatu tempat wisata supaya menjadi wisatawan yang peduli dan ramah terhadap lingkungan, dengan cara membuang sampah ditempat nya.
  • Sangat senang sekali sudah dapat mengisi waktu sebentar anda untuk melihat artikel wisata ini. Sekian dulu ya dari kami, kami akan hadir untuk anda lagi, jadi jangan lupa ya coment gimana sih tempat wisata di pulau komodo ini.

Sekian dulu dari kami, terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada salah penulisan kami minta maaf yang sangat besar. Yakkk dahh teman teman, sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya….

By; Husein Dong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *