Wisata Semarang Dekat Stasiun Paling Populer

0
83

Masjid Agung

Masjid megah, di tengah kota Semarang, kebanggaan warga Jawa Tengah. Apabila suatu saat berkunjung ke Semarang, sangat sayang untuk dilewatkan. Wisata semarang dekat stasiun paling populer ini adalah salah satu masjid termegah di Indonesia. Suka dengan desainnya, dan sholat didalam sini juga nyaman sekali. Masih disekitaran masjid ada menara yg bisa dinaiki utk melihat indahnya kota Semarang. Eksterior masjid megah, indah dan luas. halaman parkir pun luas. Interior masjid juga megah dan indah.

Masjid Agung

Sebuah masjid yang megah dengan desain klasik dan unik yang dihiasi payung raksasa seperti di masjid nabawi. Mesjid besar dan cukup megah, namun sayang kebersihan kurang terjaga, mungkin krn ramainya pengunjung dan banyak yang tidak sadar untuk menjaga kebersihan mesjid. Saat ke Semarang minggu lalu, kami menyempatkan untuk Sholat Dzuhur di Masjid Agung di wilayah Semarang. Megah dan Klasik itu yang saya tangkap saat menginjakan kaki disana.

Suasana cukup ramai karena waktu sholat dzuhur. Kagum pula saat melihat Al-quran terbesar yang saya lihat. Alhamdulillah bisa solat magrib disini. Subhanallah banget berada di masjid agung ini. Sangat megah dan mewah. Dengan pelataran yang sangat luas dengan desain masjid sangat mewah. Untuk kalian yang sedang atau akan ke Semarang, sempatkan untuk solat disini. Masjid agung jateng (MAJT) adalah masjid terbesejarah di jateng.

Luas nyaman dan inda, tapi sayangnya untuk hari biasa jamaah sholat fardhunya hanya sedikit, 2 shaf saja yg digunakan untuk masjid sebesar itu. Berada di kawasan Bumi Serpong Damat yaitu daerah elite Tangerang Selatan sulit untuk mencari masjid ditengah kota kecuali di daerah pinggiran perumhan tersebut. Saya lagi berada di pertokoan ruko tol bulevard saya harus jalan jauh untuk mendapatkan sebuah masjid dalam melaksanakan shalat ashar.

Gedung dengan arsitektur yang luar biasa. Salah satu ikon kota semarang yang menjadi destinasi wisata kota ini. Nah, kalau udh sampai di semarang ga pas kalau ga ke Lawang Sewu. Disini anda akan mempelajari sejarah dari Gedung tersebut, kalau kesini sih ada baiknya malam hari biar makin greget, berkunjung ke Lawang Sewu kita dibawa ke suasana jaman penjajahan. kita dikenalkan dengan sejarah perkereta apian di Jawa.

Terutama asal muasal kata Sepur yang disadur dari bahasa belanda Sephore. dan tempat yang ok untuk foto foto walau sdh teramat biasa tapi tidak salah untuk mencoba. Landmark nya semarang yang wajib banget didatangi kalo semarang. lokasinya sangat mudah di akses krn ditengah kotaLawang sewu merupakan salah satu bangunan bersejarah yang terkenal di semarang. Jam buka pukul 7 pagi sampai malam.

Bangunan bersejarah yang cukup bagus dan indah karena telah dipugar. Banyak tempat spot foto bagus, walaupun demikian sudah tidak bisa foto dikaca patri yang terkenal itu. Didalam lawang sewu juga ada sejarah mengenai bidang kereta api di indonesia, dan ada miniatur kereta warna hitam didekat pintu keluar. Tempat yang sangat direkomendasikan untuk tujuan wisata, namun sangat padat kalau weekend karena banyak study tour sekolah maupun study tour umum dari sekitar semarang ataupun dari luar kota.

Tiket masuk dewasa 10 ribu, khusus pelajar 5 ribu menunjukkan kartu pelajar. Ruangan banyak yang kosong tidak terisi apapun,perlu perawatan dan penyegaran agar lebih menarik untuk dikunjungi. Selama ke semarang baru kali ini menyempatkan mampir masuk ke lawang sewu, biasanya hanya lihat dari luar saja. Ternyata bagus juga di dalamnya lawang sewu. Tempatnya keren buat foto-foto. Lepas dari Candi Borobudur, berakhir pula waktu sewa sepeda motor yang kupakai. Kurang lebih pukul 14.00 WIB tiba kembali di Yogyakarta.

Gedung Lawang Sewu

Sepanjang Jalan Magelang-Yogyakarta, empat kali kuhitung hampir nabrak orang karena mengantuk, ini ngak boleh ditiru siapapun. Saat mengendarai usahakan jangan sampai ngantuk karena fatal akibatnya. Sepeda motor kutepikan dan mencoba istirahat sejenak, tak lama kulanjutkan lagi perjalanan hingga sampai disuatu rumah makan dekat Dengan Kampus Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta.
Gedung Lawang Sewu

Sambil makan, ada temanku sempat bercerita tentang lawang sewu yang ada di Semarang, tau rencanaku, kata ia disana banyak hantu. Rasa penasaranku mulai membuncah, benar dan tidaknya cerita mistis di Lawang sewu harus dibuktikan dengan melihat langsung pada tempatnya. Selesai makan aku diantarnya ke Halte trans Jogja untuk melanjutkan perjalanan ke Semarang melalui terminal Jombor.

Tiga jam berlalu pasca berangkat dari terminal Jombor, sampailah di Terminal bayangan Sukun Semarang. Jaraknya ke kota kira kira sepanjang 8,5 KM. Karena baru menginjakan kaki dan belum faham daerah Semarang, ojek online jadi solusi untuk mengantar kemana saja dengan tarif yang menyesuaikan. Lagi lagi, lelahku belum pulih karena kemarin kurang tidur, ah payah. Barusaja sampai di Semarang belum apa apa sudah tumbang, gumamku.

Gagal sudah rencana memotret suasana malam Semarang. Ditambah, hujan deras disertai petir terus menerjang hingga pagi. Kembali kubuat jadwal alarm supaya bisa menikmati sunrise. Namun nasib sama kembali menimpa, kesiangan. Bersama cuaca pagi yang masih mendung, kenyataan hantu di lawang sewu harus difaktakan. Sesampainya di Lawang sewu, ternyata jadwalnya kepagian. Terlalu semangant mungkin.

Karena jam buka museum pukul 07.00 WIB, sementara kedatanganku kesana sekitar pukul 06.30, terpaksa harus sedikit berkeliling untuk mendapatkan secangkir kopi di warung. Lawang Sewu, pada jaman dulunya merupakan bangunan bekas kantor Nederland-Indische  Maatschappij (NIS) yang dibangun pada tahun 1904 dan berakhir pada tahun 1907 dengan arsitek C.G. Citroen. Pasca Kemerdekaan, bangunan megah berlantai dua ini juga pernah digunakan sebaga Kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau PT. KAI sekarang.

Bangunan yang disebut Lawang Sewu karena memiliki pintu banyak, ini juga pernah dijadikan sebagai kantor Badan Prasarana Komando Daerah IV Diponegoro dan Kantor Wilayah Perhubungan Jawa Tengah. Pada masa perjuangan, Gedung yang terletak di jalan Pemuda, wisata semarang dekat stasiun paling populer ini juga memiliki sejarah tersendiri karena pernah dijadikan tempat peristiwa perang lima hari antara Angkatan Muda Kereta api melawan Kempetai dan Kidobutai Jepang pada pertengahan Oktober 1945.

Tidak ada hantu seperti yang diceritakan temanku, kalau sudut sudut bangunan yang relatif gelap  itu banyak. Namun saya tidak menemukan hantu. Dan sudah wisata semarang dekat stasiun paling populer bisa disimpulkan bahwa cerita hantu itu palsu. Menyenangkan menghabiskan waktu sama teman2 di sini, tempat lumayan bersih, waktu berkeliling ditemani sama pemandu, jadinya enak dapat informasi yang cukup jelas, terus pemandunya udah tau betul spot2 yang bagus buat difoto

Kota Lama Semarang

Kota lama yang ada di Semarang merupakan areal perkotaan dengan bangunan lama yang akan mengingatkan kita pada Sejarah wisata semarang dekat stasiun paling populer dan perjuangan menuju kemerdekaan. Oleh karena itu, kalau ke Semarang jangan lupa mengunjungi Kota Lama. Saat ini Kota Lama sudah lebih cantik, walaupun musim hujan, tidak terlihat genangan air, masih terlihat rapi dan tertata.

Kota Lama Semarang

Sedikit masukan untuk pengelola, agar wisata semarang dekat stasiun paling populer  tempat parkir motor terutama lebih ditata lagi. Intinya, Kota Lama yang ada di Semarang, menarik dan bila saya ke Semarang akan menyempatkan ke Kota Lama, karena saya senang baca Sejarah, puas jika kita pecinta Kota Tua, bangunannya Sangat banyak dan beragam. mulailah dari sisi barat, dari kantor Pos nol km Semarang. walaupun kita juga bisa memulainya dari mana saja.

Tahun 2019 ini masih ada beberapa bangunan yang masih dalam tahar renovasi. ketika saya berkunjung kesana akhir tahun 2018, kota tua sedang dalam peremajaan jadi tidak banyak dilihat. Kota lama semarang sebuah area peninggalan belanda yang masih terjaga keasliannya yang kini sedang direnovasi habis-habisan agar lbh menarik. Wisata semarang dekat stasiun paling populer yang terkenal gereja blenduk di area kota lama banyak sekali obyek yang bisa di datangi.

Masih sangat kental nuansa tempo dulu. jadi kalo yang suka travelling dan hunting spot foto bisa menyusuri kota lama. dan yang pasti wisata semarang dekat stasiun paling populer  nggak akan cukup dalam hitungan jam untuk mengeksplor seluruh seluk beluk kota lama. Ke semarang, jangan lupa bawa kamera, berkunjunglah ke kota lama, disana tersedia spot yang kece abis, gaya klasiknya keren banget buat spot foto, tempat satu ini sering juga buat prewed ya karna spotnya oke banget buat dijadikan objek foto.

banyak bangunan yang ikonik pada masa nya, berjalan jalan atau sekedar nongkrong bareng keluarga, ada banyak spot foto vintage bagi yang hobi fotografi. Disini banyak sekali wisata semarang dekat stasiun paling populer bangunan bangunan tua yang bagus sekali. Istragramable banget banyak spot untuk foto foto hanya sayang sekali waktu kita kesana sedang ada pemugaran, jalan sedang di perbaiki. Jadi debu dimana mana. Mau foto aga susah karena terhalang oleh alat atau bahan bangunan.

Jadi mesti pinter pinter pilih spot buat foto hehe. Tidak bebas gitu. Tapi next kalau ini semua udah selesai pasti makin cantik next pengen wisata semarang dekat stasiun paling populer kesini lagi. Buat yg mau ke kota lama semarang, googling dl ya atau cari info dulu apakah kota lama nya sudah beres di pugar ato belum. Biar maksimal foto foto nya menikmati kota lama semarang sambil naik becak sangat mengasyikkan, ada banyak bangunan kuno yang masih dipertahankan sampai detik ini.

Pagoda Avalokitesvara

Vihara nya luas dan cukup bagus. Terasa megah, namun sayang kurang terawat. Tempatnya teduh dan nyaman. Kalo perjalanan dari Salatiga ke Semarang atau dari semarang ke arah boyolali lewat Ungaran, niih sempetin buat mampir ke tempat indah satu ini, arsitektur yang khas tiong hoa ini cakep banget buat foto foto  hehehe, cocok nih buat updet status ato story ala ala di negeri China wkwkwk wisata semarang dekat stasiun paling populer cukup hapyy doang.

Pagoda Avalokitesvara

Di sini terdapat Patung Budha di bawah pohon Bodhi yang asli didatangkan dari Thailand. Ada juga kuil dengan bentuk sudah berakulturasi dengan budaya Jawa dan didalamnya ada patung Budha bagus. Selain itu juga ada patung Budha tidur dan pagoda di mana ada patung Dewi Kuan Im. Pagoda cantik ini penuh dengan detail yang indah, wisata semarang dekat stasiun paling populer pada pintu masuk pagoda terdapat ukiran naga pada lantai bagian tengah yang memisahkan kedua tangga.

Di dalam Pagoda ini terdapat patung Budhha yang sangat besar. Saya datang kesini satu hari sesudah hari raya waisak, sehingga masih banyak orang- orang yang datang untuk berdoa di pagoda ini. Detail pagoda ini sangat indah, perpaduan warna merah, hijau, biru & emas ini sangat menarik mata & indah untuk wisata semarang dekat stasiun paling populer  dijadikan objek fotografi. Nggak usah jauh jauh ke negeri Tirai Bambu untuk melihat Pagoda.

Semarang sisi selatan memasuki kota Semarang nampak bangunan megah seolah menyambut para pendatang dan pelancong memasuki kota Semarang. Di tempat ini dikhususkan untuk ibadah umat budha, namun pengunjung beragama lain dapat mengunjungi wisata semarang dekat stasiun paling populer  pagoda ini dengan syarat tertib dan menghormati beberapa spot spot suci umat budha. Dengan memperhatikan tanda tanda yang boleh dan tidak boleh dimasuki.

Lokasinya berada di pinggir jalan raya Semarang – Jogja. Area parkirnya cukup luas dan lokasinya rindang karena banyak pepohonan besar di areal Pagoda. Selama high season liburan lebaran ada beberapa penjual makanan di pelataran Pagoda. waktu saya kesana diajak adik saya dan ibu saya. baru kali saya datang ke lokasi spt ini. menurut saya sangat indah dan menarik. patung2 dan pagoda klenteng dan orang yang sembahyang didalam.

Simpang Lima

Kalo mau lihat kerlip lampu becak hias, pilih wisata di malam hari setelah jam 18.00 karena di sana banyak disewakan becak becak cantik dengan harga terjangkau, yang bisa dinikmati bersama keluarga. Untuk Wisata kulinernya saat malam, wisata semarang dekat stasiun paling populer digelar pujasera dg aneka makanan pilihan yang enak banget. Kalo mau ke Simpang LIma pas pagi hari, kita bisa olah raga di sana, apalagi pas hari Minggu. blm ke Semarang kalo blm ke Simpang Lima.

Simpang Lima

Menikmati malam hari santai di simpang lima sambil berkeliling naik sepeda hias bersama keluarga adalah pengalaman yang wisata semarang dekat stasiun paling populer  cukup berkesan sekali. Anak-anak tertawa ceria menikmati aktikfitas tersebut. Di sekeliling simpang lima terdapat 3 sisi yg memiliki banyak tempat makan pinggir jalan dg aneka pilihan menu. Jam bukanya berlainan, jam 4, 5 & 6 sore, jadi datanglah di atas jam 6 sore biar semakin byk pilihan makanan.

Saran saya siapkan kaki untuk melangkah jauh krn mengelilingi tempat makan tersebut lumayan jauh. Kota Semarang tidaklah lengkap tanpa salah satu iconnya yaitu wisata semarang dekat stasiun paling populer. Salah satu keunggulan kota Semarang, jangan lupa cobain nasi ayamnya disana. Secara visual bagus, indah, hijau dan teratur. namun kuliner di simpang lima kurang variatif dan mahal (tidak worth it). Setiap ke semarang.

Pilihan ke simpang lima adalah mencari makanan yang tersebar di tenda-tenda pinggir alun alun simpang lima. Dari tahu petis, sea food, sego liwet, gudeg, mie jawa, wisata semarang dekat stasiun paling populer membuat semuanya ingin dicicip. Murah dan enak. Tempat ini benar-benar icon untuk Semarang. Di semua sisinya terdapat tempat-tempat penting, antara lain Masjid besar, SMKN, Mal-mal, hotel, dll. Malam hari sini juga menyenangkan.

Banyak kuliner di salah satu sisi simpang lima yang sangat menarik, beraneka jenis makanan dengan harga yang relatif murah, wisata semarang dekat stasiun paling populer  setiap kota ada landmark dan untuk semarnag simpang lima. tidak ada yang istimewa hanya lapangan saja dan jika tidak . hujan anda dapat menaiki sepeda yang berlampu. Kalo mau lihat kerlip lampu becak hias, pilih wisata di malam hari setelah jam 18.00 karena di sana banyak disewakan becak becak cantik dengan harga terjangkau.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here